eprintid: 16474 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3859 dir: disk0/00/01/64/74 datestamp: 2022-08-09 07:48:05 lastmod: 2022-08-09 07:48:05 status_changed: 2022-08-09 07:48:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Rika Purnama title: Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Berdasarkan Mutu Pelayanan Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhakti Asih Tangerang Tahun 2018 ispublished: pub subjects: RA0421 divisions: 13201 abstract: Kepuasan pasien BPJS maupun Non BPJS dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting dari mutu pelayanan serta berhubungan dengan prioritas peningkatan pelayanan kesehatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Bhakti Asih pada bulan Juli Tahun 2018. Sampel dalam penelitian yaitu pasien BPJS dan Non BPJS dengan total sampel 120 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner harapan dan penilaian kenerja Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis univariat, analisis diagram kartesius dan analisis bivariat. Hasil univariat menunjukkan rata-rata tingkat kepuasan pada pasien BPJS (94,1%) lebih besar dibandingkan dengan rata-rata tingkat kepuasan pada pasien non BPJS (93,9%). Hasil analisis diagram kartesius menunjukkan bahwa posisi kuadran a atau kuadran yang menjadi prioritas perbaikan mutu pelayanan menurut pasien BPJS dan non BPJS terdapat 9 atribut. Hasil uji ststistik independent t test hanya terdapat perbedaan yang signifikan antara pasien BPJS dan non BPJS pada variabel harapan jaminan (Pvalue 0,026). Peneliti merekomendasikan Rumah Sakit untuk memprioritaskan dimensi fasilitas fisik sebagai faktor dominan dengan memperhatikan dimensi mutu lainnya yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Annisa, Z.O. (2016). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito Bantul. Skripsi: Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Achmad, Y. (2013). Gambaran Kepuasan Pada Pelayanan Rawat Jalan Di Kota Tangerang Tahun 2013. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Arief, B. M. (2015). Sistem Jaminan Sosial Nasional Program Jaminan Kesehatan BPJS Kesehatan. Grup Pemasaran BPJS Kesehatan Ariningtyas, Y. A. (2017). Perbandingan Kepusan Pasien terhadap Pelayanan Kebidanan pada Peserta BPJS dan Non BPJS. Tesis. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Anggraini, T. (2015). Perbandingan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Antara Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan Pasien Umum Di Puskesmas Parung Panjang Bogor Tahun 2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Azwar, A. (2010). Administrasi Kesehatan. Jakarta: Sinar Harapan. Budi, S. (2011). Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media. Bungin, B. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikatif Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana prenada media group. Bustami, (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Aspek Stabilitasnya. Jakarta: Erlangga Chairunnisa, M. P. (2017). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Islan Jakarta Sukapura (RSIJS) Tahun 2015. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, Vol. 13 No 1, Januari 2017. Dewi, dkk. (2016). The Difference of Satisfaction Level in BPJS Health Insurance Patient and Non Insurance Patient toward Health Service. International Journal of Public Health Science (IJPHS), Vol.5 No 1, March 2016. Fatima, D. (2015). Perbandingan Kepuasan Antara Pasien Askes dan Pasien JAMKESMAS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP DR.Kariadi Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro. Fenny, dkk. (2014). Pastient Satisfaction with Primary Health Care – A Comparison between the Insured and Non-Insured under the National Health Insurance Policy in Ghana. Global Journal of Health Science , Vol. 6 No 4, 2014. Hamidiyah, A, (2013). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjung Ulang Diklinik Umum Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Kota Tangerang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Handayani, I,. dan Rossiana, G., (2015). Akhir Tahun, Peserta BPJS Kesehatan jadi 168 Juta. Diakses dari http://www.beritasatu.com pada 18 Desember 2018. Husnati, dkk. (2016). Perbandingan Kepuasan Pasien Eks ASKES dan Non-ASKES di Puskesmas pada Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional. JSK, Vol 1, No 3 Imron, M (2010). Metodologi Penelitian Bidang Kesehata. Jakarta: Sagung seto Iztika, R. (2016). Tingkat Kualitas Pelayanan Obat Dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS dan Non BPJS Di RSU PKU Muhammadiyah Gampang. Thesis: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kementerian Kesehatan RI. (2012). Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Machdum, S. V. (2013). Jaminan Sosial di Indonesia. P3DI. Maslina, V. H. (2011). Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di RS. Zahirah Jakarta. Skripsi. Depok: FKMUI. Muninjaya, G. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC. Depkes, (2008). Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 129/MENKES/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. Musdalifah, dkk (2016). Analisis Perbedaan Kepuasan Pasien JKN Dan Umum DI RSUD Bantaeng Tahun 2015. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Vol. 05, No 1. Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Pertiwi, A. A.N. (2016). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan pada Pasien BPJS dan Pasien Umum terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 18, No 2. Pohan, I. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC. Prdita, dkk. (2013). Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah DR. Soediran Mangun Soemarso Wonogiri Tahun 2013. Jurnal Rekam Medis, ISSN 1979-9551, Vol. VI. No 1, Maret 2013, Hal 90-101. Rahmayanty, N. (2013). Manajemen Pelayanan Prima Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Logality). Yogyakarta: Graha Ilmu. Ratnaningsih, dkk. (2013). Jaminan Sosial Di Indonesia. Jakarta: Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3D1) Sekretariat Jenderal DPR Republik Indonesia. Riska, D.S. (2016). Perbedaan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pasien Pengguna BPJS Dan Non BPJS Di RSUD I.A. Moeis Samarinda. eJournal Administrasi Negara, Vol. 4, No 1 Sabarguna, B. (2008). Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: CV. Sagung Seto. Saifuddin, A. B. (2016). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prowihardjo. Sampeluna, dkk. (2013). Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja. Jurnal AKK, Vol 2 No 3, September 2013, hal 22-28. Sari, P. Ambar. (2015). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dengan Pasien Umum RSUD DR. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Satrianegara, dkk. (2015). Gambaran Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) pada Pasien Rawat Inap di Puskesmas Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar 2015. Public Health Science Journal, Vol 7, No2, Juli-Desember 2015. Siregar, S. (2014). Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sondari, Aer. (2015). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Rumah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Brebes Tahun 2015. Universitas Negri Semarang. Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulistyorini, Purwanta. (2011). Pemanfaatan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pemerintah dan Swasta di Kabupaten Sleman. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Vol. 5, No 4, Februari 2011. Sumarni, Dede. (2017). Kepuasan BPJS di Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Waktu Tunggu Penyediaan Berkas Rekam Medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta Tahun 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jendderal Achmad Yani. Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta. Undang-Undang Republik Indonesia. No 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Retrieved from https://bpjs-kesehatan.go.id Diakses Pada 7 Januari 2018 Pukul 23.16 WIB Uyanto, Stanislaus. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu. ____Nomor 40 tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Yuliadi, Erlan. (2012). Perbedaan Tingkat Kepuasan terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Antara Pasien Pengguna Jamkesmas dan Pasien Umum Di RSUD Wates Kulon Progo. citation: Sari, Rika Purnama (2018) Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS Berdasarkan Mutu Pelayanan Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhakti Asih Tangerang Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16474/1/FIKES_KESMAS_1405015127_RIKA%20PURNAMA%20SARI.pdf