@unpublished{repository16427, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA}, year = {2019}, title = {Pengaruh Ukuran Perusahaan, Nilai Persediaan dan Profit Margin terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018}, note = {Unpublished}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Nilai Persediaan, Profit Margin dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu berupa Laporan Posisi Keuangan, dan Laporan Rasio Keuangan yang diperoleh dari website masing- masing perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Variabel X yang diteliti dalam penelitian ini adalah Ukuran Perusahaan, Nilai Persediaan, Profit Margin sedangkan variabel Y dalam penelitian ini adalah Nilai Perusahaan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis akuntansi, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi. Hasil dari pengolahan data menggunakan SPSS versi 21 dan diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = -27.972 -3.967X1 + 29.656X2 + 0.023X3 yang telah diuji kelayakan asumsi normalitas terdistribusi normal serta tidak terjadi heteroskedasitas, tidak terjadi multikolinearitas dan tidak terjadi autokorelasi positif maupun negatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan signifikansi yang lebih besar dari 0.05 (0.037 {\ensuremath{<}} 0.05) dengan nilai thitung {\ensuremath{<}} ttabel (thitung -3,893 {\ensuremath{>}} ttabel 2,035). Nilai Persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan yang lebih kecil dari 0.05 (0.048 {\ensuremath{<}} 0.05) dengan nilaithitung {\ensuremath{>}} ttabel (thitung 2,768 {\ensuremath{>}} ttabel 2,035). Profit Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan yang lebih kecil dari 0.05 (0.021 {\ensuremath{<}} 0.05) dengan nilai thitung {\ensuremath{>}} ttabel (thitung 2,598 {\ensuremath{>}} ttabel 2,035). Pengujian secara simultan menunjukkan hasil Ukuran Perusahaan, Nilai Persediaan dan Profit Margin secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan hasil uji F dimana Fhitung 17,83 dan Ftabel 3.28 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05. Berdasarkan uji autokorelasi, nilai Adjusted R Square sebesar 0.554 hal ini berarti variabel Ukuran Perusahaan, Nilai Persediaan dan Profit Margin menjelaskan 55.4\% Nilai Perusahaan sedangkan sisanya 44.6\% dijelaskan oleh variabel lain seperti profitabilitas, arus biaya persediaan, gross profit margin (GPM). Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen lainnya seperti profitabilitas, arus biaya persediaan, gross profit margin (GPM). Dengan tujuan dapat memperoleh hasil yang telah bervariasi sehingga dapat menggambarkan apa saja yang dapat mempengaruhi Nilai Perusahaan.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16427/}, author = {Putri, Winda Rizkya Ananda} }