eprintid: 16367 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/63/67 datestamp: 2022-08-06 04:09:33 lastmod: 2022-08-06 04:09:33 status_changed: 2022-08-06 04:09:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rachma, Aulia title: Pengaruh Faktor Eksternal dan Faktor Internal terhadap Minat Menabung Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA di Bank Syariah ispublished: unpub subjects: HD28 subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Produk, Promosi, Pelayanan, Bagi Hasil, Reputasi, Religiusitas, Lingkungan Sosial, Psikologi dan Pengetahuan terhadap Minat Menabung Mahasiswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah produk (X1), promosi (X2), pelayanan (X3), bagi hasil (X4), reputasi (X5), religiusitas (X6), lingkungan social (X7), psikologi (X8), pengetahuan (X9) terhadap minat menabung (Y). Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA yang menjadi nasabah di Bank Syariah. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel dengan metode teknik pengambilan data dengan kuesioner atau yang disebut dengan instrumen penelitian. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Statistics Versi 24 yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas, statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji ketetapan model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada faktor ekaternal yaitu produk (X1) dan promosi (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Hal ini terjadi karena produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah sesuai dengan kebutuhan kalangan mahasiswa. Dan strategi pemasaran yang biasa dilakukan oleh pihak bank kepada calon nasabahnya dapat mempengaruhi minat menabung di Bank Syariah. Sedangkanpelayanan (X3), bagi hasil (X4) dan reputasi (X5) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Sedangkan pada faktor internal variabel religiusitas (X6), lingkungan social (X7) dan pengetahuan (X9) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Karena religiusitas dan lingkungan sosial merupakan faktor pembentuk perilaku konsumen dalam memilih sesuatu. Dan semakin nasabah mengetahui tentang bank syariah maka semakin meningkat minat menabung di bank syariah. Sedangkan psikologi (X8) secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Oleh karena itu, disarankan kepada calon nasabah bank syariah mengetahui bagaimana produk di bank syariah sehingga dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan nasabah. Dan juga mengetahui faktor-faktor internal dari bank syariah selain produk seperti variabel penelitian yang meliputi promosi, pelayanan, bagi hasil dan reputasi bank syariah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 36 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abhimantra, A., Maulina, A. R., & Agustianingsih, E. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) dalam Memilih Menabung pada Bank Syariah. Prosiding PESAT, Vol. 5, Hlm 170-177 Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, Volume 2, Nomor 1, Januari-Juni 2017. Hlm 43-57 Andespa, R. (2017). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, Volume 2, Nomor 2, Juli-Desember 2017. Hlm 177-191 Andespa, R. (2018). Pengaruh Atribut Produk terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, Volume 3, Nomor 2, Juli – Desember 2018. Hlm 181-190 Astuti, T., & Mustikawati, R. I. (2013). Pengaruh persepsi nasabah tentang tingkat suku bunga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, Vol. 2, No. 1, Hlm 182-198 Atriana, N. (2017). Pengaruh Reputasi Dan Inovasi Produk Tabungan Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Syariah Di Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Daulay, N. (2015). Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Qur'an Tentang Psikologi. Kencana. Dayyan, M., Fahriansah, F., & Juprianto, J. (2019). ANALISIS MINAT MASYARAKAT MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI GAMPONG PONDOK KEMUNING). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEBI IAIN LANGSA, 1(2), 1-19. Dendawijaya, L. (2005). Manajemen Perbankan, Edisi Kedua, Cetakan. Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor Jakarta. Hapidah, N. (2017). Pengaruh Faktor Personal, Faktor Sosial Dan Faktor Informasi Terhadap Intensi Menabung Di Bank Syariah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Buleleng Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Volume 9 No.1 Tahun: 2017. Hlm 88-97 Haris, H. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada bank syariah (studi kasus pada BTN syariah Surakarta). Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Volume 3 Nomor 1, Juli 2012. Hlm 1-24 Hidayati, S. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Pt. Bni Syariah Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(1). Ikhwal, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Syariah Kota Batam. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 2(2), 185-195. Ismail, M. B. A. (2017). Perbankan Syariah. Kencana. Istiqomah, R. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Perbankan Syariah STAIN SALATIGA Untuk Menjadi Nasabah DI Perbankan Syariah (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga). Machmudah, R. A. (2009). Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di Bank Syariah (studi pada Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang) (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo). Mawaddah, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah di Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Nashoha, M. R. (2019). Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah di Kota Yogyakarta (Studi pada Masyarakat Non Muslim Kota Yogyakarta). At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 10(2), 181-201. Nisak, A., Saryadi, S., & Suryoko, S. (2013). Pengaruh Kelompok Acuan Dan Pengetahuan Tentang Perbankan Syari’ah Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syari’ah Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 44-50. Ramadhani, Nur’aini Ika, Jeni Susyanti, dan M. Khoirul ABS. (2018). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah Kota Malang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Banyuwangi Di Kota Malang). “e-Jurnal Riset Manajemen”. Hlm 79-87 Sari, F. N., & Anwar, M. K. (2018). Pengaruh Tingkat Religiusitas Santri Pondok Pesantren Darussalam Kediri Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 27-30. Sulistyo, R. A. (2010). Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah DI Yogyakarta (Studi di UPN, UII, UGM, 2008-2009). Skripsi S1 UII. Supriyanti, T., & Fatimah, S. (2018). Pengaruh Aksesibilitas dan Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah: Studi Pada Anggota Komunitas Difabel Blora Mustika. Jurnal MD, Vol. 4, No. 2, Juli - Desember 2018, Hlm 231-249 Sutrisno, Agus. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Salatiga). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Strata Satu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Salatiga. Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung Untuk Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Volume 4, No. 2, 2019 (54-69) Wahab, W. (2016). Pengaruh tingkat bagi hasil terhadap minat menabung di bank syariah. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), Volume 1, Nomor 2, Juli-Desember 2016, Hlm 167-184 citation: Rachma, Aulia (2020) Pengaruh Faktor Eksternal dan Faktor Internal terhadap Minat Menabung Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA di Bank Syariah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16367/1/FEB_EKIS_1602055021_AULIA%20RACHMA.pdf