eprintid: 16351 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/63/51 datestamp: 2022-08-05 07:15:40 lastmod: 2022-08-05 07:15:40 status_changed: 2022-08-05 07:15:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadhilah, Dini title: Pengaruh Trend Fashion Hijab dan Kosmetik Halal terhadap Sifat Konsumtif Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA) ispublished: unpub subjects: HD28 subjects: HG divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Trend Fahion Hijab dan Kosmetik Halalterhadap Sifat Konsumtif Konsumen. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Sifat Konsumtif Konsumen. Sedangkan variabel independen yang digunakan yaitu Trend Fashion Hijab Dan Kosmetik Halal. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden.Respondendalam penelitian ini merupakan Mahasiswi aktif semester genap yang terdaftar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA. Hasil jawaban responden kemudian diolah menggunakan analisis akuntansi, uji kualitas data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 25.0.Pengmbilan sampel dilakukan dengan teknik judgement sampling.Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 92 sampel, dimana 1 sampel lainnya tidak dapat diolah sehingga jumlah sampel yang dapat digunakan hanya 91 sampel. Hasil yang diperoleh dari koefisien regresi persamaan Ŷ = -1,246 + 0,349 X1 + 0,893 X2. Hasi uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik T menunjukan bahwa variabel trend fashion hijabberpengaruh secara parsial terhadap sifat konsumtif konsumen dengan nilai t hitung sebesar 4,529 > t tabel 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.. Variabel kosmetik halalberpengaruh secara parsial terhadap sifat konsumtif konsumen dengan nilai t hitung sebesar 6,670 > t tabel 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa variabel trend fashion hijab dan kosmetik halalsecara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap sifat konsumtif konsumen dengan nilai f hitung sebesar 57,985> f tabel (3,10) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,569 yang berarti variabel sifat konsumtif konsumen yang dapat dijelaskan oleh variabel trend fashion hijab dan kosmetik halaladalah sebesar 56,9% dan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen agar dapat melihat faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi sifat konsumtif konsumen. Selain itu, memperbanyak jumlah responden dengan cakupan wilayah yang lebih luas guna mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 29 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdulloh, Syaikh bin Sholih Al-Fauzan Perhiasan Wanita Muslimah. Solo: Darul Muslim, 2017. Adzkiya, A. (2018). Analisis perilaku konsumtif dan faktor pendorongnya: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2017 (Bachelor's thesis, Fak. Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta). Agustina, H. N. (2015). Hijabers: FashionTrend for Moslem Women in Indonesia. In dalam International Conference on Trends in Social Sciences and Humanities. Prosiding. Bali. ALFEDHA, A. (2018). Implikasi Trend Fashion Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam)(Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Astuti, J. K. (2011). Pengaruh label halal terhadap keputusan menggunakan produk kosmetik: studi pada Mahasiswa prodi Muamalat Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta. Bambang, R. H. Z. (2017). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2013-2016 UIN Raden Intan Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Barnard,Malcolm. Fashion Sebagai Komunikasi Cara Mengkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas, dan Gender. (ogyakarta: Jalasutra, 2016. Departemen Agama RI, Al-Hikmah Alquran dan Terjemahan. Bandung: CV PenerbitDiponegoro, 2010. Erawati, D. (2005). Fenomena Berjilbab di Kalangan Mahasiswi (Studi tentang Pemahaman, Motivasi dan Pola Interaksi Sosial Mahasiswi Berjilbab di Universitas Muhammadiyah Malang). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 2(2), 35-56. Erick, “Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO)” (On-line), dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro. Ismi, A. M., Indah, P., & S Ag, M. S. I. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi pada Konsumen di Outlet Toserba Laris Kartasura) (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta). Lipovetsky, The Empire of Fashion: Dressing Modern Democracy dalam George Ritzer & Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi ModernCet-9. (Jakarta: Kencana Media Group, 2015. Malik, Yuliana. Karya Ilmiyah Remaja. (On-Line). Mega, Anisa. Perkembangan Trend Fashion di Indonesia (On-Line), tersedia di : https://www.kompasiana.com/annisamega/588321f3cc92731105931d89/per ke mbangan-trend-fashion-di-indonesia?page=all. Naira, A. (2014). Makna Budaya Pada Jilbab Modis (Study Pada Anggota Hijab Style Community Malang). Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 3(1). Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Dosertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana. Qardhawi, Yusuf. Halal dan Haram Dalam Islam edisi revisi. Surabaya: Bina Ilmu,2016. Ridho, Muhammad Rasyid, Fashion di kalangan Mahasiswa (Studi Deskripsi Trend Penggunaan Jilbab Gaul di kalangan Mahasiswa di Lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto. http://fisip.unsoed.ac.id (1September 2016). Rustyafuru , Enggar dan Gend Hendastomo, Muslimah Fashion Styles In The Consumption OfSigns. Yogyakarta : Jalasutra 2017. Santoso, S. (2012). Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo. Shahab, Husein. 2013. Hijab Menurut Al-Quran dan Al-Sunnah. Bandung: Mizania. Sugiono, P. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukanto, Soerjono. Kamus Sosiologi. Jakarta: Raja Graffindo, 2014. Tim Penyusun. (2014). PedomanPenyusunanSkripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitasMuhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Tubagus, G. S., & Tumbuan, W. J. (2018). The Relation Between Brand Personality And Self Congruence Of A Muslim Woman Cosmetics (Case Study Of Wardah Cosmetic). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4). Wijayanti, Titik. Marketing dan Busana. Jakarta: Alex Media Kompotindo, 2017. Yasnita, Y., Rostamailis, R., & Hayatunnufus, H. (2015). Pengaruh Label Halal terhadap Minat Beli Kosmetik Perawatan dan Riasan pada Mahasiswi Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. E-Journal Home Economic and Tourism, 8(1). citation: Fadhilah, Dini (2019) Pengaruh Trend Fashion Hijab dan Kosmetik Halal terhadap Sifat Konsumtif Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16351/1/FEB_EKIS_1502055003_DINI%20FADHILAH.pdf