TY - UNPB M1 - bachelor N1 - Unpublished ID - repository17291 A1 - Pusporini, Arum A1 - Akbar, Budhi A1 - Safahi, Luthpi PB - Universitas Prof.Dr. Hamka N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keterampilan proses sains terhadap pembentukan kemampuan berpikir tingkat tinggi calon guru pendidikan biologi FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelasional dengan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dari masing-masing tes sebanyak 30 butir soal, melalui uji validitas (Purwanto) diperoleh masing-masing 27 butir soal tes keterampilan proses sains dan 27 butir soal kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dinyatakan valid. Adapun 3 butir soal dari masing-masing bentuk tes dinyatakan tidak valid. Adapun untuk uji reliabilitas (Arikunto), kedua jenis tes keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, kedua tes tersebut memiliki nilai koefisien korelasi (r) yang sama, yaitu 0,76. Data hasil penelitian berupa keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diperoleh melalui masing-masing instrumen, selanjutnya di analisis melalui uji linieritas regresi, hasil uji linieritas menunjukkan = 0,42 < = 5,12. Hal ini menunjukkan bahwa kedua data penelitian memiliki regresi yang linier. Uji korelasi produk moment kedua data memperoleh nilai r = 0,36, yang lebih tinggi dari (n = 59) = 0,30. Hasil uji atau koefisien determinasi memperoleh kontribusi keterampilan proses sains terhadap pembentukan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 13%. Y1 - 2019/10/30/ AV - public TI - Kontribusi Keterampilan Proses Sains Terhadap Jenjang Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP Uhamka UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17291/ ER -