eprintid: 17140 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/71/40 datestamp: 2023-04-13 09:02:15 lastmod: 2023-04-30 14:36:13 status_changed: 2023-04-13 09:02:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Iswandari, As Syaima creators_name: Meitiyani, Meitiyani creators_name: Faruq, Hilman creators_id: syaiswnndr@gmail.com, creators_id: Meitiyani@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Reproduksi SMA Negeri 11 Jakarta Timur ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Jakarta Timur semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only group design. Populasi pada penelitian adalah kelas XI MIA yang berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak pada tiga kelas dan didapatkam XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SSCS dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 butir soal mengenai sistem reproduksi manusia untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil analisis data, diperoleh data hasil presentase kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Persentase tertinggi pada indikator berpikir kritis dalam penelitian ini adalah “mengambil keputusan dan tindakan” sedangkan indikator terendah adalah “melakukan deduksi”. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikansi 1% didapatkan hasil thitung > ttabel atau 3,81 > 2,65 berarti H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adian, D. G., & Pratama, H. S. (2013). Teknik Beragumentasi Berpikir sebagai Kecakapan Hidup (Pertama). Jakarta: Prenadamedia Group. Annurdin, M., & S., M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Search, Solve, Create, and Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Kedua). Jakarta: Bumi Aksara. Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (Sscs) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii-2 Smp Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(01), 71–78. FISHER, A. (2017). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar (G. Sagara, Ed.). Jakarta: Pt Gelora Aksara Pratama. Hatari, N., Widyatmoko, A., & Parmin. (2016). Unnes Science Education Journal. Keefektifan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, 5(2), 1253–1260. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.15294/Usej.V3i2.3349 Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create And Share (Sscs) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. 12(1), 1–13. Kuswara, E. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Muhamad, C., Falah, N., & Windyariani, S. (2018). Improvement of Students‟ Critical Thinking Skill Through Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Learning. Didaktika Biologi, 2, 25–32. Prianto, T. P. (2017). Metode Diskusi Macromedia Flash Untuk Peningkatan Hasil Belajar Alat Ukur Mekanik. Taman Vokasi, 5(1), 31. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1427 Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330 Prawindaswari, P. D. dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, 48 Create, And Share (Sscs) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 0. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran (T. Surjaman, Ed.). Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. Raehanah, Mulyani, S., & Saputro, S. (2014). Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Problem Solving Tipe Search Solve Create and Share ( SSCS ) dan Cooperative Problem Solving ( CPS ) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Matematis. Jurnal Inkuiri, 3(I), 19–27. Suciati, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Search, Solve, Create dan Share dengan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Berpikir Kritis Fisika. Pendidikan Sains, 1(2), 194–200. Saragih, S., & Napitupulu, E. (2015). Developing student-centered learning model to improve high order mathematical thinking ability. International Education Studies, 8(6), 104–112. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p104 Satriawan, R. (2017). Keefektifan model search, solve, create, and share ditinjau dari prestasi, penalaran matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.7863 Sudarisman, S. (2018). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403 Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv. Susanti, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model Search, Solve, Create, and Share terhadap Hasil belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Redoks. Universitas Negeri Jakarta. Widodo, H. (2016). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 293–307. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250 citation: Iswandari, As Syaima dan Meitiyani, Meitiyani dan Faruq, Hilman (2019) Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Reproduksi SMA Negeri 11 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17140/1/As%20Syaima%20Iswandari.pdf