eprintid: 17119 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/71/19 datestamp: 2023-04-13 09:01:53 lastmod: 2023-04-30 14:27:09 status_changed: 2023-04-13 09:01:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hilmy, Aida Fithria creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Kelas X SMA Pada Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keterampilan bertanya siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa kelas X SMA Negeri 100 Jakarta, semester genap tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Kelas X MIPA 2 dengan jumlah 36 orang terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Kelas X MIPA 3 terpilih sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode yang biasa digunakan di sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument keterampilan bertanya siswa berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 18 butir yang tentunya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Chi Kuadrat diperoleh X2 hitung 7,17 < X2tabel 11,34, maka data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,299 < F0,01 (34/35) 2,244 yang mengindikasikan bahwa data tersebut mempunyai variansi yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t, diperoleh thitung 3,99 > t0,99(69) 2,51. Maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap keterampilan bertanya siswa kelas X SMA Negeri 100 Jakarta. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aji, W. N., & Budiyono, S. (2017). Strategi Pengajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. In Persatuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXIX (hal. 57–66). Arif, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Debat Aktif Siswa Kelas Viii D Smp N 2 Banguntapan Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. Arikunto, Suharsimi. 2017. Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Asiah, N. (2017). Analisis kemampuan praktik strategi pembelajaran aktif ( active learning ) mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung 20. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4, 20–33. Aurlena, W. P., & Ariyanto, J. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Metode Lateral Thinking Terhadap Kemampuan Bertanya Siswa Kelas X Ipa Sman 2 Karanganyar The Effect Of Discovery Learning Model With Lateral Thinking Method On The Questioning Ability Of The 10th Ipa Graders Of. Bio-Pedagogi, 5(1). Constantine, M., Musingafi, C., & Muranda, K. E. (2014). Students and Questioning : A Review of the Role Played By Students Generated Students and Questioning : A Review of the Role Played By Students Generated Questions in the Teaching and Learning Process. Research Academy of Social Sciences, 1(3), 101–107. Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Jurnal inovasi pendidikan ipa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(3), 202–211. José, M., & Albergaria, P. (2014). Fostering student questioning in the study of photossyntesis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3776–3780. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.840 Junaidah. (2015). Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6, 118–133. Kamil, N., & Jailani. (2018). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar (JPPD), 5(2), 155–166. Https://Doi.Org/DOI: Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V1i2.6845 Kurniawan, A., & Fadloli. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains 60 Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka. In Proceeding Biology Education Conference (Vol. 13, hal. 410–419). Surakarta. Lamanepa, G. H., & Panis, I. C. (2018). Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA dalam Pembelajaran Fisika Melalui Problem Based Learning. Jurnal EduMatSains, 3(1), 99–110. Maria João Coutinho, & Albergaria, P. (2014). Promoting Student Questioning In The Learning Of Natural Sciences. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3781–3785. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.841 Nasution, M. I. P. (2016). Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra’, 10(01), 1–14. Nuraini, Tindangen, M., & Maasawet, E. T. (2016). ANALISIS Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Biologi Di SmA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2066–2070. Oktaria, E. (2014). Penerapan Pembelajaran Model Latihan Inkuiri Pada Materi Struktur Dan Fungsi Organ Pada Manusia Dan Hewan Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas XI. Universitas Bengkulu. Oktaviana, K. (2016). Ragam Pertanyaan Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Di Man Kotamadya Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 8–18. Prajoko, S., Amin, M., Rohman, F., & Gipayana, M. (2017). The Usage of Recycle Materials for Science Practicum : Is There Any Effect on Science Process Skills ? International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(1). Purwanto. 2010. Statistika untuk Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rahmasiwi, A., Santosari, S., & Sari, D. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas XI MIA 9 ( ICT ) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015 (Vol. 9, hal. 428–433). Pendidikan Biologi FKIP UNS Surakarta. Ramadhan, F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Kemampuan Bertanya Siswa Kelas X Sma Swasta Kota Batu Pada Pelajaran Biologi. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 8(1), 11–15. Rustaman, dkk. 2015. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Tangerang: Universitas 61 Terbuka Salmawati. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keterampilan Bertanya Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Universitas Islam Neegeri Alauddin Makassar. Santinah. (2016). Konsep strategi pembelajaran dan aplikasinya. Holistik: Journal For Islamic Social Sciences ISSN:, 1(1), 13–25. Sari, I. M. (2015). Penggunaan Model Listening Team Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Bertanya Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas X Smk Yp 17-2 Madiun. Jurnal Florea, 2(1), 23–28. Satriawati, G., Musyrifah, E., & Purwanto, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing t terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Abstrak. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 45–51. Silberman, Melvin L. 2018. Active Learning-101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian KUantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sudjana, Nana. 2016. Penilaian HasilProses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Wahyuni, H. S., Agustini, R., & Tjipto Prastowo. (2018). JPPS ( Jurnal Penelitian Pendidikan Sains ) The Implementation Of Quiz Team Type Active Learning Strategy To Increase The Understanding. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1487–1495. Widodo, Rahmawati, L., Indranto, T. K., & P., A. D. (2017). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses Di Smp Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Jurnal Pemberdayaan, 1(2), 447–456. Yusa & Maniam. 2013. Advanced Learning Biology 1B. Bandung: Grafindo Media Pratama. Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. citation: Hilmy, Aida Fithria dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Kelas X SMA Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17119/1/AIDA%20FITHRIA%20HILMY.pdf