eprintid: 16189 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/61/89 datestamp: 2022-08-03 04:03:24 lastmod: 2022-08-03 04:03:24 status_changed: 2022-08-03 04:03:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Madziyyah, Inggit Hasti title: Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia ispublished: unpub subjects: HD28 divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan perbankan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013 - 2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu memperoleh data berupa laporan keuangan tahunan dan laporan keberlanjutan yang berisi tentang corporate social responsibility, profitabilitas dan nilai perusahaan pada 7 sampel perusahaan jasa subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang diteliti adalah CSDI dan Return on Equity (ROE) sebagai variabel independen, sedangkan variabel dependen adalah Tobin’s Q. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis manajemen, analisis statistik deskriptif, analisis linear berganda, analisis asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan adjusted r-square. Hasil pengujian menunjukkan bahwa CSR memiliki thitung (-0.875) < ttabel (2.03693) dan nilai signifikansi 0.388 di mana nilai signifikansi 0.388 > 0.05 yang berarti bahwa CSR secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan variabel Profitabilitas memiliki thitung (4.511) > t tabel (2.03693) dan nilai signifikansi 0.000 di mana nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) yaitu nilai Fhitung (10.192) > Ftabel (3.29) pada tingkat signifikansi F 0.000 < 0.05 dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa seluruh variabel independen (CSR dan Profitabilitas) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen (Nilai Perusahaan).Berdasarkan hasil pengujian Koefisien Korelasi (r) menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility memiliki hubungan dengan variabel Nilai Perusahaan sebesar 0.027. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara variabel Corporate Social Responsibility dengan variabel Nilai Perusahaan rendah, sedangkan hasil koefisien korelasi (r) variabel Profitabilitas dengan variabel Nilai Perusahaan memiliki hubungan sebesar 0.612. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara variabel Profitabilitas dengan variabel Nilai Perusahaan kuat. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) yang di tunjukkan dari nilai R-Square sebesar 0.389 atau 38.9% hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel dependen yang dijelaskan oleh variabel independen. Berdasarkan Adjusted R-square yang di tunjukkan sebesar 0.351. Artinya variabel independen yaitu Corporate Social Responsibility (X1) dan Profitabilitas (X2) mampu menjelaskan variabel dependen yaitu Nilai Perusahaan (Y) sebesar 35.1% sedangkan sisanya sebesar 64.9% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukan atau dijelaskan dalam penelitian ini seperti Return on Assets (ROA), Good Corporate Governance (GCG), Ukuran Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Struktur Modal. Berdasarkan penjelasan di atas peneliti memberikan saran-saran kepada peneliti mendatang untuk menambahkan variabel bebas lainnya atau melakukan penelitian selanjutnya dengan sektor yang berbeda selain sektor perbankan konvensional yang dilakukan dalam penelitian ini. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 31 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul Muid, Moch. Ronni Noerirawan, 2012. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Vol.1 No. 2, hal. 4 Arianti, N. P. A., & Putra, I. P. M. J. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas Pada Hubungan Corporate Social Responsibility & Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 24(1). Brigham, Eugene F., dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. (Edisi 11 Buku 1). Jakarta: Salemba Empat. Fauziah, G., Irwanto, A. K., & Syamsun, M. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Indeks Saham LQ45. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(1), 52-60. Gherghina, S. C., & Vintila, G. (2016). Exploring the impact of corporate social responsibility policies on firm value: The case of listed companies in Romania. Economics & Sociology, 9(1), 23. Ghozali Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Undip. Gunawan, I. M. A., Pituringsih, E., & Widyastuti, E. (2018). The Effect of Capital Structure, Dividend Policy, Company Size, Profitability, and Liquidity on Company Value (Study at Manufacturing Companies Listed on Indonesia Stock Change (2014-2016). United Kingdom, 6(6). Hermawan, S., & Nurul, A. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Dinamika Akuntansi, 6(2), 103-118. Sudana I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Kevin, A. (2018). Setelah Rilis Kinerja, Saham Bank Daerah Cenderung Stagnan. Retrieved April 23, 2019, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/market/20180219 113330-17-4687/setelah-rilis-kinerja-saham-bank-daerah-cenderung-stagnan. Kusumastuti. (2014). Membumikan Transparansi Dan Akuntabilitas. Kinerja Sektor Publik: Tantangan Demokrasi Ke Depan. PT Gramedia. Lins, K. V., Servaes, H., & Tamayo, A. (2017). Social capital, trust, and firm performance: The value of corporate social responsibility during the financial crisis. The Journal of Finance, 72(4), 1785-1824. Mardikanto Totok. 2014. CSR Corporate Social Responsibility (Tanggung jawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta. Masdupi, E., & Yulius, A. (2017, November). The Influence of Corporate Social Responsibility, Business Diversification, and Company Size upon Company Value. In International Conference on Business and Management Research (ICBMR 2017). Atlantis Press. Muliani, L. E., Yuniarta, G. A., AK, S., & SINARWATI, N. K. (2014). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responcibility dan good corporate governance sebagai variabel pemoderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 2(1). Mulyana, A., Zuraida, & Saputra, M. (2018). The Influence of Liquidity, Profitability and Leverage on Profit Management and Its Impact on Company Value in Manufacturing Company Listed on Indonesia Stock Exchange Year 2011-2015. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 6(1). Murhadi, Werner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat. Nurfina, H. E., & Widyarti, E. T. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010–2014) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Primady, G. R., & Wahyudi, S. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Pristianingrum, N. (2018). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. UNEJ e-Proceeding, 353-364. Putri, N. D. (2017). Laju Saham Sektor Perbankan Tertahan. Retrieved April 23, 2019, from Kontan.co.id: http://amp.kontan.co.id/news/laju-saham-sektor-perbankan-tertahan#refferrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf= Dari%20%251%24s. Rahmi, Y. Y., & Indrayeni, R. S. W. (2019). Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun (2013-2017). Menara Ilmu, 13(3). Redaksi. (2017). CSR Bukan Beban, Tapi Kebutuhan Bisnis. Retvieved , from CSR.id: https://majalahcsr.id/csr-peluang-untuk-tingkatkan-bisnis/. Retno, R. D., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010). Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 1(2). Rosiana, G. A. M. E., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 723-728. Sabrin, A., Sarita, B., Takdir, D., & Sujono, C. (2016). The effect of profitability on firm value in manufacturing company at Indonesia Stock Exchange. The International Journal of Engineering and Science, 5(10), 81-89. Saptawanti, N. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2016. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/ bitstream/123456789/36501/1/SAPTA WANTI%20NIASARI-FEB.pdf. Sari, P. Y., (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Nominal, 7(1). Sriwidodo, U. (2019). Analisis Return on Equity, Corporate Social Responsibility, dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Survei pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016). Research Fair UNISRI, 3(1). Sucuahi, W., & Cambarihan, J. M. (2016). Influence of profitability to the firm value of diversified companies in the Philippines. Accounting and Finance Research, 5(2), 149-153. Sudarma, I. K. G. A. M., Darmayanti, A., & Putu, N. (2017). Pengaruh CSR, Kepemilikan Manajerial dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan pada Indeks Kompas 100. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4). Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Susila, I. M. P., & Prena, G. A. (2019). Pengaruh Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden, Profitabilitas, dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 6(1). https://www.globalreporting.org https://bri.co.id https://www.bni.co.id https://www.maybank.co.id https://www.ocbcnisp.com https://www.bankmandiri.co.id www.bankbjb.co.id https://www.cimbniaga.com citation: Madziyyah, Inggit Hasti (2019) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16189/1/FEB_MNJ_1502025123_INGGIT%20HASTI%20MADZIYYAH.pdf