eprintid: 17114 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/71/14 datestamp: 2023-04-13 09:01:37 lastmod: 2023-04-30 14:31:44 status_changed: 2023-04-13 09:01:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmadianti, Ade Fitri creators_name: Akbar, Budhi title: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Imun ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: NIM: 1501125001. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Imun. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Agustus 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal berbasis masalah pada materi sistem imun dan faktor-faktor yang pendukung kemampuan berpikir kritis pada siswa XI IPA 3 SMAN 44 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes berbasis masalah dalam bentuk tes uraian sebanyak 6 soal. Instrumen pendukung yang digunakan berupa angket untuk siswa dan pedoman wawancara untuk guru. Populasi penelitian adalah pada siswa XI IPA 3 SMAN 44 Jakarta berjumlah 36 siswa. Sampel ini diambil dengan Cluster Random Sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 44 Jakarta dalam soal berbasis masalah pada materi sistem imun memiliki persentase sebesar 63,77% termasuk kategori sedang atau cukup kritis. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah, R. (2019). Pembelajaran HOTS (High OrderThinking Skills). Tangerang : Tira Smart Alghadari , F. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Matematik Siswa SMA. Tanjung pandan Arikunto S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rosda Karya. Depdiknas. (2006). Sosialisasi KTSP. CD-ROM. Jakarta: Ditjen PMPTK, Depdiknas Djamarah, S. B. &Aswan,Zain. (2014). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Rineka Cipta. Jakarta Ennis, Robert H. (1995). Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall. Ennis, Robert H (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. Diakses dari : http://www.faculty.education.illinois.edu/rhennis/document/TheNatureofCriticalThinking51711 000.pdf Esterina, N., dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemmpuan Berpikir Kritis dan Sikap Kritis Siswa. Jurnal Daya Mtematis. Universitas Negeri Makassar Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Krits dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustaka Hamdayana., Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara Haryani, D. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY [diakses 21-07-2019]. 76 Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimlisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. Universitas Negeri Makassar Husnidar, Ikhsan, M., Rizal, S. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. Vol 1, No. 1, April 2014 Irmawati, M., Derlina. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Optik Geometri Kelas X SMA St. Yoseph Medan. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung Jenita, D. (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakata: Pustaka Baru Press Karim & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 No. 1 Tahun 2015:92-104. Diunduh dari ppjp.unlam.ac.id [diakses 11-07-2019]. Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Liliasari. (2002). Pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kretaif untuk meningkatkan mutu pendidikan guru kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 2 no.2/Oktober 2002 Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Maryam, Siti., Setawati, Santun., dan Ekasari, M. (2007). Buku Ajar Berpikir Kritis dalam Proses Keperawatan . Jakarta:EGC Muhfahroyin. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pengembangan Karakter melalui Think Pair Square Share (TPSS) Dalam Lesson Study. Semarang: Universitas Muhammadiyah Metro Murwani, Elika D. (2006). Peran Guru Dalam Membangun Kesadaran Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur(Online). No. 6. Jakarta Nainggolan, S.D., Suriani, S., dan Sianturi, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernan Manusia Di 77 Kelas XI IPA SMA Swasta Yapim BIru-Biru. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 6 No. 3 Norhasanah. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal pembelajaran biologi. Vol 5. No. 1 Mei 2018 Nugraha, A. J., Suyitno, H., Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education. Universitas Negeri Semarang. Nurzanah, G. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Teknik Make-A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKN. Skripsi. Bandung: FKIP UNPAS Presseisen, B. Z. (1985). Thinking skill meaning and model. Alexandria: ASDC Putri, A.S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dibedakan Dari Tingkat Kecemasan. Skripsi. Surabaya : Universitas Sunan Ampel Rahayu, A.P. (2017). Pengaruh Model PBL Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa pada Materi Bahan Kimia dalam Kehidupan. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Rahmawati, H. (2017). Pengaruh Interaksi Belajar Mengajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di MTS Roudlotul Mustofa Lumajang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Rasiman. (2012). Penelusuran Proses Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika bagi Siswa dengan Kemampuan Matematika Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika. Diunduh dari download.portalgaruda.org [diakses 18-07-2019] Retno, Endang., Rochmad. (2018). Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. FMIPA UNNES 78 Risamasu, P. V. M. (2016). Peran Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasioal Pendidikan Jayapura. Universitas Jayapura. Desember 2016 Sabandar, Jozua. (2009). Berpikir Reflektif (online). http://math.sps.upi.edu/wp-content/uploads/2009/11/Berpikir-Reflektif.pdf. Diakses pada tanggal 7 maret 2019. Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media Group Sulistianingsih, P. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM, Vol.02, No.01, 01 Des 2016, hlm. 131 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Suprihatin, S. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. FKIP Universitas Muhammdiyah Metro. Vol 3. No 1 (2015), hlm 78-82 Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Suyato., Susana, D. V. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangmojo. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. FIS UNY 79 Taneo, M. Penguatan Pemahaman Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah Yang Membebaskan. Kupang: FKIP UNDANA Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher Wade, Carole & Carol Tavris. 2007. Psikologi jilid 2. Jakarta: Erlangga Wardani, D. S. (2015). Penerapan Bahan Ajar Berbasis PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Skripsi.Semarang: Universitas Negeri Semarang Winarsih,Y., Akhidinirwanto, R. W., & Ngazizah, N. (2014). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada Kelas VIII B MTs Tarbiyatul ‘Ulum Tirtomoyo Poncowarno. Jurnal Radiasi, 4 (1), 69. Zamzam, K.F. (2016). Pendekatan Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal pedagogia. 5(2); 279-286 citation: Rahmadianti, Ade Fitri dan Akbar, Budhi (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Imun. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17114/1/Ade%20Fitri%20Rahmadianti.pdf