eprintid: 16355 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/63/55 datestamp: 2022-08-05 08:31:25 lastmod: 2022-08-05 08:31:25 status_changed: 2022-08-05 08:31:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Saputra, Romy Wahyu title: Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Pemilihan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) pada Jemaah Majelis Taklim di Jakarta Timur ispublished: unpub subjects: HD28 subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode survei. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah brand image (X1), harga (X2), dan kualitas pelayanan (X3), terhadap pemilihan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU)(Y). Populasinya adalah jemaah majelis taklim di Jakarta Timur yang sudah melaksanakan ibadah umrah. Metode pengambilan sampel dengan metode teknik pengambilan data dengan kuesioner atau yang disebut dengan instrumen penelitian. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Statistics Versi 24 yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas, statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji ketetapan model. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel brand image dan harga tidak berpengaruh signifkan, sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap pemilihan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU). Jemaah yang sudah pergi umrah menganggap bahwa brand image (X1) dan harga (X2) bukan menjadi faktor yang diperhatikan ketika memilih Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) . Akan tetapi mereka menganggap faktor kualitas pelayanan (X3) yang sangat diperhatikan. Mereka memilih Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) yang dapat memberikan kualitas pelayanan yang akan diberikan, dan para jemaah sendiri merasakan kualitas pelayanan yang sesuai di janjikan.Secara simultan, semua variable independent brand image (X1), harga (X2), dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap variable dependent yaitu pemilihan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU). date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 35 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Achyar, A., & Oktora, K. (2014). Towards The Reliantionship Quality of hajj and umrah Travel agencies in Indonesia. 29–46. Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta. Aminah, S. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENJADI JAMAAH UMRAH PT.ANNAJWA ISLAMIC TOUR AND TRAVEL MEDAN. 23(3), 1–9. Azmy M A, F. A. (2008). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen Dalam Pemilihan Biro Perjalanan Umroh Dan Haji Khusus. Journal of Business Strategy and Execution, 1(1), 171–193. Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bahaswan, M. R. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SAUDARAKU TOUR&TRAVEL UMROH HAJI DI MALANG. Journal of Chemical Information and Modeling. Basu, S. (2010). Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM. Buddy, Tabroni, & Salim, F. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA REPUTASI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Travel Umroh dan Haji di Jakarta Timur). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 110–125. Fakhriana, M. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Jamaah Umroh PT. Arwaniyyah Tour dan Travel Di Kudus Jawa Tengah. Digib.Uin-Suka.Ac.Id. Faruq, U. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada PT. Patra Jaya Humairah Surabaya). Ghani, N., Rizqi, R. M., & Maradita, F. (2019). Peran Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Jasa Pt. Nuansa Ceria Pesona. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 90–95. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i2.528 Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4th ed.).Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Hamsin Muhammad Khaeruddin. (2017). FIKHI HAJI DAN UMRAH MAJELIS TARJIH DAN TAJDID PP MUHAMMADIYAH. 1–18. Jogiyanto, H. . (2004). Metode Penelitian Bisnis : Salah Kaprah dan PengalamanPengalaman. Edisi 2004/2005. Cetakan Pertama. Yogyakarta : BPFE. Junaedi, Risnaeni, U. S., & Ishari, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Travel Umrah di PT. Amanah Fadlilah Insan Lumajang. 291–325. Kasturiani, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Jamaah Umrah PT. Barokah Jaya Tour And Travel Madiun. Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga. kotler dan keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:Erlangga. Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas, Jilid Dua, Jakarta : Erlangga. Manorek, S. L. (2016). The Influence of brand image, advertising, perceived priceto ward consumer purchase intention (Case study: Samsung Smartphone.). Masdukih. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN JAMA’AH HAJI PADA KBIH JABAL UHUD KOTA TANGERANG. Misbahuddindan, I. H. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik edisi ke-2, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013). 14. Mowen, John C., Minor., M. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga. Mubarok, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET UMROH DI ANITA WISATA SURABAYA. 8(5), 55. Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia. 47. Nuraddina, A. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMRAH DI PT. NEEKOI NUANSA WISATA BEKASI 2015 Skripsi. 1–82. Polancik, G. (2009). Empirical Research Method Poster. Jakarta. Rahmadani, R. S., Aidil, A., & Putri, A. (2018). Brand Image dan KeputusanPemilihan Biro Perjalanan Umrah dengan Faktor Muthawwif sebagai Variabel Moderasi. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 2(2), 41. https://doi.org/10.35448/jiec.v2i2.4384 Roslina. (2010). Citra Merek: Dimensi, Proses Pengembangan Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6 No 3. Sarah, S. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Bank BCA syariah Cabang Jatinegara. Setyowati, E., & Chulaifi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt . Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Penelitian LPPM Untag Surabaya, 03(01), 40–54. Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. Sopiah dan Sangadji. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT Bumi Aksara. Stanton, William, J. (1998). Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh, Jilid I. Jakarta: Erlangga. Sugiyono. (2011a). Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta). 115. Sugiyono. (2011b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 11. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT. Renika Citra, 2006). 12. Tjiptono. (2004). Manajemen Jasa. Edisi I Yogyakarta. Penerbit Andi Offset. 88. Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset. Tjiptono. (2009). Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh. Yogyakarta: Penerbit Andi. 7, 146. https://www.kompasiana.com/3ginanti/55ebceecb07e617405d8b531/janis-paket-umroh-berdasarkan-banyak-kategori?page=all https://jaktimkota.bps.go.id/ https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/17/060000565/first-travel-awal-berdiri-lakukan-penipuan-hingga-akhirnya-tumbang?page=all#:~:text=First%20Travel%20didirikan%20oleh%20Andika,perguruan%20tinggi%20di%20tahun%202004. https://kbbi.web.id/haji) Haji dalam pengertian pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) citation: Saputra, Romy Wahyu (2020) Pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Pemilihan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) pada Jemaah Majelis Taklim di Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16355/1/FEB_EKIS_1602055001_ROMY%20WAHYU%20SAPUTRA.pdf