@phdthesis{repository17121, year = {2019}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, title = {Pengaruh Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI Pada Materi Jaringan Tumbuhan}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17121/}, author = {Rivaldy, Angga and Amirullah, Gufron}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan kepada siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 8 soal uraian atau essay dengan 7 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus dari Sugiyono memperoleh rhitung = 0,6105, maka tingkat reliabilitasnya tinggi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung {\ensuremath{<}} X20,99(3), kelompok eksperimen diperoleh 4,62 {\ensuremath{<}} 11,3 dan kelompok kontrol 10,55 {\ensuremath{<}} 11,3 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji f diperoleh fhitung 1,01 {\ensuremath{<}} ftabel 2,38 maka data dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung 5,75 {\ensuremath{>}} ttabel 2,390 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta.} }