%A Eva Nurhayati %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Qualitas Andalan Bersama (QGolf). Dalam penelitian ini digunakan metode survei. Variabel yang diteliti adalah “Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan” sebagai variabel Independen dan “Loyalitas Pelanggan” sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah member QGolf. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kausatif. Jumlah Sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 responden. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel Kepuasan Pelanggan 0,001< 0,05 dan nilai thitung 3,516> ttabel 1,988 dari ketentuan df= n – k atau df= 87 – 3= 84 maka diperoleh ttabel 1,988 dan hubungannya adalah positif. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel Kepuasan Pelanggan 0,000< 0,05 dan nilai thitung 4,073> ttabel 1,988 dari ketentuan df= n – k atau df= 87 – 3= 84 maka diperoleh ttabel 1,988 dan hubungannya adalah positif. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Hasil ini dapat dilihat dari hasil uji F dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel (15.090> 3,10) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Kemudian besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,247, artinya 24,7% variabel Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan. %L repository16471 %D 2018 %T Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Qualitas Andalan Bersama (QGolf)