eprintid: 16381 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1938 dir: disk0/00/01/63/81 datestamp: 2022-08-08 07:39:05 lastmod: 2022-08-08 07:39:05 status_changed: 2022-08-08 07:39:05 type: article metadata_visibility: show creators_name: Soebagyo, Joko creators_id: joko_soebagyo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1629-4643 title: Strategi Siswa dan Langkah Polya dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS ispublished: pub subjects: QA divisions: 84102 abstract: Penelitian ini di latar belakangi dengan studi literatur menggunakan VOSviewer yang menunjukan tentang keterkaitan antara topik “Strategi” dan “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”, observasi pendahuluan, serta wawancara mengenai strategi siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti menyimpulkan bahwa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai strategi serta langkah-langkah Polya yang digunakan sisiwa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengungkapkan strategi siswa dalam menyelesaikan masalah matematis berbasis HOTS sekaligus langkah-langkah penyelesaian siswa sesuai dengan langkah penyelesaian masalah Polya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. 39 siswa berkontribusi sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dalam bentuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menemukan fakta bahwa ditemukan dua strategi penyelesaian masalah matematika yaitu strategi working backwards dan intelligent guessing and testing pada lembar jawaban siswa kelas XI. Dalam menyelesaikan masalah, ada siswa yang menerapkan tiga, dua, dan satu langkah Polya yaitu langkah memahami masalah, membuat perencanaan penyelesaian, serta melakukan rencana penyelesaian. Langkah-langkah ini dilakukan siswa secara natural karena dalam pembelajaran siswa tidak selalu menggunakan langkah Polya. date: 2022-06-08 date_type: published publisher: Universitas Cokroaminoto Palopo official_url: https://e-journal.my.id/proximal/article/view/1852 full_text_status: public publication: Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika volume: 5 number: 2 pagerange: 77-86 refereed: TRUE issn: 2615-766 referencetext: Andayani, F., & Lathifah, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78 Ayuningrum, D. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 27–34. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6851 Bradshaw, Z., & Hazell, A. (2017). Developing problem-solving skills in mathematics: a lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 32–44. https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2016-0032 Bumrungpong, P., Chaiyasang, S., & Kunasaraphan, K. (2018). Enhancing Mathematical Achievement and Problem Solving Abilities of Grade 10 Students By Polya ’ S Four Steps and Schoenfeld ’ S Behavior Categories. Journal Of Industrial Education, 17(1), 184–191. Butterworth, J., & Thwaites, G. (2013). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving. In Cambridge University Press. Creswell, J. (2012). Educational Research (P. . Smith, C. Robb, M. Buchholtz, J. Sabella, & K. Mason (eds.); Fourth). Library of Congress Cataloging. Ernawati, & Sutiarso, S. (2020). Analysis of difficulties in solving mathematical problems categorized higher order thinking skills ( HOTS ) on the subject of rank and shape of the root according to polya stages Analysis of difficulties in solving mathematical problems categorized higher. Journal of Physics, 1563. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012041 Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104 Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148–161. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7157 Marlina, E., Putri, R., & Darmawijoyo. (2019). Developing Problem High Order Thinking Type Aplication Volume Cube and Cuboid ased Problem Based Learning for Secondary School. 4(1), 33–39. Marzano, R. J. (1984). The Theoretical Framework For An Instructional Model of Higher Order Thinking Skills. ERIC, 1–51. Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Rosyidah, A. N. K., & Nurmawanti, I. (2019). Problem-solving ability of primary school teachers based on Polya’s method in Mataram City. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 139–149. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.28686 Mulyono., & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. In Journal of Chemical Information and Modeling (Pertama, Vol. 53, Issue 9). Penerbit Gawe Buku. Polya, G. (1945). How to Solve It Mathematical Method. Posamentier, A. S., & Krulik, S. (1998). Problem-solving strategies for efficient and elegant solutions. Pratikno, H., & Retnowati, E. (2018). How Indonesian Students Use the Polya’s General Problem Solving Steps. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 8(1), 39–48. https://doi.org/10.46517/seamej.v8i1.62 Raco, R. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya (A. L (ed.)). PT Grasindo. Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya (Issue 8.5.2017). Richards, T. (2015). Problem-Solving : Best Strategies to Decision Making, Critical Thinking and Positive Thinking. Rowdlotul Jannah, R. N., & Wijayanti, P. (2021). Analisis Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.767 Siregar, B. H., Dewi, I., & Andriani, A. (2018). Error analysis of mathematics students who are taught by using the book of mathematics learning strategy in solving pedagogical problems based on Polya’s four-step approach. Journal of Physics: Conference Series, 970(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/970/1/012004 Soerjasih, I., Kinasih, S. E., Anggaunitakiranantika, & Haryono, T. J. S. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Antropologi SMA (Anggaunitakiranantika & S. E. Kinasih (eds.)). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Tan, D. A. (2018). Mathematical problem solving heuristics and solution strategies of senior high school students. International Journal of English and Education, 7(3), 1–17. https://www.researchgate.net/publication/326543518%0AMATHEMATICAL Tracy, S. J. (2013). Qualitative Research Methods: Collecting Evidence, Crafting Analysis, Communicating Impact. In Revija za sociologiju (Vol. 43, Issue 1). https://doi.org/10.5613/rzs.43.1.6 Vilianti, Y. C., Pratama, F. W., & Mampouw, H. L. (2018). Description of The Ability of Social Arithedical Stories by Study Problems by Students VIII SMP Reviewed from The Polya Stage. International Journal of Active Learning, 3(1), 23–32. Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144 citation: Soebagyo, Joko (2022) Strategi Siswa dan Langkah Polya dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5 (2). pp. 77-86. ISSN 2615-766 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16381/1/1852-Article%20Text-5383-1-10-20220708.pdf