eprintid: 16969 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3859 dir: disk0/00/01/69/69 datestamp: 2022-09-07 03:34:18 lastmod: 2022-09-07 03:34:18 status_changed: 2022-09-07 03:34:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidayati, Nur Ridha title: Analisis Persepsi Pasien terhadap Pelayanan Berbasis Syariah di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi 2019 ispublished: pub subjects: RA0421 divisions: 13201 abstract: Rumah sakit syariah adalah rumah sakit yang keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip syariah. Penelitiam ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pasien terhadap pelayanan berbasis syariah di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan April-Agustus 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan disain cross sectional. Populasi penelitian ini menggunakan metode sampling kuota dengan jumlah 150 responden dengan sampel 80 pasien rawat jalan dan 70 pasien rawat inap. Hasil penelitian menunjukkan 89 responden (59,3%) memiliki persepsi baik terhadap pelayanan syariah, hasil bivariat menunjukkan adanya hubungan bermakna antara minat (Pvalue 0,002) dengan persepsi pasien terhadap pelayanan syariah, lingkungan sosial (Pvalue 0,036) dengan persepsi pasien terhadap pelayanan syariah. Sedangkan, variabel yang tidak ada adalah karakteristik jenis kelamin (Pvalue 0,618), usia (Pvalue 0,938), pendidikan (Pvalue 0,414), pekerjaan (Pvalue 0,399), dan pengetahuan agama (Pvalue 0,632) dengan persepsi pasien terhadap pelayanan syariah. Berdasarkan hasil penelitian, menyarankan RSIJ Pondok Kopi menjadikan hasil penelitian ini sebagai evidence base untuk menjadikan rumah sakit islam sebagai rumah sakit terakreditasi syariah. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdalloh, I. (2018). Pasar Modal Syariah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Abdurrouf, M., & Rosalia, C. (2018). Pelayanan Syariah dalam Bidang Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah sakit. Unissula Press , 30. Afifah, K. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Puskesmas Cangkringan Sleman. Jurnal Kesehatan , 41. Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama. Akdon, &. R. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statiska Cetakan kedua. Jakarta: Alfabeta. Akhmad, A. D., Satibi, & Puspandari, D. A. (2015). Analisis Persepsi dan Faktor yang Mempengaruhi Persepsi terhadap Penerapan dan Sistem Pembiayaan JKN pada Fasilitas Kesehatan Penunjang di Yigyakarta. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi , 4. Alamsyah. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pasien dalam Pemanfaatan Layanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Hasanudin. 10. Aminatuzzahroh, S. (2014). Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Poncol Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat , 19. Aminudin, M., & Susanto. (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pasien dalam Memanfaatkan Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nanggulan. Jurnal Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , 11. Ancok, D. (2008). Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Anggraheni, N. V. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Masyarakat Untuk Memilih Jasa Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Simo Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta . Archiliandi. (2016). Gambaran Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Care oleh Perawat Kepada Pasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul. Naskah Publikasi FKIK UMY . Ariadi, H. (2007). Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan Dokter ditinjau dari Karakteristik dan Mutu Pelayanan Dokter di Instalasi Rawat Jalan RSI Sunan Kudus. Jurnal Keperawatan , 33. Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. Jurnal Universitas Negeri Semarang , 71. Barus, H. B., Andayani, L. S., & Syahrial, E. (2013). Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Perawat di Rumah Sakit Imelda. Jurnal Keperawatan , 1. Bauk, I., Kadir, A. R., & Saleh, A. (2013). Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kualitas Pelayanan: Persepsi Pasien Pelayanan Rawat Inap RSUD Majene. Jurnal Ekonomi , 7. Biron, S. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. 6-12. Chairul Munadi, M. I. (2017). Pengaruh Pemilihan Lokasi terhadap Minat Konsumen Membeli Perumahan. JOM FISIP , 2-3. Desyanti Marbun, B. S. (2015). ANALISIS PERSEPSI, SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN. Agrisep , 220. Devi, Cintya, N. L., & Listyowati, R. (2013). Hubungan Persepsi Pengguna Layanan Tentang Mutu Pelayanan Unit Rawat Inap (VIP) Gryatama dengan Minat Pemanfaatan Ulang di BRSU Tabanan. Direksi Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. (2018, Juli Selasa). Retrieved April Jumat, 2019, from Rumah Sakit Islam: https://rumahsakitislam.com/tentang-kami/direksi Effendi, R. M. (2008). Hubungan Religiusitas Dengan Perilaku Agresi Remaja Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negri Batu. Universitas Islam Negri, Malang . Ekayanti, E., Pasinringi, S. A., & Kapalawi, I. (2013). Pengaruh Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan Terhadap Image di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Masyarakat , 2. Fauzian, R. A. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan denganPerilaku Memeriksakan Diri Ke Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Dr. Kariadi. Jurnal Kedokteran Diponegoro , 21. Fidyawati, L., Herawati, Y. T., & Witcahyo, E. (2015). Hubungan antara Persepsi Mutu Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang di Instalasi Rawat Jalan RSD Balung Kabupaten Jember. Giwang, Y. R. (2017). Persepsi Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD Rokan Hulu Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. JOM FISIP . Henny, S. (2016). Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang di Klinik SpOG Rumah Sakit dr. Pringadi Medan . Karyati, S. B. (2008). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Semarang. Jurnal Keperawatan , 37. Linda Fidyawati, Yennike Tri Herawati, Eri Witcahyo. (2015). Hubungan antara Persepsi Mutu Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang di Instalasi Rawat Jalan RSD Balung Kabupaten Jember. Maghfiroh, S. (2018). Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung di Bank Syari'ah Pada Santri Pesantren Mahasiswa Darush Shalihat. Oroh, M. E. (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Jurnal Keperawatan , 12. Pabuti, A. (2018). Analisis Hubungan Pengetahuan dan Persepsi Pasien dengan Partisipasi Pasien di Instalasi Paviliun Ambun Pagi RSUP DR. M. Djamil Padang. Jurnal Fakultas Kesehatan Andalas , 30. Rafidah. (2014). Kualitas Pelayanan Islami pada Rumah Sakit Syariah. Nalar Fiqh , 113. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. Syauqi, A. (1996). Nilai Kesehatan Syariat Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Tafsir Learn. (2015, Oktober 14). Retrieved Januari 30, 2019, from Tafsir Learn Quran: https://tafsir.learn-quran.co/id/surat-7-al-araf/ayat-52 Thaha, D. (2013). Gambaran Persepsi Pasien Rawat Inap terhadap Hospitality di Rumah Sakit Universitas Hasanudin Makasar. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan , 21. Trimurthy, I. (2008). Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Semarang. Universitas Diponegoro Semarang . Ujang, S. (2008). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Utama. citation: Hidayati, Nur Ridha (2019) Analisis Persepsi Pasien terhadap Pelayanan Berbasis Syariah di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16969/1/FIKES_KESMAS_1505015098_NUR%20RIDHA%20HIDAYATI.pdf