eprintid: 17123 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/71/23 datestamp: 2023-04-13 09:02:01 lastmod: 2023-04-30 14:23:58 status_changed: 2023-04-13 09:02:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Anisa Pragarini creators_name: Sunandar, Paskal creators_name: Luthpi, Safahi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan ispublished: pub subjects: QH301 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besar hubungan antara self confidence dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cibinong pada semester genap 2019/2020. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling dengan responden sebanyak 70 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif koreasional. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dan tes uraian kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian mengahsilkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 68,2 dan nilai rata-rata self confidence siswa 61. Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan perhitungan korelasi pearson yang sebelumnya dilakukan perhitungan uji prasyarat, yaitu linieritas dan regresi. Hasil perhitungan korelasi pearson dengan perolehan r= 0,634 dari hasil tesebut menandakan terdapat hubungan yan positif antara self confidence dengan kemampuan berpikir kritis dalam materi pencemaran lingkungan yang tergolong kategori kuat, dan diperoleh r2= 0,402 yang artinya self confidence memiliki kontribusi sebesar 40,2% terhadap kemampuan berpikir kritis dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afnidar. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Topik Pencemaran Lingkungan Di Sma Negeri 1 Mutiara Pidie. Program Pendidikan Biologi Universitas Almuslim Bireuen Email : ambia.tj@mail.com Diterima 20 Februari 2013 / Disetujui 30 April 2013 ISSN : 2302-1705 JESBIO Vol . II No . 1 , Mei 2013, II(1), 1–7. Agnafia, Desi Nuzul. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1),45-53 Amalia, Nunung Fika. 2014. Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi pokok asam basa. Skripsi. Universitas Negeri Semarang Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dowd, J. E., Thompson, R. J., Schiff, L. A., & Reynolds, J. A. 2018. Understanding the Complex Relationship between Critical Thinking and Science Reasoning among Undergraduate Thesis Writers. University of minnesota: Ennis, R. H. 2011. An outline of goals for a critical thinking curriculum and its assessment. Fatonah, Siti & Prasetyo, Zuhdan. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak Fikri, K., Wahono, B., Yuana, K., Narulita, E., Utomo, A.P,. 2018. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Students ’ Errors In Solving Science Reasoning-Domain Of Trends In International Mathematics And Science Study ( TIMSS ), 7(1), 48–53. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.11352 Ghufron, M. Nur & Risnawati, Rini. 2017. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Herman. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat TinggiSiswa Sekolah Menengah Pertama.Educationist. 01(1), 47-56. Hidayat, W. 2017. Kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa sma, 2, 116–122. Isroila, Afida et, al,. 2018. Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Universitas Trunojoyo Madura Luzyawati, L., & Wiralodra, U. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Materi Alat Indera. Universitas Wiralodra Lauster, Peter. 2002. Tes Kepribadian. Jakarta: Gaya Media Pratama. Munawaroh, Lailatul. 2015. Penggunaan Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutoring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 1(03): 267 57 Oka, A. A. 2006. Pengaruh penerapan belajar mandiri pada materi ekosistem terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah siswa sma di kota metro. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro Palestina, Siti Maryam Fadhilah., samingan & Apriana, Evi. 2014. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. Journal Bioetik. 1(2):1-76 Paramitha, Gabriella Tenerezza. 2016. Tingkat Percaya Diri Peserta Didik (studi deskriptif pada siswa kelas x SMA Santo Paulus Nyarumkop TA 2015/2016 Serta Implikasinya Terhadap Usulan Topik-Topik Bimbingan. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Pratiwi, A., Sahputra, R., & Hadi, L. 2017. Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence Dan Hasil Belajar Siswa Sman 8 Pontianak. Skripsi. Universitas Tanjungpura Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Rifki Mustofa. 2008. Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Malang Riwayati, P. A., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa yang Bergaya Kognitif pada Pembelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning ( CTL ) dengan Media Visual Analysis of Critical Thinking of Students in Cognitive Styles in Biology Learning through Learning Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Models with Visual Media, 14, 476–481. Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta:Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Safarullah, Juandri. 2017. Pengaruh Model Problem Solving terhadap Self-confidence dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X SMA Islam Bawari Pontianak. Pontianak: Universitas Tanjungpura Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga Sharma, M. 2015. A Study Of Self-Confidence Of Senior Seconadry School Students In Relation To Socio-Economic Status. American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciences. 78 Sheldrake, R. (2016). Confidence as motivational expressions of interest , utility , and other in fl uences : Exploring under-con fi dence and over-con fi dence in science students at secondary school. International Journal of Educational Research, 76, 50–65. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2015.12.001 Sudarisman, Suciati. 2015. Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2 (1), 29-35 Sumbono, Aung. 2014. Panduan SPSS Untuk Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish 58 Syahfitri, Jayanti. 2019. Profil Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Di Perguruan Tinggi, 9 (1), 23-29 Tambunan, M. I. H. 2018. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat, (2), 109–115. Widodo winarso. 2018.Hubungan antara Self-confidence dengan sKemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Edumatica jurnal matematika. 8 (1): 59, 63. Winarsih, P. 2018. HUBUNGAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs, 1(5), 895–902. Zubaidah, S. (2017). Berpikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains 1, (January 2010 citation: Putri, Anisa Pragarini dan Sunandar, Paskal dan Luthpi, Safahi (2019) Hubungan Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17123/1/ANISA%20PRAGARINI%20PUTRI.pdf