eprintid: 17149 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/71/49 datestamp: 2023-04-13 09:02:39 lastmod: 2023-04-13 09:02:39 status_changed: 2023-04-13 09:02:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septianti, Devi creators_name: Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: deviseptianti20@gmail.com creators_id: maryanti.setyaningsih@uhamka.ac.id creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMAN 88 JAKARTA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 88 Jakarta pada bulan Agustus 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh satu kelompok penelitian yaitu kelas XI IPA 1 yang diujikan dalam penelitian ini. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan memecahkan masalah siswa, berbentuk tes uraian soal dengan 4 indikator yaitu memahami masalah dengan persentase sebesar 70%, merencanakan masalah dengan persentase sebesar 75%, melakukan rencana pemecahan dengan persentase sebesar 80%, mengoreksi kembali pemecahan dengan persentase sebesar 68%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan kemampuan memecahkan masalah siswa diperoleh nilai dengan persentase sebesar 74% dalam kategori cukup date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Elsje, M. T., Tindangen, M., & Nuraini. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan, 1(10), 2066–2070. Hidayat, W., & Ratna, S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotoent Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109–118. Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis ( MeA ), 5(November). Kendari, S. S., Lismayani, I., & Mahanal, S. (2017). Efektifitas Problem Based Learning ( PBL ) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, 737–748. Murwati, S., & Masrukan. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Jigsaw - Probing Prompting dengan Sloa Berdasar Metakognisi, 6(2), 184–194. Mustofa, Z., Susilo, H., Heni, M., & Al, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 1(5), 885–889. Naintyn, N., Murni, R., & Maridi. (2015). Mengukur problem solving skills siswa SMA pada mata pelajaran biologi Measuring problem solving skills of high school students on biology. Jurnal Biologi Edukasi, 7(1), 1–6. Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teoy Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematik, 7(2), 181–190. Permatasari, N. Y., & Margana, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 60 Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia. Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Shodikin, A. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Strategi Abduktif-Deduktif pada Pembelajaran Matematika, 6(2), 101–110. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64. Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Syafii, W., & Yasin, R. M. (2013). Problem Solving Skills and Learning Achievements through Problem-Based Module in teaching and learning Biology in High. Asian Social Science, 9(12), 220–228. https://doi.org/10.5539/ass.v9n12p220 Tivani, I., & Paidi. (2016). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan Developing Problem-Based Biology Worksheet to Improve Problems Solving Skills and Environment Care Character. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 35–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i1.8804 Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self- Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency, 4(2), 166–175. Wahyuni, S., & Suana, W. (2017). Developing Science Process Skills and Problem- Solving Abilities Based on Outdoor Learning in junior. Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 165–169. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.6849 Wasonowati, Redjeki, & Ariani. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013 / 2014, 3(3). 61 Widiantie, R., & Lismaya, L. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilam Pemecahan Masalah Dengan Strategi Ideal Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kelenjar Endokrin, 9(1). Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA, 3(2), 21–28. Yusuf, Amuri. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif da Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group Yuwono, T., Supanggih, M., Ferdiani, R. D., Matematika, J. P., Kanjuruhan, U., Jl, M., & Malang, S. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya, 1(November), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144 citation: Septianti, Devi dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Safahi, Luthpi (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMAN 88 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17149/1/DEVI%20SEPTIANTI.pdf