eprintid: 16882 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3859 dir: disk0/00/01/68/82 datestamp: 2022-08-29 07:46:54 lastmod: 2022-08-29 07:46:54 status_changed: 2022-08-29 07:46:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azzahra, Fithria title: Gambaran Mutu Pelayanan Antenatal di Puskesmas Kebon Jeruk Tahun 2018 ispublished: pub subjects: RA0421 divisions: 13201 abstract: Prioritas utama dalam pembangunan kesehatan di Indonesia salah satunya adalah kesehatan ibu dan anak dengan program pelayanan antenatal. Pelayanan antenatal merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan yang profesional untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan antenatal di Puskesmas Kebon Jeruk. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methode, yaitu data kualitatif yang didukung data kuantitatif. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang terdiri dari 2 bidan, 1 Kepala Puskesmas, dan 1 Kepala Satuan Pelaksana UKP. Sampel penelitian ini adalah 51 orang ibu hamil yang mengakses pelayanan antenatal di Puskesmas Kebon Jeruk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bidan, sarana dan prasarana serta peralatan sudah memenuhi standar pelayanan antenatal. Proses pelayanan antenatal di Puskesmas Kebon Jeruk belum memenuhi standar karena bidan tidak melakukan pengukuran suhu tubuh pada ibu hamil trimester pertama, kedua, dan ketiga. Kelengkapan pemberian materi KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) tidak sepenuhnya diberikan. Kepuasan ibu hamil pada trimester pertama 6 responden (25%) merasa puas, trimester kedua 5 responden (25%) merasa puas dan trimester ketiga 3 responden (43%) merasa puas. Kualitas pelayanan antenatal masih belum memenuhi standar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan antenatal. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Putera Aksara. Budiastuti. (2002). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Trans Info Media. Kemenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan No 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta. Kemenkes, R. (2016). Permenkes No 43. Jakarta. Marniyati, L., Saleh, I., & Soebyakto, B. B. (Januari 2016). Pelayanan Antenatal Berkualitas dalam Meningkatkan Deteksi Resiko Tinggi pada Ibu Hamil oleh Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sako, Sosial, Sei Baung dan Sei Selincah di Kota Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 355-362. Maternal Health and Safe Motherhood Programes WHO. (n.d.). Mother-Baby Package: Implementing safe motherhood in countries, World Helath Organization. Mikrajab, M. A., & Rachmawati, T. (2016). Analisis Kebijakan Implementasi Antenatal Care Terpadu Puskesmas Di Kota Blitar. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan - Vol. 19 No. 1. Organization, W. H. (2016). Standards for Improving Quality of Maternal And Newborn Care In Health Facilities. 16. Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu. (2010). Jakarta. Puas, R. D. (2012). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Instalasi Rawat Inap RSUD Daya Makasar. Volume 1 nomo 1. ISSN: 2302-2531. Sugiyono. (2014). metode penelitian kombinasi (mixed methode). bandung: alfabeta. Supriyanto. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan . Surabaya: Health Advocacy. Tulangow , J. T., Rattu, A., & Mandey, S. L. (April 2015). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. JIKMU, Vol.5, No. 2a. UNDIP, F. (2014). Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Antenatal Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 277. WHO. (2016). WHO Recommendations on Antenatal Care for Positive Pregnancy Experience. Antenatal Care. WHO, M. H. (1996). Mother-Baby Package. Impementing Safe Motherhood In Countries, World Health Organization. Bibliography Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu. (2010). Jakarta. Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Putera Aksara. Budiastuti. (2002). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Trans Info Media. Kemenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan No 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta. Kemenkes, R. (2016). Permenkes No 43. Jakarta. Marniyati, L., Saleh, I., & Soebyakto, B. B. (Januari 2016). Pelayanan Antenatal Berkualitas dalam Meningkatkan Deteksi Resiko Tinggi pada Ibu Hamil oleh Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sako, Sosial, Sei Baung dan Sei Selincah di Kota Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 355-362. Maternal Health and Safe Motherhood Programes WHO. (n.d.). Mother-Baby Package: Implementing safe motherhood in countries, World Helath Organization. Mikrajab, M. A., & Rachmawati, T. (2016). Analisis Kebijakan Implementasi Antenatal Care Terpadu Puskesmas Di Kota Blitar. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan - Vol. 19 No. 1. Organization, W. H. (2016). Standards for Improving Quality of Maternal And Newborn Care In Health Facilities. 16. Puas, R. D. (2012). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Instalasi Rawat Inap RSUD Daya Makasar. Volume 1 nomo 1. ISSN: 2302-2531. Sugiyono. (2014). metode penelitian kombinasi (mixed methode). bandung: alfabeta. Supriyanto. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan . Surabaya: Health Advocacy. Tulangow , J. T., Rattu, A., & Mandey, S. L. (April 2015). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. JIKMU, Vol.5, No. 2a. UNDIP, F. (2014). Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Antenatal Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 277. WHO. (2016). WHO Recommendations on Antenatal Care for Positive Pregnancy Experience. Antenatal Care. WHO, M. H. (1996). Mother-Baby Package. Impementing Safe Motherhood In Countries, World Health Organization. Winarni. (2014). Kepuasan Ibu Hamil terhadap Pelayanan Antenatal Care (ANC) Oleh Bidan Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan. Gaster. citation: Azzahra, Fithria (2018) Gambaran Mutu Pelayanan Antenatal di Puskesmas Kebon Jeruk Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16882/1/FIKES_KESMAS_1405015174_FITHRIA%20AZZAHRA.pdf