<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh\r\npenggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap\r\nKeterampilan Proses Sains (KPS) Siswa di SMA Negeri 26 Kabupaten Tangerang\r\npada pokok bahasan Ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 26\r\nKabupaten Tangerang pada bulan April – Mei 2019. Metode yang digunakan\r\ndalam penelitian ini adalah metode Quasi-Eksperiment dengan desain penelitian\r\nPostest-Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64\r\nsiswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random\r\nSampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas\r\neksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan\r\ndalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains, berbentuk pilihan ganda\r\ndengan 30 butir soal untuk mengukur kemampuan keterampilan proses sains\r\nsiswa. Dengan menggunakan 6 indikator keterampilan proses sains yaitu\r\nmengamati, klasifikasi, komunikasi, interpretasi, prediksi dan mengajukan\r\npertanyaan. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata indikator KPS\r\nobservasi yaitu 88%, klasifikasi 76%, prediksi 82%, interpretasi 73%,\r\nmengkomunikasikan 72%, dan mengajukan pertanyaan 68%. Sedangkan pada\r\nkelas kontrol nilai rata-rata indikator KPS observasi 54%, klasifikasi 72%,\r\nprediksi 60%, interpretasi 65%, mengkomunikasikan 61% dan mengajukan\r\npertanyaan 64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest\r\nkemampuan keterampilan proses sains kelas eskperimen memperoleh nilai 74,69\r\nsedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 64,44. Uji hipotesis menggunakan uji-t\r\npada taraf signifikan α = 1% diperoleh thitung = 4,39 > t(0,99)= 2,38 yang berarti H0\r\nditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan\r\ndemikian penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization\r\nberpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan\r\nekosistem."^^ . "2019" . . . "Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka"^^ . . . . . . . . . . . . . . . "Luthpi"^^ . "Safahi"^^ . "Luthpi Safahi"^^ . . "Asriyatul"^^ . "Mahpudzoh"^^ . "Asriyatul Mahpudzoh"^^ . . "Maryanti"^^ . "Setyaningsih"^^ . "Maryanti Setyaningsih"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM (Text)"^^ . . . "ASRIYATUL MAHPUDZOH.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17141 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE \nTEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP \nKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI EKOSISTEM\n\n" . "text/html" . . . "QH301 Biology"@en . .