TY - CHAP T2 - Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPS PB - Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial SPS UPI UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17/ EP - 395 CY - Bandung A1 - Gunawan, Rudy AV - public ED - Syaharuddin, Syaharuddin ED - Rasimin, Rasimin SP - 387 N2 - Pembelajaran materi Sejarah merupakan cabang disiplin ilmu sosial dimana Sejarah memberikan wawasan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Metode pembelajaran yang digunakan pada saat masih kurang variasi dan masih didominasi oleh guru. Tujuan pembuatan tulisan ini mencoba untuk mengkolaborasikan permainan tradisional yang ada di daerah Betawi dalam pembelajaran IPS di pendidikan dasar dimana dalam permainan tradisional memuat kearifan-kearifan lokal yang dapat dijadikan salah satu cara untuk membentuk karakter dan membantu peserta didik dalam memahami materi yang diterima. Diharapkan melalui permainan tradisional, peserta didik dapat mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan mampu mengembangkan kreatifitas sehingga pembelajaran IPS khususnya materi Sejarah dapat lebih bermakna. Y1 - 2012/// TI - PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL BETAWI ID - repository17 SN - 978-979-17115-5-5 ER -