eprintid: 16438 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/64/38 datestamp: 2022-08-09 02:22:52 lastmod: 2022-08-09 02:23:55 status_changed: 2022-08-09 02:22:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Subrata, Bebby Bimantara title: Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Intangible Assets, dan Tunneling Incentive pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018 ispublished: unpub subjects: HD28 subjects: HG subjects: HJ divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pajak, mekanisme bonus, intangible assets, dan tunneling incentive pada keputusan transfer pricing perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel dalam penelitian ini adalah pajak (X1), mekanisme bonus (X2), intangible assets (X3), tunneling incentive (X4) dan transfer pricing (Y). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 9 (sembilan) perusahaan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu menelusuri laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi tahun 2014-2018 melalui situs BEI (www.idx.co.id). Data diolah dengan menggunakan analisis akuntansi, analisis deskriptif, analisis regresi logistik, uji kelayakan model regresi, uji keseluruhan model regresi, uji koefisien determinasi model, dan omnibus test of model coefficient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap Transfer Pricing, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi Kompensasi Bonus 0,041 < 0,05. Mekanisme Bonus tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Transfer Pricing, hal ini dibuktikan dengan nilaisignifikansi Kompensasi Bonus 0,694 < 0,05. Intangible Assets berpengaruh secara signifikan terhadap Transfer Pricing, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi Kompensasi Bonus 0,035 < 0,05. Tunneling Incentive tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Transfer Pricing, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi Kompensasi Bonus 0,999 < 0,05. Hasil nilai Chisquare menunjukkan bahwa secara simultan variabel pajak, mekanisme bonus, intangible assets, dan tunneling incentive berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,750 hal ini berarti pajak, mekanisme bonus, intangible assets, dan tunneling incentive menjelaskan 75% sedangkan sisanya 25% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti tingkat profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lainnya dan menggunakan sampel perusahaan lebih banyak sehingga memungkinkan hasilnya lebih baik dari penelitian ini dan memperoleh hasil yang lebih maksimal. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 32 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andraeni, S. S. (2017). Pengaruh Exchange Rate, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Andriyani, R., & Mudjiyanti, R. (2017). Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Leverage, Jumlah Dewan Komisaris Independen Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pengungkapan Internet Financial Reporting (IFR) Di Bursa Efek Indonesia. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 15(1). Brundy, E. P., Siswantaya, G., & Pratama, E. (2014). Pengaruh Mekanisme Pengawasan Terhadap Aktivitas Tunneling. Skripsi, Universitas Atma Jaya. Butar, S. B. (2014). Implikasi Regulasi Pasar Modal Terhadap Motif Manajemen Laba: Pengujian Berbasis Teori Pensinyalan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 11(1), 99-119. Carp, M., & Mironiuc, M. (2015). The Impact Of Reported Financial Information On The Transfer Prices Of Securities. Comparative empirical study. Procedia economics and finance, 23, 1426-1433. Chong, V. K., Loy, C. Y., Masschelein, S., & Woodliff, D. R. (2018). The Effect Of Performance Evaluation Schemes On Predicted Transfer Prices: Do Leadership Tone And Perceived Fairness Concerns Matter?. Management Accounting Research, 41, 11-19. Deanti, L. R. (2017). Pengaruh Pajak, Intangible Assets, Leverage, Profitabilitas, Dan Tunelling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Multinasional Indonesia (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Estiyanti, N. M., & Yasa, G. W. (2012). Pengaruh Faktor Keuangan Dan Non Keuangan Pada Peringkat Obligasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Universitas Udayana. F., Mayowan, Y, Dwi Noviastika., & Karjo, S. (2016). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Yang Berkaitan Dengan Perusahaan Asing). Jurnal Perpajakan (JEJAK)| Vol, 8(1). Gayatrie, C. R. (2014). Skema Bonus dalam Keputusan Akuntansi Manajer. JABPI Politeknik Negeri Semarang, 22 (2). Ghozali, I. & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0. Edisi 2. Universitas Diponegoro: Partial Least Squares Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Handoko, M., & Fuad, F. (2013). Anteseden dan konsekuensi Tingkat Pengungkapan Informasi Keuangan berbasis internet: Peran Moderasi Kinerja Keuangan (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Hanifah, O. E., & Purwanto, A. (2013). Pengaruh Struktur Corporate Governance Dan Financial Indicators Terhadap Kondisi Financial Distress. Diponegoro Journal of Accounting, 648-662. Harmawan, D. (2013). Pengaruh Karakteristik Komite Audit, Ukuran Dewan, dan Struktur Kepemilikan terhadap Financial Distress (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Hartati, W. (2014). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Simposium Nasional. Universitas Riau. dapat diakses melalui: www. lib. ibs. ac. id (diakses pada 18 Juli 2016). Hartati, W., & Azlina, D. (2014). Analisis Pengaruh Pajak dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi. Hery. & Lekok. (2015). Akuntansi Keuangan Menengah 2. Jakarta: Bumi Aksara. Horngren, C. T., Datar, S. M., & Foster, G. (2015). Akuntansi Biaya: Dengan Penekanan Manajerial. Jakarta: Erlangga Hussein, M. E., Kraten, M., Seow, G. S., & Tam, K. (2017). Influences of Culture on Transfer Price Negotiation. The International Journal of Accounting, 52(3), 227-237. Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak, Tunnneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yangTerdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 3(2), 63-77. Khotimah, S. K. (2019). Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Dalam Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). JURNAL EKOBIS DEWANTARA, 1(12), 125-138. Kurniawan, A. M. (2015). Transfer Pricing Untuk Kepentingan Pajak. Yogyakarta: Penerbit Andi. Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Terbaru 2018. Yogyakarta: Penerbit Andi. Marfuah, M., & Azizah, A. P. N. (2014). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan. Indonesian Journal of Accounting and Auditing, 18(2), 156-165. Mispiyanti. (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 16 (1). Nugraha, A. K. (2016). Analisis Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG). Nurhayati, I. D. (2013). Evaluasi Atas Perlakuan Perpajakan Terhadap Transaksi Transfer Pricing Pada Perusahaan Multinasional Di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(1). Nurjanah, I., Isnawati, A. G. S., & Sondakh, A. G. (2015). Faktor Determinan Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Universitas Lambung Mangkurat. Ohnuma, H., & Kato, K. (2015). Empirical examination of market reaction to transfer pricing taxation announcement in press: A Japanese perspective. Journal of Modern Accounting and Auditing, 11(1), 10-26. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2011. Perubahan atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-43/PJ/2010 Tentang Penerapan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha dalam Transaksi antara Wajib Pajak dengan Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa. Jakarta. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 19 Tahun (Revisi 2018) tentang Aset tak berwujud. Pramana, A. H., & LAKSITO, H. (2014). Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling Incentive, dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Pratiwi, B. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Dan Leverage Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). JURNAL EKOBIS DEWANTARA, 1(2), 1-13. Pride, M., W., & Ferrell, O., C., (2014). Pemasaran: Teori dan Praktek (Daniel Wijaya Penerjemah). Jakarta: Binarupa Aksara Rahmawati, E. Y. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Perusahaan Sektor Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013-2016). (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Refgia, T., Ratnawati, V., & Rusli, R. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing (Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Listing di Bei Tahun 2011-2014). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 543-555. Resmi, S. (2019). Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat. Saifudin, S., & Putri, S. (2018). Determinasi Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive terhadap Keputusan Transfer Pricing pada Emiten BEI. Agregat: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 32-43. Saraswati, R. S., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi, 1000-1029. Septarini, N. (2012). Regulasi Dan Praktik Transfer Pricing Di Indonesia Dan Negara Maju. Jurnal Akuntansi Unesa, 1(1). Suandy, E. (2016). Perencanaan Pajak. Edisi 6. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Wafiroh, N. L., & Hapsari, N. N. (2016). Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 6(2), 157-168. Yuniasih, N. W., Rasmini, N. K., & Wirakusuma, M. G. (2012). Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin. Yuniasih, N. W., Rasmini, N. K., & Wirakusuma, M. G. (2017). Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin. Yustisia, D. (2019) Transfer Pricing; Begini Update Kasus Transfer Pricing Coca-Cola. Diakses dari; https://news.ddtc.co.id/begini-update-kasus-transfer-pricing-coca-cola--15821 pada tanggal 28 September 2019. citation: Subrata, Bebby Bimantara (2020) Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Intangible Assets, dan Tunneling Incentive pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16438/2/FEB_AKT_1602019010_BEBBY%20BIMANTARA%20SUBRATA.pdf