eprintid: 17291 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/72/91 datestamp: 2023-04-13 09:02:49 lastmod: 2023-04-30 13:51:29 status_changed: 2023-04-13 09:02:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pusporini, Arum creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: budhi.akbar@uhamka.ac.id creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-0279-6252 title: Kontribusi Keterampilan Proses Sains Terhadap Jenjang Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP Uhamka ispublished: unpub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keterampilan proses sains terhadap pembentukan kemampuan berpikir tingkat tinggi calon guru pendidikan biologi FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelasional dengan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dari masing-masing tes sebanyak 30 butir soal, melalui uji validitas (Purwanto) diperoleh masing-masing 27 butir soal tes keterampilan proses sains dan 27 butir soal kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dinyatakan valid. Adapun 3 butir soal dari masing-masing bentuk tes dinyatakan tidak valid. Adapun untuk uji reliabilitas (Arikunto), kedua jenis tes keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, kedua tes tersebut memiliki nilai koefisien korelasi (r) yang sama, yaitu 0,76. Data hasil penelitian berupa keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diperoleh melalui masing-masing instrumen, selanjutnya di analisis melalui uji linieritas regresi, hasil uji linieritas menunjukkan = 0,42 < = 5,12. Hal ini menunjukkan bahwa kedua data penelitian memiliki regresi yang linier. Uji korelasi produk moment kedua data memperoleh nilai r = 0,36, yang lebih tinggi dari (n = 59) = 0,30. Hasil uji atau koefisien determinasi memperoleh kontribusi keterampilan proses sains terhadap pembentukan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 13%. date: 2019-10-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abosalem, Yousef. (2016). Assessment Techniques And Students’ Higher-Order Thinking Skills. Department Of Mathematics And Science, Preparatory Program, Khalifa University, Abu Dhabi, Uae. International Journal of Secondary Education. Issn:2376-7464. Vol, 4(1): 1-11. Agustina, Putri., dkk. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Praktikum Anatomi Hewan Tahun Akademik 2017/2018. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Ardianto, Didit dan Rubini, Bibin. (2016). Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. Prodi Pendidikan Ipa, Program Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor. Unnes Science Education Journal. Vol, 5. No, 1. Arikunto, Suharsimi. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Barahmeh, M,H., Dkk (2017). The Effect Of Fermi Questions In The Development of Science Process Skilss In Physics Among Jordanian Ninth Graders. Abu Dhabi Educational Council. Journal of Education And Practice. Vol, 8. No,3. P-Issn: 2222-1735. Bundu, Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-Sd. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Direktoral Ketenagaan. Duda, H.J., dkk. (2019). Enhancing Different Ethnicity Science Process Skills: Problem-Based Learning Through Practicum and Authentic Assessment. Biology Education Study Program, Stkip Persada Kathulistiwa Sintang, West Kalimantan, Indonesia. International Journal of Instruction. Vol.12, No.1. P-Issn: 1694-609x. Elmas, Ridvan., dkk. (2018). The Inclusion of Science Process Skills In Multiple Choice Quations: Are We Getting Any Better?. Department of Science Education, Afyon Kocatepe University, Turkey. European Journal of Science And Matematics Education. Vol. 6, No. 1, 13-23. Farihah, Nailul., dkk. (2018). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Barisan dan Deret Bilangan. Universitas Islam Majapahit. Vol.1 No,2. 61 Fatimah, Siti. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, Dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru Sd. Pgsd Kampus VI Kebumen FKIP UNS, Kota Kebumen. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Volume 1. Nomor 1. E-Issn 2579-3403. Gais, Zakkina dan Aldila, E A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Jurnal “Musharafa” Vol(6) Nomor 2. P-Issn: 2086-4280. Gomma, O,M,K. (2016). The Effect Of Metacognitive Strategy Training On Science Process Skills And Science Self Efficacy Among First Year Prep Students With Learning Disabilities. Associate Professor Of Educational Psychology. Cairo University, Specific Education College, Egypt. International Journal Of Psycho-Educational Sciences. Vol, 5. Issue 3. Gultepe, Nejla. (2016). High School Science Teachers View On Science Process Skills. Dumlupınar University, Faculty Of Education, Turkey. International Journal Of Environmental & Science Education, 2016, 11(5), 779-800. Kaleka, Melkyanus., dkk. (2018). Experimental-Based Scientific Approach Toward The Improvement Of Science Process Skill And Scientific Attitudes Of Grade X Student MAN Ende. Physic Study Program, Flores University. Journal Of Science Education Research. Vol, 2. No,1. (13-20). Kurniati, Dian., dkk. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 20, Issn 1410-4725. Marpaung, Rikardo dan Delina. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inquiry Training Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prodi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol, 7. No,1. E-Issn 2301-7651. (37-46). Mohammed, G,S., dkk. (2015). Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students In Science Learning. Faculty Of Education, University Of Malaya. The Malaysian Online Journal Of Education Science. Vol, 3. Issue 3. Mohd, N,T., dkk. (2016). The Link Between Higher Order Thinking Skills, Representation And Concepts In Enhancing Timss Tasks. Sultan Idris Educa62 tion University, Malaysia. International Journal Of Instruction. Vol, 9, No.2. P-Issn: 1694-6099x. Molefe, Leonard., dkk. (2016). Exploring Student Teachers Views Of Science Process Skills In Their Initial Teacher Education Programmes. School Of Education, University Of Kwazulu-Natal, South Africa. South African Journal Of Education, Volume 36, Number 3. Mousa, H, B., dkk. (2017). The Effect Of Fermi Questions In The Development Of Science Processes Skills In Physics Among Jordanian Ninth Graders. Abu Dhabi Education Council. Journal Of Education And Practice. Vol, 8. No.3. Issn 2222-1735 (Paper). Mungure, Mika, Daudi., (2017). An Investigation of The Teaching Approach Used By Tutors To Prepare Science And Mathematics Teachers During Training At Morogoro Teachers’ College. Department Of Computer Science And Mathematics, Faculty of Computing, Information System And Mathematics, The Institute of Finance Management (Ifm), Dar Es Salaam Tanzania. Journal Of Education And Practice Issn 2222-1735. Vol.8, No.6. Nachiappan, Suppiah., dkk. (2018). Application of Higher Order Thinking Skills (HOTS) In Teaching and Learning Through Communication Component And Spiritual, Attitudes and Values Component In Preschool. Faculty of Human Development, Sultan Idris Education University, 35900 Tanjong Malim, Perak, Malysia. International Journal Of Early Childhood Education Care. Vol.7. Issn 2289-3156 /Eissn 2550-1763 (24-32). Nurhafizah. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanan Di Koto Tangah Padang. Pgpaud Fip Universitas Negeri Padang. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3 Nomor 3b. P-Issn: 2599-0438; E-Issn: 2599-042x. Oecd, Kemendikbud. (2015). Ressult From Pisa (Programe For International Student Assesment). Francies Deutsch Pratiwi, Tri, K., dkk. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri 6 Tangerang dan SMA Yuppentk 1 Tangerang Pada Mata Pelajaran Biologi. Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Biologi. Vol.1, No. 1. Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 63 Rahman, Aditya., dkk. (2017). Profil Keterampilan Proses Sains Dan Sikap-Sikap Ilmiah Siswa Di Smp Satu Atap Pulau Tunda. Universitas Sultan Agung Tirtayasa. Prosiding Volume 7 Nomor 1. Rahmawati, Nailur. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab: Menuju Higher Order Thinking Skills (Hots). Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Iv. Issn: 2587- 5242. Rustaman, Nuryani., dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Um Press. Shukla, Dr, Divya dan Dungsungnoen, Aj, P. (2016). Student’s Perceived Level And Teachers Teaching Strategies Of Higher Order Thingking Skills; A Study On Higher Educational Institutions In Thailand. Department Of Business Administration, St. Theresa International College, Thailand, 1 Moo 6 Rangsit-Nakhon Nayok Road (Klong 14), Bungsan, Ongkarak, Nakhon Nayok 26120, Thailand. Journal Of Education And Practice. Vol, 7. No, 12. P-Issn 2222-1735. Singh, K.A, Rhashvinder., dkk. (2018). A Review Of Research On The Use Of Higher Order Thinking Skills To Teach Writing. Faculty Of Languages And Communication, English Language And Literature Department, Sultan Idris Education University, Malaysia. International Journal Of English Linguistics; Vol. 8, No. 1. Issn 1923-869x E-Issn 1923-8703. Siswono, Hendrik. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Institur Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Pgri Jember, Indonesia. Physics Education Journal. Vol, 1. No, 2. (83-90). Sati, Laras Dina., dkk. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Di Kelas Vii.B Smp Negeri 10 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol, 1. No, 1. Sucipto. (2017). Pengembangan Keterampilan Berpikir Problem Based Learning Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran. Fkip Universitas Dr. Soetomo. Jurnal Pendidikan. Vol.2 Nomor 1 Tahun 2017 Halaman: 63-71 E-Issn: 2527-6891. Sudarisman, Suciati. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 13. Program Studi Pendidikan Biologi. Fkip Universitas Sebelas Maret. Jurnal Florea. Vol, 2. No, 1. (29-35). 64 Thinking Skills. Department Of Mathematics And Science, Preparatory Program, Khalifa University, Abu Dhabi, Uae. International Journal Of Secondary Education. Issn:2376-7464. Vol4(1): 1-11. Supandi. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malingping. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya. Vol, 14. No, 1. P-Issn 1907-087x. Ubaidillah, Mujib. (2016). Pengembangan Lkpd Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prodi Tadris Ipa Biologi, Iain Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal Edufisika. Vol, 1. No, 2. P-Issn 2477-7935. Umit, Duruk., dkk. (2017). Examining The Learning Outcomes Included In The Turkish Science Curriculum In Terms Of Science Process Skills: A Document Analysis With Standards-Based Assessment. Adiyaman Univrsity. Turkey. International Journal Of Invironmental And Science Education. Vol, 12. No, 2. (117-142). Widiawati, Leni., dkk. (2018). Higher Order Thinking Skills As Affect Based Learning In The 21st Century Learning. Departement Of Training And Education, Sebelas Maret University, Indonesia. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding. Vol, 5. Issue 3. Issn 2364-5369. Yumusak, Güngör Keskinkılıç. (2016). Science Process Skills In Science Curricula Applied In Turkey. Necmettin Erbakan University, 42090, Meram Yeniyol, Konya, Turkey. Journal Of Education And Practice. Issn 2222- 1735 (Paper) Issn 2222-288x (Online). Vol.7, No.20. Yusuf, Irfan., dkk. (2018). Profil Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Papua. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Papua. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol, 2. No, 1. P-Issn 2549-1725. citation: Pusporini, Arum dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2019) Kontribusi Keterampilan Proses Sains Terhadap Jenjang Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP Uhamka. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17291/1/ARUM%20PUSPORINI.pdf