eprintid: 16315 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/63/15 datestamp: 2022-08-08 07:38:38 lastmod: 2022-08-08 07:38:38 status_changed: 2022-08-08 07:38:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Munardi, Hanni Cintya title: Pengaruh Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Secara Online Dengan Instagram pada Jurusan Pemasaran SMK Perguruan Rakyat 1 Srengseng Sawah Jakarta Selatan ispublished: unpub subjects: HN divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial, Pengetahuan Kewirausahaan secara parsial dan simultan terhadap Minat Berwirausaha secara online dengan instagram pada jurusan pemasaran SMK Perguruan Rakyat 1, Srengseng Sawah.Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pengumpulan data secara langsung, berupa penyebaran kuisioner yang diambil dari suatu sampel. Pengambilan sampling menggunakan metode purposive sampling dengan sampel uji coba sebanyak 30 sampel, dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 93 responden.Berdasarkan dari hasil pengolahan data, model regresi linier berganda penelitian ini adalah Ŷ = 49,712 + 0,278 X1 + 0,906 X2 kemudian hasil pengolahan data uji t dapat dilihat Media Sosial diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai nilai t hitung 1,804 > nilai t tabel 1,987, kemudian Pengaruh Kewirausahaan diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung 5,086 > nilai t tabel 1,987. Hasil uji f maka terdapat nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 18,854 > F tabel sebesar 3,10. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Media Sosial dan Pengaruh Kewirausahaan berpengaruh secara parsial terhadap Minat Berwirausaha. Kemudian Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan berpengaruh secara simultan terhadap Minat Berwirausaha. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 38 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alfaruk, M. H, (2017). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausaaan 4(2), 164-172. Afriani, G. L. (2016), Pengaruh Presepsi Siswa Tentang Metode Guru Dalam Mengajar, Jiwa Kewirausahaan, dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2014/2015. Anggrayni, R., Khosmas, F. Y., & Genjik. (2015). Minat Berwirausa Siswa XI SMKN 1 Sukadana Kabupatn Kayong .. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(7) Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata Asmoro, R. D. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik). Ching, H. Y., & Kitahara, J. R. (2017). Impact of the exposure to entrepreneurship education on students’ entrepreneurial intentions: A case-based study of the higher education in Brazil. Business and Management Studies, 3(4),85-93. Danang, S. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis.Yogyakarta: CAPS. Ermawati, E., & Widodo, J. (2015). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kepercayaan Diri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Danang, S. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis.Yogyakarta: CAPS. Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ________.(2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 23. Cetakan kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(03), 291-314. Hendro, (2011). Dasar - Dasar Kewirausahaan, Erlangga, Jakarta Jagongo, A., & Kinyua, C. (2013). The social media and entrepreneurship growth. International Journal of Humanities and Social Science, 3(10), 213-227. Kurnia, D., Kusnendi, K., & Furqon, C. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausaan dan Efikasi Diri Wirausaha Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(2). Kristina, D., & Hamidi, N. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausaaan dan Prestasi Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirauha Siswa.. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(3). Noviantoro, G. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Riduwan, E. A. K., & Achmad, E. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta. Rifai, I. A., & Sucihatiningsih, D. W. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausaan dan Pelaksann Keiatan business Center Terhadap Minat Berwirausha Siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negri 2 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Economic Education, 5(1), 39-51. Siswadi, Y. (2014). Analisis faktor internal, faktor eksternal dan pembelajaran kewirausahaan yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 13(1) Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung : Alfabeta Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada Uhar Suharsaputra. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama. Wulandari, S. (2013). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1). Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(1), 64-69Zafar, M., Shafiq, W., Kousar, S., Yousaf, H. Q., & Nasir, N. (2017). Impact of social media on entrepreneurship growth: a case study of Lahore, Pakistan. International Journal of Engineering Science & Research Technology, 6(1), 387-394 citation: Munardi, Hanni Cintya (2019) Pengaruh Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Secara Online Dengan Instagram pada Jurusan Pemasaran SMK Perguruan Rakyat 1 Srengseng Sawah Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16315/1/FEB_MNJ_1502025117_Hanni%20Cintya%20Munardi.pdf