eprintid: 16352 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/63/52 datestamp: 2022-08-05 07:19:16 lastmod: 2022-08-05 07:19:16 status_changed: 2022-08-05 07:19:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khamim, Elok Nur title: Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Binaan di PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jagorawi, ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam ispublished: unpub subjects: HD28 divisions: Ekonomi_Islam abstract: Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sekumpulan kewajiban organisasi untuk melindungi dan memajukan masyarakat di mana organisasi berada. Pelaksanaa CSR dalam Perspektif Ekonomi Islam merupakan tujuan dari syariat Islam (Muqassid al syari’ah) atau maslahah karena bisnis adalah upaya untuk menciptakan maslahah, bukan hanya sekedar mencari keuntungan. Hal ini sesuai dengan prinsip CSR yaitu “triple buttom line” yang terdiri dari keuntungan (Profit), menjaga kelestarian lingkungan (Planet), serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat (People). Jasa Marga Cabang Jagorawi merupakan bagian dari PT. Jasa Marga (persero) Tbk Jasa Marga adalah satu-satunya penyelenggara jalan tol di Indonesia yang pengembangannya dibiayai Pemerintah dengan dana berasal dari pinjaman luar negeri serta penerbitan obligasi Jasa Marga dan sebagai jalan tol pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Perseroan, Jalan Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) merupakan tonggak sejarah bagi perkembangan industri jalan tol di Tanah Air yang mulai dioperasikan sejak tahun 1978. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Corporate Social Responsibility (CSR) dalam hal ini adalah bagaimana hubungan antara Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan terhadap Kesejahteraan Masyarakat Binaan. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Binaan. Sedangkan variabel independen yang digunakan yaitu Program Kemitraan Dan Program Bina Lingkungan. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian lapangan (field research), data primer diperoleh dari kusionerdan wawancara, sedangkan data sekunder dari dokumentasi. Populasi penelitian ini yaitu berjumlah 80 responden (seluruh responden berasal dari masyarakat binaan yang berada dibawah naungan Jasa Marga Cabang Jagorawi). Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Mixed Methode, yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian, dan data diolah dengan menggunakan software SPSS 25.0 Selain itu penelitian ini juga menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji hasil kuisioner yang di sebar kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan berpengaruh secara postif dan signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hasil yang diperoleh dari koefisien regresi persamaan Ŷ = 5,861+ 0,176 X1 + 0,539 X2. Hasi uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik T menunjukan bahwa variabel program kemitraan berpengaruh secara parsial terhadap kesejahteraan masyarakat dengan nilai thitung (2,558) > nilai ttabel (1,991), dan nilai signifikan (0,012) < nilai α (0,05). Variabel program bina lingkungan berpengaruh secara parsial terhadap sifat kesejahteraan masyarakat dengan nilai thitung (4,752) > nilai ttabel (1,991), dan nilai signifikan (0,000) < nilai α (0,05). Selain itu, hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa variabel program kemitraan dan program bina lingkungan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap sifat konsumtif konsumen dengan nilai Fhitung sebesar 21,610 > F 0,05 (2;77) = 3,12 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,360 atau 36%. Hal ini menunjukkan bahwa besar kontribusi pengaruh variabel program kemitraan dan program bina lingkungan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dapat diterangkan oleh model persamaan ini sebesar 36% dan sisanya sebesar 64% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen agar dapat melihat faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi kesejahteraan masyarakat binaan. Selain itu, memperbanyak jumlah responden dengan cakupan wilayah yang lebih luas guna mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 35 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Al-Ghazali Abu Hamid. Al-Mustafa (Cairo:Al-maktabah Al-Tijariyyah Al- Kubra). 1534M. Al-Shatibi, Abu Ishaq. (d.790/1388), (n.d), Al-Muwafaqat fi Usul Al- Shari’ah.Cairo:AL- Maktabah Al-Tijariyyah Al-Kubra. Amiruddin dan Zainal Asikin, Pengantar Metode Penelitian Hukum (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008. Adam, P., Rianse, U., Cahyono, E., & Rahim, M. (2015). Modeling of the Dynamics relationship between world crude oil prices and the stock market in Indonesia. International Journal of Energy Economics and Policy, 5(2), 550-557. Alqur’anul Karim Arafat, Wilson. Good Coreporate Governance. Jakarta: Salemba Empat, 2010. Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta, cet.10, 2009. Asyhadie, Zaeni. Hukum Bisnis Prinsip dan Pelaksanaannya di Indonesia, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2008), Edisi Revisi 3. Azhar Maksum dan Azizul Kholis, “Analisis Tentang Pentingnya Tanggung Jawab dan Akuntansi Sosial Perusahaan (Corporate Responsibility and Social Accounting): Studi Empiris di Kota Medan”, Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya, 16 – 17 Oktober 2003. Badroen, Faisal dkk. Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta:Kencana, 2007. Bobo, Jolius. Tranformasi Ekonomi Rakyat, Jakarta: PT. Pustaka Cidesindo, 2003 Budi, Hendrik Untung, Corporate Social Responsibility, Jakarta: Sinar Grafika Offet, 2009. Casson B Maali, & Napier, Social Reporting by Islamic Banks.Abacus, 2012 42 (2), 266-289. Chapra, Umar& Habib Ahmed. Corporate Governance (terjemahan Ikhwan Abidin).Jakarta Timur: Sinar Grafika Offset, 2008. Corporate Social Responsibility Indonesia Newsletter: 2008 Daud, Abi Sulaiman bin Al-’asy’atsu As-sajastaanii, Sunan Abi Daud, Bairut Dar-Alfkru, 1414H- 1994 M. Dima Jamali, “A Stakeholder Approach to Corporate Social Responsibility: A Fresh Perspective into Theory and Practice”, Journal of Business Ethnics, 2008.82:213-231. Dusuki, Asyraf Wajidi and Dar, Humayan, Stakeholder’s Perceptions of Corporate Social Responsibility of Islamic Banks: Evidence from Malaysian Economy. The 6th International Confrence of Islamic Economic and Finance, 2005. Maqasid Al-Shariah, Maslahah, and Corporate Social Responsibility.The American Journal of Islamic social sciences, 2007. Dusuki dkk. Maqasid Al-Shariah, Maslahah, and Corporate Social Responsibility. The American Journal of Islamic social sciences, 2007. Dwi Endah Mira Manurung. Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Perkebunan Nusantara IV-Medan. Tesis Depok, Universitas Indonesia, 2012 Edi Suharto, Pekerjaan Sosial Di Dunia Industri Memperkuat Tanggung Jawab Sosial Perushaan,Bandung: PT Refika Aditama, 2007. Ernawan, Erni R. Business Ethics. Bandung: Alfabeta, 2007. Farook, Sayd and Lanis, Roman. Banking On Islam? Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure.The 6th International Confrence on Islamic Economic and Finance, 2005. Hartanti, Dwi. “Islam Dan Tanggung Jawab Sosial: Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks Dan Islamic Social Reporting Indeks”, dalam skripsi, Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum vol. 46 no. 2 Desember 2010 Jogianto H.M, Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalamanpengalaman (Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, cet.2, 2009 Aulia, Firda. “Implementasi Alokasi Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap pemberdayaan masyarakat (studi kasus pada PT. Tugu Pratama Indonesia General Insurance)”. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2015 Fauzi, Fiqih. “Implementasi Corporate Social Responsibility pada program kemitraan dan bina lingkungan perum percetakan uang republik Indonesia”. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2015 Masnila, Nelly. ”Corporate Social responsibility: sebuah pandangan dari sudut akuntansi”. Skripsi. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya, 2007 Rohma Nur Ulaika, Ega. “Implementasi Corporate Social responsibility dalam meningkatkan kepuasan pelanggan”. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. Vol. 4 No. 8. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 2015 Rusdiyana, Eka. “Implementasi tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate social responsibility) di PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology (PT. SMART Tbk)”. Skripsi. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta, 2010 Saputra, Oki. “Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom Indonesia”.Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2011 Subhi, Muhammad. “Implementasi corporate social responsibility PT. Pertamina (Persero)”. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2010 Susanti, Komang Islami. “Implementasi dan pelaporan corporate social responsibility (Studi kasus pada PT. PLN Persero Distribusi Jawa Timur)”. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya, 2014 Syukron, Ali. “CSR dalam Perspektif Islam dan Perbankan Syariah”. Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, Vol 5 No. 1. Banyuwangi: Sekolah tinggi agama Islam Darul Ulum, 2015 Tho’In, Muhammad. “Implementasi Corporate Social Responsibility”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 2 No. 2. Surakarta: STIE-AAS, 2017 Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Wandina, Herlinda Rifenti., dkk. “Implementasi program CSR (Corporate social responsibility) Pt. Adaro Indonesia Bidang Pendidikan Di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong”. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 3 No. 6. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat, 2016 Wayan Novi Budiasni, Ni. “Implementasi Corporate Social Responsibility berdasarkan Konsep Tri Hita Karana (Studi kasus Hotel Como Sihambala Estate)”. Jurnal Akuntansi, Vol. 3 No. 1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, 2015 Wida, Syainatul. “Analisis implementasi corporate social responsibility (CSR) terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam perspektif ekonomi islam (studi kasus pada PT. Telkom Majapahit Bandar Lampung)”. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan, 2017. citation: Khamim, Elok Nur (2019) Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Binaan di PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jagorawi, ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16352/1/FEB_EKIS_1502055014_ELOK%20NURKHAMIM.pdf