eprintid: 16319 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/63/19 datestamp: 2022-08-05 03:05:09 lastmod: 2022-08-05 03:05:09 status_changed: 2022-08-05 03:05:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Haryanti, Neneng Siti title: Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli Produk Online Zilingo ispublished: unpub subjects: HN divisions: Manajemen abstract: Perkembangan teknologi turut mengubah gaya hidup konsumen yang beralih untuk berbelanja online. Agar penggunaan teknologi dapat berhasil dengan baik maka perusahaan dalam mengarahkan komunikasi persuasif pada produknya adalah dengan cara iklan. Model iklan yang dipilihpun harus mampu mewakili karakteristik suatu produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara celebrity endorser dan electronic word of mouth Terhadap minat beli produk online Zilingo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UHAMKA semester VIII yang pernah membeli produk online Zilingo pada bulan April 2019 sebanyak 236 orang. Teknik pemilihan sampel menggunakan slovin diperoleh berjumlah 148 orang responden. Teknik pengolahan dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22 dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Model regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Ŷ = 1,622 + 0,121 X1 + 0,477 X2 + e, hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi autokorelasi dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil analisis koefisien korelasi berganda antara variabel celebrity endorse dan electronic word of mouth terhadap minat beli sebesar 0,554, yang berarti terdapat hubungan sedang. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara celebrity endorse terhadap minat beli dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel atau 2,134 > 1,97646. Sedangkan variabel electronic word of mouth terhadap minat beli ada pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel atau 6,204 > 1,97646. Secara simultan variabel celebrity endorse dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai fhitung > ftabel atau 22,786 > 3,06. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 30 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurahman, Nana Herdiana. (2014). Manajemen strategi pemasaran. Bandung: Pustaka Setia. Alma, Buchari. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta. Apejoye, Adeyanju. (2013). Influence of Celebrity Endorsement of Advertisement on Students’ Purchase Intention. International Journal of Scientific and Reserch Publications, Volume 3, Issue 11. Astuti, S. R. T. (2013). Analisis kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen (studi pada warung makan “bebek gendut” Semarang). Diponegoro journal of management volume 2, No 3, 1-11. Aziz, M. A., & Irjayanti, M. (2014). Manajemen. Bandung: Mardika Group. Batra, R., dan Keller, K. L. (2016). Integrating marketing communications: New findings, new lessons, and new ideas. Journal of marketing:AMA/MSI special issue. Vol. 80, 122-145. Belch, G. E. (2016). Advertising an promotion: An integrated marketing communication perspective. New York: Mc Graw Hill. Brajesh, K., dan Gouranga, P. (2011). Pengesahan selebriti di FMCGs advetising: A case Vibrant Society. Kemajuan dalam Manajemen, 4 (8), 24-28. Cheung, C, M, K., dan Thadani, D, R. (2012). The impact of electronic word of mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461-470. Danang, Sunyoto. (2013). Metodelogi penelitian akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama Anggota Ikapi. Darmansyah, Muhartini Salim, Syamsul Bachri. (2014). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk di Indonesia (penelitian online) Fakultas ekonomi Manajemen Universitas Bengkulu. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 12, No. 2. Dharma, K. N. A., & Iskandar, D. (2017). Pengaruh celebrity endorser JKT48 terhadap minat beli konsumen Im3 play (studi kasus pada pengunjung teater JKT48 periode 21 Februari 2016). eProceedings of Management, 4(2). Erkan, I and Evan. (2016). The Influence of Ewom in Social Media on Consumers Purchase Intention: An Extended Approuch to Information Adoptio. Journal computers in human behavior. Vol 61 pp 47-55. Ferdinand, Augusty. (2014). Metode penelitian manajemen. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Guan Feng Song, Sirion Chaipoopiratana and Howard Combs. (2014). A study of Chinese advertising practiitioner’s perpectives on the selection of celebrity endorsers. Journal of business and behavioral sciences Volume 19, No.1. Gupta, Ruchi., Kishore, Nawal., Verma, DPS. (2015). Impact of Celebrity Endorsement on Consumens Purchase Intention: A Study of Indian Consumer. Australian Journal of Business and Management Research, Vol. 05. No. 03 Pp. 1-15. Hamdi, Assep Saepul. E. Bahrudin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublisher. Husna, R., & Dirgantara, I. M. B. (2018). Analisis Pengaruh electronic word of mouth di media sosial Youtube terhadap minat beli produk kosmetik Sariayu. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 95-109. Imbayani, I. G. A., & Gama, A. W. S. (2018). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi dan Bisnis JAGADITHA, 5(2), 145-153. Jatmiko, R. (2018). Pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap minat beli konsumen. Jurnal ilmu manajemen dan akuntansi terapan, 4 (1), 49-57. Jotopurnomo, S., Laurensia, S., & Semuel, H. (2015). Pengaruh harga, brand image, dan electronic word of mouth terhadap minat beli reservasi hotel secara online, Jurnal hospitality dan manajemen jasa, 3(1), 341-353. Khan, Shaista Kamal., Ruksar, Aroobah., dan Maria Shoaib. (2016). Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention. International Journal of Business and Management, 18(1): 1-12. Kotler, Philip & Armstrong. (2014). Prinsip-prinsip manajemen. Edisi 14, jilid 1. Jakarta: Erlangga. ______________________. (2015). Marketing 4.0 (Moving from traditional to digital). Jakarta: Erlangga. ______________________. (2016). Marketing Management. 15thedition. Pearson education, Inc. Krisyantono, Rachmat. (2014). Teori publik Relations Perspektif Barat dan Lokal: Aplikasi penelitian dan praktik. Jakarta: Kencana. Laksmi, A. A., & Oktafani, F. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap minat beli followers Instagram pada warunk Upnormal. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 78-88. Madiawati, P. N., & Pradana, M. (2016). Celebrity And Halal Certificates Factors Influence On Customers’ Buying Interest. (3), 109-116. ___________________________. (2016). The appeal of celebrity endorsers and halal certificates on customers’ buying interest. Journal of administrative & business studies, 1(1), 28-34. Muslim, Indah Sulistyorini. (2014). Pengaruh dimensi celebrity endorser terhadap citra merek. Depok: Universitas Indonesia. Naufal, A., Sari, D., (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli Buldalk Bokkeummyeon (samyang) pada masyarakat di kota Bandung. eProceedings of Management, 4(3). Nensia, S. (2017). Pengaruh electronic word of mouth di media sosial terhadap brand image coffee shop Malang. Nurcahyo, Agung dan Herry Hudransyah. (2017). The Ifluence of Halal Awareness, Halal Certification, and Personal Societal Perception Toward Purchase Intention : a Study of Instant Noodle Consumption of College Student. Journal of Business and Management. Institut Teknologi Bandung: Bandung. Prabowo, Yuniar. (2014). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli (studi pada pengunjung 3 second store di jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, vol.14 No.2. Priansa, D. J. (2016). Manajemen SDM dalam organisasi publik dan bisnis. Bandung: Alfabeta. citation: Haryanti, Neneng Siti (2019) Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli Produk Online Zilingo. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16319/1/FEB_MNJ_1502025185_Neneng%20Siti%20Haryanti.pdf