eprintid: 17115 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/71/15 datestamp: 2023-04-13 09:01:45 lastmod: 2023-04-30 14:30:49 status_changed: 2023-04-13 09:01:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pujiati, Agnes Avriani creators_name: Budhi, Akbar creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Model Pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary (ROPES) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 39 Jakarta ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: AGNES AVRIANI PUJIATI. 1501125002. “Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES terhadap keterampilan proses sains (KPS). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 39 Jakarta pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah Posttest Only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Prosedur dari penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda terdiri 30 butir soal dalam materi ekosistem kelas X yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan proses sains. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,28, sedangkan nilai siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,06. Uji hipotesis menggunakan uji t-test polled varian dengan taraf signifikasi α = 1% diperoleh thitung = 10,79 > ttabel = 2,38, karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ROPES berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X MIPA SMA Negeri 39 Jakarta pada pokok bahasan ekosistem. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi.2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Astutik Sri, Aina Fadilah dini, dkk., 2018. Kajian Dinamika Fluida Pada Aliran Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso Sebagai Rancangan Handout Fisika. Jurnal vol 3. 11 maret 2018. ISSN : 2527 – 5917. Bundu, P.2005 Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sd. Jakarta: Depdiknas Desstya Anatri. 2015. Keterampilan Proses Sains dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 2, Desember 2015 : 95 – 102. ISSN 2406-8012. Dina Nurul Rizka, Wahyuni Agus, Saminan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Alat-Alat Optik Di Kelas X Sma Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Vol. 1. No. 4. ISSN 238 244. Erina Richie, Kuswanto Heru.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Di Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Volume 1 – Nomor 2, Oktober 2015, (202 - 211). ISSN: 2477-4820. Fransiska Lya, Subagia I Wayan, Sarini Putri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 3 Sukasada. Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia.Vol 1, Nomor 1.ISSN: 2623-0852 . Hernawati D, Amin M, Irawati, dkk. 2018. The Effectiveness Of Scientific Approach Using Encyclopedia As Learning Materials In Improving Students’ Science Process Skills In Science. DOI: 10.15294/Jpii.V7i3.14459. Accepted: May 23rd, 2018. Approved: August 31st, 2018. Published: September20th, 2018 Majid, Abdul. 2005. Perencanaan dan Pembelajaran. Bandung : Rosda Karya. Nasution Nurhamidah, Hasairin Ashar. 2016. Analisis Sarana Dan Pemanfaatan Laboratorium IPA (Biologi) Dalam Pembelajaran Biologi Kelas Xi di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 4 NO. 4. ISSN : 2338 - 3003 49 Noviayanti, 2015. Pengaruh Pendekatan keterampilan proses sains siswa terhadap berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem. Artikel : Universitas Lampung. Novitasari Indah Istanti, Rzak Farhan, Sudarajat Sandi Kukuh, Dkk. 2017. Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, E-ISSN: 2503-3530. Ozkan Muhlis, Ersen Cigrik. The Investigation of The Effect of Visiting Science Center onScientific Process Skills Procedia - Social and Behavioral Sciences 197 ( 2015 ) 1312 – 1316. Poppy Anggraini, Rahayu Hayati Ai. 2017. Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar Vol. 5 No.2, Oktober 2017, hal. 22- 33 ISSN: 2337-9227 Prasasti Tri Amita Pinkan. 2017.Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, E-Issn: 2503-3530. Purwanto, A. dan E. Sulistiastuti, D. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Gava Media. Purwanto Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Rahmawati, H Koes Supriyono, dkk., 2016. Kajian Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Vol. 1. ISBN : 978-602-9286-21-2. Restanti, Indri, Harijanto Alex., 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Ropes Dengan Teknik Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa.Vol. 4 No. 1.hal 93-97. Rustaman, N, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : Universitas Negeri Malang. Safahi Lutphi. 2015. Pengaruh Model Learning CycleTerhadap Kemampuan Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Biologi. Pendidikan Dan Pembelajaran Sains. No. 01, Volume VII. ISSN: 1411-5166. Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-Tes dengan Manual, Kalkulator dan Komputer. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 50 Siregar Dertayana Hiba, Moltan. 2016.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dan Pemahaman Konsep Awal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia Vol. 5,No. 1. P-ISSN2252-732X, E-ISSN 2301-7651. Sudarisman,Suciati.2015.Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia Volume 2 No. 1, April 2015 (29-35). Sudaryati, Rahayuningsih Margareta. 2018. Classification Learning Effectiveness of Living with Contextual Teaching and Learning (CTL) and Cooperative Learning (CL) Type Group Investigation (GI). Journal of Innovative Science Education. JISE 7 (2) 2018 : 267-273. P-ISSN 2252-6412 Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Tayeib Mushawwir, Hala Yusminah, Razak Mauliana. 2016. Effectiveness of Scientific Approach to Science Process Skills and Learning Outcomes of Cognitive Biology of Class XII IPA SMA Negeri 4 Watampone. Jurnal Sainsmat, Maret 2016, Halaman 58-73 Vol. No. 1 .ISSN 2086-6755 Tursinawati.2016. Penguasaan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh .Jurnal Pesona Dasarvol. 2 No.4, Hal 72 - 84issn: 2337-9227 Wahyuni, Elinda. 2015. Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise,Summary) Disertai Media Audiovisual Terhadap Aktivitas Dan Hasil BelajarSiswa Pada Pembelajaran Fisika Di MAN 1 Jember. Artikel : UNEJ. Trianto, D. T. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual . Jakarta : Prenadamedia Group. Zahra, Rizki.2016. Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise,Summary) di iringi pemberian reward dalam pelajaran matematika terhadap hasil belajar pada materi statistika kelas VII. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. citation: Pujiati, Agnes Avriani dan Budhi, Akbar (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary (ROPES) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 39 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17115/1/Agnes%20Avriani%20Pujiati.pdf