eprintid: 17127 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/71/27 datestamp: 2023-04-13 09:02:07 lastmod: 2023-04-30 14:32:31 status_changed: 2023-04-13 09:02:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Apriana creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Kemampuan Penyusunan Tes Higher Order Thinking Skills Calon Guru Biologi ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan penyusunan tes higher order thinking skillsyang dikuasai calon guru Biologi UHAMKA serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah seluruh jumlah calon guru Biologi angkatan 2016 yang berjumlah 62 orang calon guru Biologi UHAMKA.Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 Mei tahun 2019.Sampel penelitian ini adalah kelas A, B, dan C sebanyak 54 orang yang diambil dengan teknik sampling jenuh.Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal yaitu konsep higher order thinking skills, konsep asesmen, konsep biologi, kinerja penyusunan tes higher order thinking skills dan angket.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konsep higher order thinking skills, konsep asesmen dan konsep biologi calon guru dengan nilai rata-rata yaitu 72 termasuk ke dalam kategori baik. Dari ketiga konsep yaitu konsep higher order thinking skills 68,89%(cukup), konsep asesmen 77,10% (baik), dan konsep biologi 65,74% (cukup). Sedangkan kinerja penyusunan tes higher order thinking skills yang terdiri dari tiga indikator yaitu menganalisis 56,94% (cukup), mengevaluasi 70,37% (baik) dan mencipta 65,74% (baik). Dari ketiga indikator yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta tersebut menjelaskan bahwa ketiga indikator kinerja penyusunan tes higher order thinking skills, yang dikuasai calon guru Biologi termasuk ke dalam kriteria “baik” dengan nilai rata-rata 64,35%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja membuat soal higher order thinking skills dalam penelitian ini adalah (1) penguasaan konsep asesmen (2) adanya kontribusi matakuliah Evaluasi Pembelajaran (3) adanya contoh soal higher order thinking skills pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran (4) pengalaman mendapat soal higher order thinking skills pada UTS/UAS matakuliah di Pendidikan Biologi yang direspon sangat positif oleh mahasiswa. Kesimpulan: Penguasaan konsep biologi dan konsep higher order thinking skills yang termasuk ke dalam kategori baik dan kinerja calon guru dalam menyusun tes higher order thinking skills jenis menganalisis tergolong cukup. Adapun jenis mengevaluasi dan mencipta tergolong ke dalam kategori baik. Serta ada b date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akbar, B. (2011). Evektifitas Pembekalan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru SD Dalam Asesmen IPA. Universitas Pendidikan Indonesia. Arif, M. (2014). Penerapan aplikasi anates bentuk soal pilihan ganda, 1(1), 1–9. Arifin, Z. (2016). EVALUASI PEMBELAJARAN. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto. (2012). Dasar- Dasar EVALUASI PENDIDIKAN. (R. Damayanti, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara. Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Surabaya, U. N., Biologi, J., & Malang, U. N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Analis Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Perkuliahan Biologi Umum, 2(1), 66–70. Aung, S. (2014). Panduan SPSS untuk Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. Fanani, Z. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM KURIKULUM 2013 II, 57–76. Fitzpatrick, & Schulz, H. (2015). Do Curriculum Outcomes and Assessment Activities in Science Encourage Higher Order Thinking ?, 15(2), 136–154. https://doi.org/10.1080/14926156.2015.1014074 Gusti, S. (2017). ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM ASPEK SIKAP, PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA, 6(5), 312–322. Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) di sekolah dasar, 1(1), 1–8. Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. Bin, & Kiong, T. T. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students, (July). https://doi.org/10.7763/IJSSH.2011.V1.20 Iffa, U. (2016). ANALYSIS OF HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) STUDENT IN PROBLEM SOLVING OF PHYSICS SCIENCE ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMP N 1 SALO DALAM MENYELESAIKAN SOAL UJIAN NASIONAL IPA FISIKA TINGKAT SMP / MTs, 1–9. 77 Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno. (2014). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1–12. Jensen, J. L., Mcdaniel, M. A., Woodard, S. M., & Kummer, T. A. (2014). Teaching to the Test … or Testing to Teach : Exams Requiring Higher Order Thinking Skills Encourage Greater Conceptual Understanding, 307–329. https://doi.org/10.1007/s10648-013-9248-9 Kunandar. (2015). PENILAIAN AUTENTIK (PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013). Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. Lindawati, Saregar, A., & Yuberti. (2016). PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK Prosiding Lindawati MENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK Seminar Nasional Pendidikan | Program Studi Pendidikan Fisika, (October). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17250.73920 Majid, A. (2017). Penilaian Auntentik Proses Dan Hasil Belajar. (K. Adriyani, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mumpuni, K. E., & Ramli, M. (2018). Penerimaan dan Pengetahuan Mahasiswa tentang Assessment for Learning Students ’ Understanding and Approvement toward Assessment for Learning, 11, 55–60. Novianti, D. (2014). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DENGAN GAYA BELAJAR TIPE INVESTIGATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH, 5. Nugroho, A. (2018). HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Pratiwi, T. K., Budhi, A., & Amirullah, G. (2017). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA, 1(1), 1–7. Purwanto, N. (2013). PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN. (T. Surjaman, Ed.). Bandung:PT Remaja Rosdakarya. Putri, R. R., Ahda, Y., & Rahmawati, D. (2018). Hal 8-17 Analisis Aspek Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Instrumen Penilaian Materi Protista untuk Peserta Didik SMA / MA Kelas X Aspect Analysis in Higher Order Thinking Skills on the Evaluation Instrument of Protist Topic for the Grade 10 Senior H, 4(1), 8–17. 78 Rahmi, Y. L., & Alberida, H. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Penerapan Asesmen Portofolio Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Dan Buku Ajar Biologi, (April). Rofi’ah, L., Suwono, H., & Listyorini, D. (2016). ANALISIS AWAL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA, 583–587. Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart. Siregar, E., & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. (A. Jamaludin, Ed.). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Suhermiati, I., Sifak, I., & Yuni, R. (2015). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK SINTESIS PROTEIN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA, 4(3), 985–990. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu Sunyono, S. (2018). Science Process Skills Characteristics of Junior High School Students in Lampung, 14(10), 32–45. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n10p32 Tauhidah, D., & Suciati. (2015). PERBANDINGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY LABORATORY, (November), 509–514. Uno, H. B., & Koni, S. (2016). ASSESSMENT PEMBELAJARAN. (D. Ispurwanti, Ed.). Jakarta: PT. BUMI AKSARA. Wadrany, K., Sajidan, & Murni, R. (2017). PENGEMBANGAN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA, 6 No. 2, 1–16. Retrieved from http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri Widana, I. W. (2017). HIGHER ORDER THINKING SKILLS ASSESSMENT ( HOTS ) I Wayan Widana, 3(1), 32–44. Widana, W. (2017). Modul: Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill. Jakarta: Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Yulaikah, S., Alfindasari, D., & Adawiyah, R. (2015). INTEGRASI SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI ABAD KE-21 The Integration of Scientific Inquiry with The Biology Teacher ’ s Professional Competencies to The Study of Biology In The 21, 550–560 citation: Sari, Apriana dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2019) Analisis Kemampuan Penyusunan Tes Higher Order Thinking Skills Calon Guru Biologi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17127/1/APRIANA%20SARI.pdf