eprintid: 16282 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/62/82 datestamp: 2022-08-04 04:55:40 lastmod: 2022-08-04 04:55:40 status_changed: 2022-08-04 04:55:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmiyah, Syahri title: Pengaruh Service Quality dan Electronic Word Of Mouth terhadap Kepuasan Pelanggan Moda Transportasi Ojek Online (Grab) di Sukabumi Selatan Jakarta Barat ispublished: unpub subjects: HD28 divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan data secara langsung, berupa penyebaran kuesioner yang diambil dari suatu sampel. Pengambilan sampling menggunakan metode random sampling, sampel dalam penelitian ini adalah pengguna Grab di Sukabumi Selatan Jakarta Barat sebanyak 104 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Service Quality dan Elrctronic Word Of Mouth terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil penelitian dengan taraf signifikan 5% menemukan bahwa: (1) Service Quality berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, (2) Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, dan (3) Service Quality dan Electronic Word Of Mouth secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 34 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alfianor. (2018). Pengaruh Travel Motivation dan Electronic Word of Mouth terhadap niat berkunjung pada pariwisata syariah Pulau Santen Banyuwangi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Alsa, Asmadi. (2007). Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Anastasiei, B., & Dospinescu, N. (2018). A model of the relationships between the Big Five personality traits and the motivations to deliver word-ofmouth online. psihologija, 51(2), 215-227. Assauri, Softjan. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Batubara, A. W., & Lubis, A. N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Word Of Mouth Mahasiswa Program Studi Diploma III Administrasi Perpajakan FISIP USU. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(2). Chairiza. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Andalas di Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung. CNNIndonesia.com. (2018). Grab Cetak Pendapatan Rp13,9 Triliun. (Diambil pada tanggal 27 Juni 2019), dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180611142530-185- 305233/grab-cetak-pendapatan-rp139-triliun Darayani, T. (2015). Pengaruh Word Of Mouth dan Store Atmosphere Terhadap Purchase Decision dan Dampaknya Pada Consumer Satisfaction di Distro Quiet Riot Bogor. Journal of Management, 1(1). Farida, I., & Tarmizi, A. (2016). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA GOJEK ONLINE. Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 31– 40. Goyette, I; Richard, L; Bergeron, J; dan Marticotte, F. 2010. E-WOM Scale: Word-Of-Mouth Measurement Scale For E-Service Context. Canadian Journal Of Administration Sciences. 27 (1), 5-23. Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ____________. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Edisi Tujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Grab 2018. Tentang Grab. (Diambil pada tanggal 10 Februari), dari https://www.grab.com/id/about/ __________________________. (Diambil pada tanggal 25 juni), dari https://www.grab.com/id/about/ Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G. & Gremler, D. D. (2014). Electronic Word-of-Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18, 38-52 Irawan, H. (2015). Dimensi Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo. Irawan, H. (2015). Indikator Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Erlangga. Jalilvand, M. R. (2012), "The Impact of Electronic Word of Mouth On A Tourism Destination Choice: Testing the Theory of Planned Behavior (TPB)", Internet Research, Vol. 22 Iss: 5 pp. 591 – 612. _____________ and Neda Samiei. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention. Journal of Marketing, 30(4): 460- 476. Jeong, Eunha. SooCheong Jang. (2015). Restaurant Experiences Triggering Positive Electronic Word of Mouth Motivations. International Journal of Hospitality Management. 357:366. Kotler, Philip & Keller, K., Lane. (2015). Marketing Management. Edisi 14. Jakarta: Erlangga. __________________________.(2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc. __________________________.(2014). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Erlangga. ____________& Amstrong Gary. (2016). Marketing an Introduction, Edisi X.Indonesia: Pearson. ____________, Hermawan Kartajaya dan Iwan S. (2017). Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. Canada: John Wiley & Sons, Inc. ____________. (2014). Marketing management, Global edition “service quality”. Jakarta: Erlangga. ____________. (2014). Dimensi Service Quality. Edisi 14. England: Pearson Education Limited. ____________. (2014). Indikator Service Quality. Edisi 14, jilid 1. Erlangga: Jakarta. Kuncoro, E. A. & Ridwan. (2014). Informasi Electronic Word Of Mouth. Bandung: CV. Alfabeta. Lavenia, B. C., Iqbal, M., & Irawan, A. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Go-Jek Di Kota Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 52-61. Lerrthaitrakul, W., & Panjakajornsak, V. (2014). The impact of electronic wordof- mouth factors on consumers' buying decision-making processes in the low cost carriers: a conceptual framework. International Journal of Trade, Economics and Finance, 5(2), 142. Mariska, Z. H., & Shihab, M. S. (2016). Pengaruh Dimensi Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Hotel dan Dampaknya Terhadap Behaviour Intention (Studi Kasus Pada Hotel Aston Kuningan Suites- Jakarta). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA, 14(2), 217- 234. Mix.co.id. (2019). Ride Hailing Services In Indonesia. (Diambil pada tanggal 27 juni), dari https://mix.co.id/marcomm/news-trend/ride-hailing-services-inindonesia/ Mpinganjira, M. (2015). An investigation of perceived service quality in online shopping: A hierarchical approach. Journal of Applied Business Research, 31(1), 115. Ningsih, S. (2015). Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Lembaga Pendidikan Solocom di Surakarta. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 125-134. Paludi, S. (2017). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWom) terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, Dan Loyalitas DestinasiPerkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Jurnal STEIN, 11(1). Pratama, G. F. W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Taksi Berbasis Online (GrabCar) pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Prastiyani, I., Paramita, P. D., & Fathoni, A. (2016). Pengaruh Word of Mouth, Brand Image, Service Quality terhadap Customer Satisfaction Di Spbu 44.513. 20 Campurejo Boja. Journal of Management, 2(2). Putra, S. P. A. M. (2017). Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Dan Loyalitas (Studi Pada Kunjungan Wisatawan Di DIY). Schiffman, L.G. dan Kanuk. 2015. Electronic Word Of Mouth. USA : New Jersey Prentice Hall. Setiawan, E., & Septiani, S. (2018). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Moda Transportasi Grab di Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia,2(1). Silalahi, S. L. B., Handayani, P. W., & Munajat, Q. (2017). Service Quality Analysis for Online Transportation Services: Case Study of GOJEK. Procedia Computer Science, 124, 487-495. Singgih, S. (2000). Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Soleh, A. N., Harini, C., & Djamaludin, D. (2018). THE EFFECT OF SERVICE QUALITY, PRICE AND TRUST TO CUSTOMER SATISFACTION USERS OF TRANSPORTATION SERVICES ONLINE OJEK (Study on Customers of Gojek in Semarang City). Journal of Management, 4(4). Sugianto, J., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality, dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-10. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. ________. (2010). Metode Penelitian dan Pengembangan : Reach and Development: Untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta. Tantriana, D., & Widiartanto, W. (2019). PENGARUH AKSESIBILITAS, EXPERIENTIAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 173- 183. Tim Penyusun (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta: Feb Uhamka. Tjiptono. (2014). Manfaat Kepuasan Pelanggan. Andi Offset: Yogyakarta. _______. (2015). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset. _______. (2016). Service Quality & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi. _______. (2015). Kepuasan Pelanggan. Edisi 4. Yogyakarta: Andi. Umi Narimawati. (2012). Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Wulandari, R. S., & Prihatini, A. E. (2018). Pengaruh Tarif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Go-Ride (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride di Kota Tangerang Selatan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 290-298. Zeithaml V. Service quality. Cambridge: Marketing Science Institute; 2014. _________, Bitner & Gremler. 2014. Service Marketing - Integrating Customer Focus Across The Firm, Sixth Edition. New York: McGraw Hill. _______________. (2014). Kepuasan Konsumen. McGraw-Hill International Edition. Zulian, Yamit. (2015). Kepuasan Konsumen. Vol. Edisi Pertama. Yogyakarta : EKONISIA. citation: Rahmiyah, Syahri (2019) Pengaruh Service Quality dan Electronic Word Of Mouth terhadap Kepuasan Pelanggan Moda Transportasi Ojek Online (Grab) di Sukabumi Selatan Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16282/1/FEB_MNJ_1502025253_SYAHRI%20RAHMIYAH.pdf