%I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Biologi %X Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan banyak pengaruh termasuk di bidang pendidikan dan telah merubah pola dan perilaku pembelajaran baik siswa maupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis data Rasch Model menggunakan perangkat lunak Winstep 4.4.4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah untuk mengetahui kualitas pernyataan dan karakteristik responden, realibilitas item dan responden, pengelompokkan item dan responden, konsistensi responden, dan persepsi responden berdasarkan profil demografi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa biologi di SMA dan MAN yang berada di di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Tanggerang dan Cikarang. Sampel penelitian yang digunakan 250 siswa yang diperoleh dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pemanfaatan TIK dalam pembelajaran biologi berada pada kategori kurang baik sampai baik. Terdapat 13 item pernyataan relatif mudah disetujui, 4 item pernyataan bersifat netral, 15 item penyataan relatif sulit untuk disetujui. Sebagian besar responden 243 menjawab kuesioner dengan konsistensi yang tinggi dengan nilai logit diatas +2.15. Adanya penggunaan TIK yang dirancang khusus serta kemampuan guru berinovasi di dalam menggunakan TIK untuk pembelajaran, membuat penggunaan TIK menjadi lebih efektif dan efesien dalam pembelajaran biologi. %D 2019 %A Anting Permata Art %A Akbar Budhi %A Susilo Susilo %L repository17124