eprintid: 16952 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3859 dir: disk0/00/01/69/52 datestamp: 2022-09-06 03:31:19 lastmod: 2022-09-06 03:31:19 status_changed: 2022-09-06 03:31:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amukti, Hikmah Hayuning title: Hubungan Kualitas Pelayanan Berbasis Syariah dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2019 ispublished: pub subjects: RA0421 divisions: 13201 abstract: Loyalitas pasien adalah suatu sikap pasien yang menggambarkan suatu kesetiannya terhadap jasa pelayanan untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan secara terus-menerus. Kualitas jasa yang dihasilkan rumah sakit akan berpengaruh terhadap pelanggan dan peningkatan kualitas jasa, hal tersebut memberikan dorongan untuk menerapkan pelayanan dengan prinsip-prinsip syariah untuk menyejahterakan setiap individu dan hal tindakan sosial demi menunjang pelayanan guna meningkatkan kepuasan pasien dan membangun kesetiannya hingga terbentuk pasien yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kualitas pelayanan berbasis syariah dengan loyalitas pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Data didapatkan melalui data primer dan dikumpulkan dengan wawancara melalui kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Pengambilan sampel dengan cara teknik Accidental Sampling dengan total sampel sebanyak 118 pasien. Hasil univariat menunjukkan responden dengan kelompok baik yaitu kategori Rabbaniyyah (62,7%), Akhlaqiyyah (64,4%), Waqiyyah (60,2%), Insaniyyah (71,2%). Hasil bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan loyalitas pasien yaitu variable kategori Rabbaniyyah, Akhlaqiyyah, Waqiyyah, Insaniyyah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada rumah sakit supaya lebih meningkatkan kualitas pelayanan berbasis syariah untuk memberikan persepsi menjadi lebih baik lagi dengan nilai-nilai islami bagi pasien untuk lebih meningkatkan loyalitas pasien dalam menggunakan jasa kesehatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdurrouf M, Sari DWP. (2017). “Model Loyalitas Pasien Berbasis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Islam Di Semarang Tahun 2017”. 'Jurnal Kesehatan Vol. VIII, No. 3, 435-440. Andespa R. (2011). “Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dengan Desain Produk Harapan Pelanggan”. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau. Assegaf M. (2009). “Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda Di Kota Semarang)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 10. No. 2. Juli. Hal 171-186. Unisulla Semarang. Semarang. Baloglu S.(2002). Dimensions of Customer Loyality: European Journal of Marketing. Cornell University. Berlianty, Alwy, Nurhayani. (2013). Analisis Loyalitas Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Mappa Oudang Kota Makassar Tahun 2013. Jurnal. Makassar : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Departemen Agama Republik Indonesia, al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: Syaamil al-Qur’an, 2007). Fattah A. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Sitti Khadijah Makassar Tahun 2016. Skripsi. Makassar. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Fitri A, Najmah AA (2014). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal. Indralaya : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijay. Fuad. (2017). “Pengaruh pelayanan islami terhadap kepuasan pasien di rumah sakit umum daerah (RSUD) Meuraxa kota Banda Aceh”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri ArRaniry Banda Aceh. Gunawan K, Djati SP. (2011) Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja-Bali. Jurnal. Singaraja : Fakultas Ekonomi Universitas Panji Sakti Singaraja. Hafid HP. (2016). Pengaruh Pelayanan Dengan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Pasien Pada RS Ibnu Sina Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Hamid, A. (2007). Buku Ajar Riset Keperawatan: Konsep, Etika & Instrumentasi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC. Hapsah A. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Nunukan Kalimantan Utara Periode BPJS Tahun 2016. Program Pasca Sarjana, Universitas Terbuka. Hidayah NM, Hamzah A, Darmawansyah. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap RSUD Toto Kabila Gorontalo. Jurnal. Makassar : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Hidayah N. (2013). Manajemen Ruang Rawat Inap. Makassar: Alauddin University Press. Hidayat, A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data . Jakarta: Salemba Medika. Huriyati, Ratih. (2015). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung : ALFABETA Jasfar F. (2009). "Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia Jeanasis N. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Melalui Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas (Studi Pada Rumah Sakit Bmc Padang). Skripsi Fakultas Ekonomi. Padang: Universitas Andalas. Kementerian Kesehatan RI (2009). UU RI No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta Kementerian Kesehatan RI (2009). UU RI No 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta Kotler. (2009). "Manajemen Pemasaran". Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Lapau B. (2012). Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Latifah Y. (2011), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama Demak, Skripsi sarjana. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Lovelock, Christopher. et all. (2010). Pemasaran Jasa, Edisi 7, Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Mukisi. (2017). Retrieved Januari. Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia. Muninjaya. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta:EGC. Notoatmodjo, PS. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika. Parasuraman, A, Valarie AZ, Leornard LB. (1990). Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectation. The Free Press. Parasuraman, A, Zeithmal, Berry LL. (2005) Servuqual: Review Critique Research Agenda. Journal of Marketing. Prastiwi, EN, Ayubi. (2008). Hubungan Kepuasan Pasien Bayar dengan Minat Kunjungan Ulang di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi. Makara Kesehatan. Rekam Medis Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang (2015). Riduan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta. Riwidikdo, H. (2013). Statistik untuk Penelitian Kesehatan dengan Aplikasi Program R dan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Rihama. Saputra DI. (2016). Hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di unit rawat inap Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Skripsi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul. Saragih R, Arlina NL. Raras S (2010). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal. Medan : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Sri W. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehtan Dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di RSUD Kota Makassar. Skripsi. FKM Universitas Hasanuddin. Makassar. Sunyoto, D. (2012). Uji Validitas dan Reliabilitas Asumsi Klasik untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. Supriyanto S, Ernawati (2011). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Jakata: Andi Publisher Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V. (2015). Statistik untuk Kesehatan. Yogyakarta: Gava Media. Sulni, Yuyun A, Darmawansyah I. (2013), Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Loyalitas Pasien di Puskesmas Baranti Kabupaten Sidrap Tahun 2013. Jurnal. Makassar : Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin. Sumarwan U, Puspitawati H, Hariadi A. (2011). Riset Pemasaran dan Konsumen, IPB Press. Bogor Sumantri A. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sunawi. (2012). Konsep Pelayanan Kesehatan Islami di Rumah Sakit; Tinjauan Aplikasi di Rumah Sakit Islam Surakarta. Naskah Publikasi. Surakarta: Program Pemikiran Islam Program Pascasarjana Universtas Muhammadiyyah Surakarta. Syakuro AA. (2010). Pengaruh Peningkatan Pelayanan Dengan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Rumah Sakit Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan.Skripsi. Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Walisingo. Tjiptono F. (1996). Strategi Bisnis dan Manajemen . Yogyakarta: Andi Offset. Tjiptono F. (2007). Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi. Tjiptono F (2008). Pemasaran Jasa Edisi Ketiga. Yogyakrta: CV Andi Offset. Tjiptono F. (2009). Service Marketting: Esensi dan Aplikasi. Jogjakarta: Marknesis. Tjiptono F. (2014). Pemasaran jasa prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta : Andi Publisher Tjiptono F. (2017). Service Management-Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi. Wasis. (2008). Pedoman Riset Praktis untuk Profesi Perawat. Jakarta: EGC. Winarsih A, Septi, Ratminto. (2012). Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar. Yogyakarta. Wu, C (2010). The Study of ServiceGaps In The Hospital. Northeast Decision Sciences Institute Proceding, 27-32. Yuandari E, Rahman RTA. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Bogor: IN MEDIA. Yuni T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Meloy Di Sangatta. eJurnal Administrasi Bisnis 5 (4) : 1156-1166. Zeithaml, Parasuraman, Leonard LB. (1990). Delivering Quality Services. New York : Free Press. citation: Amukti, Hikmah Hayuning (2019) Hubungan Kualitas Pelayanan Berbasis Syariah dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16952/1/FIKES_KESMAS_1505015060_HIKMAH%20HAYUNING%20AMUKTI.pdf