relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16307/ title: Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer creator: Soebagyo, Joko subject: L Education (General) description: Perkembangan Pendidikan di Indonesia saat ini sudah mengacu kepada abad 21 yang ditandai perkembangan teknologi. Berkembangnya teknologi membuat proses pembelajaran online sangat mudah untuk digunakan. Google Classroom merupakan salah satu platform berasal dari Google yaitu layanan portal efisien yang memudahkan guru untuk mengelola buku teks dan tugas. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran yang luas analisis bibliometrik tentang media pembelajaran Google Classroom dengan menskrining 93 artikel yang telah dicari dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish dan menganalisisnya dengan aplikasi VOSViewer serta menarik kesimpulan atas gambaran yang luas dari tujuan artikel. Terdapat 4 Clusters pengklasifikasian dengan VOSViewer. Hasil Penelitian didapat bahwa artikel yang digunakan dengan judul Google Classroom dan kata kunci “pendidikan”, dan “matematika” mulai meningkat pada tahun 2018, 2019, dan 2020 serta artikel yang paling banyak publikasi adalah negara Indonesia. Dari penelitian tersebut didapat 3 kluster mengenai media pembelajaran menggunakan Google Classroom dengan topik matematika pendidikan. Topik media pembelajaran Google Classroom sudah banyak dilakukan penelitian, namun untuk topik effect, impact, dan achievment sangat jarang dilakukan penelitian. publisher: Prodi Pendidikan Matematika Unswagati date: 2022-03-17 type: Article type: PeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16307/1/5451-18251-1-PB.pdf identifier: Soebagyo, Joko (2022) Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6 (1). pp. 193-210. ISSN 2549-4937 relation: https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/5451