eprintid: 16298 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/62/98 datestamp: 2022-08-04 08:14:09 lastmod: 2022-08-04 08:14:09 status_changed: 2022-08-04 08:14:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Malvieka, Mifta Della title: Pengaruh Online Customer Reviews, Electronic Word Of Mouth dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian Online di Toko Iweardins E-Commerce Shopee ispublished: unpub subjects: HN divisions: Manajemen abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, electronic word of mouth dan foto produk terhadap keputusan pembelian online di toko Iweardins e-commerce Shopee. Dalam penelitian ini digunakan metode survei, yaitu untuk menjelaskan pengaruh antar variabel independen online customer review, electronic word of mouth dan foto produk terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2016 yang berjumlah 208 orang dan sampel dalam penelit ian ini berjumlah 137 orang, dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Dalam penelitian ini diolah dengan perangkat lunak IBM SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel online cutomer review tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat dibutktikan dengan nilai thitung 0.434 < ttabel 1.977 dan nilai signifikansi 0.665 > 0.05, sehingga H1 ditolak. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 4.928 > ttabel 1.997 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga H2 diterima. Variabel foto produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 2.185 > ttabel 1.977 dan nilai signifikansi 0.031 < 0.05, sehingga H3 diterima. Hasil uji F menunjukan bahwa nilai Fhitung 55.402 > Ftabel 2.67 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 > 0.05, sehingga online customer review, electronic word of mouth dan foto produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, maka H3 diterima. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa Adjusted R Square sebesar 0.545. hasil ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen sebesar 54,5% sedangkan 45,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 39 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andreani. (2019). Faktor-faktor Dari E-WOM Yang Mempengaruhi Minat Beli Hotel Secara Online Pada Masyarakat Surabaya Melalui Online Travel Agent (OTA). Surabaya: Universitas Kristen Petra. Alex, & Gerard. (2009). Commentary Is A “Star”Worth A Thousand Words? The Interplay Between Product Review Texs and Rating Valences. Hong Kong: Hong Kong Baptist University. Asanti. (2015). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Beli Bow-ling Fruit Bar Di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Asri. (2018). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Purwokerto: Universitas Diponegoro. Bull, Stephen. (2010) Photography: Routledge Introductions To Media And Communication. Lodon: Routledge. Damayanti. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating E-service Quality Dan Price Terhadap Minat Beli Pada Online Makterplace Shopee (Studi Empiris Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang). Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang. Di, et a. (2014). Is A Picture Really Worth A Thousand Words? On The Role Of Images In E-commerce. Proceedings Of The 7th International Conference: 633:642. Eun, & Shin (2014). When Do Customers Buy Online Product Reviews? Effect Of Review Quality, Product Type And Reviews’s Photo. Seoul: Seoul National University. Farki. (2016). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace Di Indonesia. Surabaya: Institut Tekonolohi Sepuluh Nopember (ITS). Goyete, et al. (2010). E-WOM: Word Of Mouth Measurement Scale For EService Context. Journal of Administrative Sciences Vol 27: 5-23. Hima Tussafinah. (2018) Pengaruh Rating Dan Ulasan, Jaminan 100% Pengembalian Dan Layanan COD Atau Bayar Di Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang). Semarang: Universitas UIN Walisongo. Satya. (2016). Analisis Foto Produk Fashion Pada Account Instagram Toidiholic. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Sri. (2017). Analisis Pesan Foto Dan Teks Akun Intagram @kulinerdisolo Yang Efektif Dalam Mempromosikan Wisata Kuliner Di Solo. Surakarta: IAIN Surakarta. Stella. (2018). Analisa Pengaruh Online Customer Review Pada Keputusan Pembelian Generasi Milenial Di Bandung (Stuadi Pada Produk Gadget Di Tokopedia. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan. Taesar dkk. (2019). Pengaruh Online Customers Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram Pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop. Mataram: Universitas Mataram. Tim Penyusun. (2014). Pedoman`Penyusunan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Yofina, & Grace. (2020). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Purchase Itention Dengan Trust Sebagai Intervening Pada Toko Online Bukalapak Di Kota Padang. Padang: Yunitasari. (2018). Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. Zakky. (2017). Online Costumer Reviews (OTRs) dan Rating: Kekuatan Baru Pada Pemasaran Online di Indonesia. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN. Zaniel, & Sorayanti. (2019). Pengaruh E-WOM Terhadap Keinginan Untuk Membeli Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna Aplikasi Steam Di Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. citation: Malvieka, Mifta Della (2020) Pengaruh Online Customer Reviews, Electronic Word Of Mouth dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian Online di Toko Iweardins E-Commerce Shopee. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16298/1/FEB_MNJ_1602025017_Mifta%20Della%20Malvieka.pdf