eprintid: 17297 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1938 dir: disk0/00/01/72/97 datestamp: 2022-12-08 23:29:54 lastmod: 2022-12-08 23:29:54 status_changed: 2022-12-08 23:29:54 type: article metadata_visibility: show creators_name: Soebagyo, Joko creators_id: joko_soebagyo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1629-4643 title: Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 abstract: Pembelajaran matematika memerlukan suatu kemampuan yang dapat menghantarkan siswa untuk mendukung dalam memahami materi yang disebut kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau trend penelitian kemampuan penalaran matematis dan melihat peluang penelitian tentang kemampuan penalaran matematis dimasa depan. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui google scholar dari tahun 0 - 0 dengan keywords mathematical reasoning ability dan mathematic education. Peneliti menganalisis 491 artikel dari 980 artikel asli dari tahun 1971-2022. Penelitian ini memanfaatkan penggunaan perangkat lunak PoP dan VOSviewers untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti membuat kesimpulan bahwa terdapat istilah mathematical word problem dan istilah low ability mathematics group yang dapat digunakan untuk melakukan perkembangan dalam penelitian kemampuan penalaran matematis dimasa depan. date: 2022-10-01 date_type: published publisher: Universitas Negeri Jakarta official_url: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/27975 full_text_status: public publication: JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH volume: 6 number: 2 pagerange: 11-18 refereed: TRUE issn: 2621-4296 referencetext: Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Information asymmetry, market liquidity and the depreciation of residential property. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86. Comarú, M. W., Lopes, R. M., Braga, L. A. M., Batista Mota, F., & Galvão, C. (2021). A bibliometric and descriptive analysis of inclusive education in science education. Studies in Science Education, 57(2), 241–263. https://doi.org/10.1080/03057267.2021.1897930 Eryanti, I., & Soebagyo, J. (2019). Bibliometric Analysis of Blended learning Mathematics in Scientific Publications Indexed by Scopus. Numerical: Jurnal Matematika DanPendidikan Matematika, 1(1), 1–11. Haniyah, D., & Joko Soebagyo. (2021). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121–136. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.3966 Hermawan, A. S., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 7. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p7-12 Kamid, Anggereini, E., & Muhtadin. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA. Advanced Optical Materials, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.0 09%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467- 019-13856-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-14365-2%0Ahttp://dx.doi.org/1 Karim, A., & Soebagyo, J. (2021). Pemetaan Bibliometrik Terhadap Trend Riset Matematika Terapan Di Google Scolar Menggunakan Vosviewer. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 234– 241. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5835 Kristial, D., Soebagjoyo, J., & Ipaenin, H. (2021). Analisis biblometrik dari istilah “Etnomatematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 178–190. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.62 Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497 Madio, S. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. SUPERMAT (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(1), 30–39. https://doi.org/10.33627/sm.v5i1.581 Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Aritmatika Sosial. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 157. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1334 Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia. Media Pustakawan, 25(4), 63–68. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/200 Tekdal, M. (2021). Trends and development in research on computational thinking. In Education and Information Technologies (Vol. 26, Issue 5). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10617-w Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414 citation: Soebagyo, Joko (2022) Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 6 (2). pp. 11-18. ISSN 2621-4296 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17297/1/27975-Article%20Text-80249-1-10-20221001.pdf