eprintid: 17117 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/71/17 datestamp: 2023-04-13 09:01:50 lastmod: 2023-04-30 14:28:24 status_changed: 2023-04-13 09:01:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syugiyanto, Ahmad creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Kartikawati, Eka creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: Analisis Kemampuan Keterampilan Generik Sains Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP Uhamka ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan generik sains terhadap mahasiswa pendidikan biologi yang muncul setelah proses pembelajaran praktikum koagulasi darah pada materi sistem sirkulasi. Penelitian ini dilakukan di FKIP UHAMKA. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 58 mahasiswa semester 6. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu menggunakan tes essay. Pada penelitian ini pencapaian keterampilan generik sains pada mahasiswa difokuskan pada tujuh aspek keterampilan generik dengan hasil penelitian yang menunjukan yaitu, pengamatan langsung 98.83% (sangat baik), bahasa simbolik 38.79% (kurang sekali), pemodelan 90.95% (sangat baik), inferensi logika 39.51% (kurang sekali), kerangka logika 94.90% (sangat sekali). Dengan analisis data yang diperoleh rerata keseluruhan keterampilan geneik sains adalah 71.37% dan termasuk pada kategori sedang. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, Sri., dkk. (2013). Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Praktikum Besaran Dan Pengukuran Kelas X Di Sma Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1-7. Di ambil 13 juni 2019 dari laman https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/3435 Amin, M. (1987). Mengajarkan IPA dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inkuiri. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud. Anwar, Herson. (2009).. Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2 (5), 103-114. Di ambil 13 agustus 2019 dari laman http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JPI/article/viewFile/593/544 Arifin, Zaenal. (2016).Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Beny, L.P., dkk. (2016). Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa Sma Negeri Kelas X Se- Kabupaten Purworejo Dalam Pembelajaran Fisika Tahun Pelajaran 2015/2016. Diambil 13juni 2019 dari laman http://repository.umpwr.ac.id:8080/bitstream/handle/123456789/2137/112150022- LOI%20BENY%20PRABOWO-ilovepdf-compressed.pdf?sequence=1&isAllowed=y Bundu, P.(2006). Penilian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains –sd. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan Durachim, Adang., & Astuti, Dewi. (2018). Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medik Hemostatis. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Di ambil 13 juni 2019 dari laman http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/11/Pengantar- Laboratorium-Medik-SC.pdf Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi. 51 Fera, S.S. (2019). Analisis Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi Uin Raden Intan Lampung. Lampung: FTK. Di ambil 13 juni 2019 dari laman http://repository.radenintan.ac.id/5929/1/SKRIPSI%20SHIL%20FERA.pdf Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hidayat, Emi. (2014). Analisis Keterampilan Generik Sains (Pengamatan Langsung Dan Tak Langsung) Peserta Didik Sma Islam Sultan Agung 1 Semarang Pada Praktikum Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Diagram Vee. Semarang: FITK. Di ambil 13 juni 2019 dari laman http://eprints.walisongo.ac.id/5315/ Kadir, Abdul., dkk. (2012). Dasar-dasar Pendidikan. Kencana: Jakarta. Martiningsih, Meidini., dkk. (2018). Hubungan Keterampilan Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 24-33. Di ambil 13 juni 2019 dari laman https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/3209. Mulyani, Asep. (2012). Sistem Syaraf Manusia Dalam Tutorial Cbi: Usaha Meningkatkan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Scientiae Educatia. (1)1. Di ambil 13 juni 2019 dari laman http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=447128 Muspiroh, Novianti. (2012). Analisis Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Praktikum Anatomi Tumbuhan. Jurnal Scientiae Educatia, 1(1), 1-15. Di mabil 13 juni 2019 dari laman https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/503/441 Nadhokhotani, Aini Herpi. 2017. Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Materi Laju Reaksi Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Skripsi pada sarjana (S1) Pendidikan Syarif Hidayatullah: Tangsel. Di ambil 13 juni 2019 dari laman http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36124 52 Ngalim, M.P. (2001). Prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosdakarya:Bandung. Ratnasari, Anilia., & Maulidah, Risti. (2019). Kemampuan Keterampilan Generik Sains melalui Model Learning Cycle 7E pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 35-44. Di ambil 13 juni 2019 dari laman http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JBIO/article/view/396 Sudarmin.2012.Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Kimia Organik. Semarang: UNNES PRESS. Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres Sugiyono.2018.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Taofiq, Muhamad., dkk. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Generik Sains Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa. JPPIPA.4(2), 29-33. Di ambil 13 juni 219 dari laman http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/114/pdf Tawil, Muh. 2014. Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: UNM. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara Usman Samatowa. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan. Widiantine, Rahma & Lismaya, Lilis. (2017). Pengembangan Alat Penilaian Berbasis Keterampilan Generik Sains Pada Praktikum Struktur Hewan. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kuning. Di ambil 13 juni 2019 dari laman https://docplayer.info/53577072-Pengembangan-alat-penilaian-berbasisketerampilan- generik-sains-pada-praktikum-struktur-hewan.html Yuliati, Yuyu. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakralawa Pendas, 3(2), 21-28. Di ambil 13 juni 2019 dari laman https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/viewFile/592/565 53 Zulfiani, dkk. 2014. Profil Keterampilan Generik Sains Siswa SMA pada Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur (Structured Inquiry) Konsep Difusi dan Osmosis. UIN ciputat: FITK. Di ambil 13 juni 2019 dari laman http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/31178/1/Zulfiani%20 hesti%20FITK%202015.pdf. citation: Syugiyanto, Ahmad dan Amirullah, Gufron dan Kartikawati, Eka (2019) Analisis Kemampuan Keterampilan Generik Sains Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi FKIP Uhamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17117/1/AHMAD%20SYUGIYANTO.pdf