@phdthesis{repository17116, year = {2019}, title = {Pengaruh Penerapan Model CLIS (Children Learning In Science) Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Reproduksi}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, author = {Anggi, Ahliya Ilmi and Sukandar, Paskal}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17116/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model CLIS terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 92 Jakarta pada semester genap 2018/2019. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling dengan responden sebanyak 60 siswa dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa 17 soal pilihan ganda yang mencakup lima indikator KPS (observasi, interpretasi, komunikasi, prediksi, dan mengajukan pertanyaan) untuk melihat pengaruh model CLIS terhadap KPS. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata KPS pada kelas eksperimen 82,4 dan 70,4 dikelas kontrol. Berdasarkan hasil uji prasyarat bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan thitung {\ensuremath{>}} ttabel (5,47 {\ensuremath{>}} 2,39), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Children Learning In Science terhadap keterampilan proses sains.} }