%0 Thesis %9 Bachelor %A Pujiati, Agnes Avriani %A Budhi, Akbar %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2019 %F repository:17115 %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary (ROPES) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 39 Jakarta %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17115/ %X AGNES AVRIANI PUJIATI. 1501125002. “Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES terhadap keterampilan proses sains (KPS). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 39 Jakarta pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah Posttest Only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Prosedur dari penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda terdiri 30 butir soal dalam materi ekosistem kelas X yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan proses sains. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,28, sedangkan nilai siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,06. Uji hipotesis menggunakan uji t-test polled varian dengan taraf signifikasi α = 1% diperoleh thitung = 10,79 > ttabel = 2,38, karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ROPES berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X MIPA SMA Negeri 39 Jakarta pada pokok bahasan ekosistem.