%0 Thesis %9 Bachelor %A Putri, Anisa Pragarini %A Sunandar, Paskal %A Luthpi, Safahi %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2019 %F repository:17123 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Hubungan Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17123/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besar hubungan antara self confidence dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cibinong pada semester genap 2019/2020. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling dengan responden sebanyak 70 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif koreasional. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dan tes uraian kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian mengahsilkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 68,2 dan nilai rata-rata self confidence siswa 61. Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan perhitungan korelasi pearson yang sebelumnya dilakukan perhitungan uji prasyarat, yaitu linieritas dan regresi. Hasil perhitungan korelasi pearson dengan perolehan r= 0,634 dari hasil tesebut menandakan terdapat hubungan yan positif antara self confidence dengan kemampuan berpikir kritis dalam materi pencemaran lingkungan yang tergolong kategori kuat, dan diperoleh r2= 0,402 yang artinya self confidence memiliki kontribusi sebesar 40,2% terhadap kemampuan berpikir kritis dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.