eprintid: 16188 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/61/88 datestamp: 2022-08-03 04:03:14 lastmod: 2022-08-03 04:03:14 status_changed: 2022-08-03 04:03:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ratri, Isnie Alita title: Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Trinusa Travelindo ispublished: unpub subjects: HN divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh signifikan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh signifikan Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT Trinusa Travelindo di Kelurahan Cibubur RT 004 dan RT 008. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif citra merek terhadap kepuasan konsumen pada PT Trinusa Travelindo, dibuktikan nilai thitung sebesar 5,134; nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan elektronik terhadap kepuasan konsumen pada PT Trinusa Travelindo, dibuktikan nilai thitung sebesar 5,383; nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) terdapat pengaruh positif citra merek dan kualitas pelayanan elektronik terhadap kepuasan konsumen pada PT Trinusa Travelindo, dibuktikan nilai Fhitung sebesar 113,428; nilai signifikansi 0,000 < 0,05. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 31 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aaker, David, A. dan Alexander, L. Biel. (2009). Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. : Hillsdale. Ahmad, Subagyo. (2010). Marketing In Business. Edisi Pertama, Cetakan Petama. Jakarta: Mitra Wacana Media Akbar, Ario Arzaq dan Ir. Tjahjono Djatmiko, MBA. (2016). “Pengaruh EService Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan E-Customer Loyalty Pada LAZADA.CO.ID”. Jurnal Ekonomi Manajemen, 3 (1), 1-9. Ariani, D. Wahyu. (2009). Manajemen Operasi Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu. Atstsaqifi, Yusuf, dkk. (2014). “Pengaruh Nilai Pelanggan, Citra Merek (Brand Image) dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kereta Api Kelas Ekonomi Tawang Jaya Jurusan Semarang-Jakarta”. Diponegoro Journal Of Social and Political Science, 1-10. diunduh tahun 2014. https://docplayer.info/43878305-Diponegoro-journal-of-social-and-politicalscience- tahun-2014-hal-1-10.html. Augusty Ferdinand. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi Ketiga. Semarang: AGF Books. Basu, Swastha DH., Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua. Yogyakarta: Liberty Offset. Daryanto, Ismanto dan Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gaya Media. Dewi, Ferinda. (2009). Merek dan Psikologi Konsumen, Yogyakarta: Graha Ilmu Enggarwati, Pramita, Sumiati dan Sunaryo. (2017). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen”. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 4 (1). Erkmen, Ezgi dan Murat Hancer. (2019). “Building Brand relationship for restaurants”. International Journal of Contemporary Hospitality Management. 31 (3), 1469-1487. diunduh 18 Maret 2019. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/IJCHM-08-2017- 0516/full/html. Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. (edisi kelima). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. H. Ahmad Abu Subaki, SE, Ak., MM, et al (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. FEB Universitas Muhamamdiyah Prof. Dr. HAMKA. Hasan, M. Iqbal. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara Hidayat, Riski Taufik dan Eristy Minda Utamai. (12 Oktober 2017). “Pengaruh Brand Image dan E-Service Quality Terhadap Proses Keputusan Untuk Membeli Produk Pada Alfacart.com”. Conference on Management and Behavioral Studies Journal. 9-18. diunduh 12 Oktober 2017.http://cmbs.untar.ac.id/images/prosiding/2017/Riski-Taufik-Hidayahdan- Eristy-Minda-Utami.pdf. Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Erlangga : Jakarta. Kotler, P., Kartajaya, H., dan Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: moving from traditional to digital. Kotler, and Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc. Laurent, Felicia. 2016. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 4, No.2. Surabaya: Universitas Kristen Petra. Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat. Martenson, Rita. (2007). “Corporate brand image, satisfaction and store loyalty”. International Journal of Retail and Distribution Management. 35 (7), 544-555. diunduh 12 Juni 2007. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/09590550710755921/f ull/html Mehmood , Waqas and Owais Shafiq. (2015). “Impact of Customer Satisfaction, Service Quality, Brand Image on Purchase Intention”. Journal of Marketing and Consumer Research. Vol.15. Mudiantono, Galih Putro Aji. (2012). “Analisis Pengaruh Brand Image, Service Quality, dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Brand Loyalty”. Diponegoro Journal Of Management. 1 (1), 1-13. Pangestuti, Edriana, Ghalih Galang Tangguh W dan Inggang Perwangsa Nuralam. (Agustus 2018). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan GO-RIDE”. Jurnal Administrasi Bisnis. diunduh Agustus 2018. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFil e/2579/2973 Sani, Ahmad. Maharani, Vivin. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori, Kuesioner, dan Analisis Data. Malang: Uin Press.Setyowati, Sudirman, I Made Stevana Adi Santhika dan I Gusti Agung Ketut Gede Suasana. (2018). “Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan, Komitmen, dan Loyalitas Nasabah Internet Banking di Kota Denpasar”. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia. 1 (4). Setyowati, Erni dan Wiyadi. (2 Desember 2016). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi”. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18 (2), 102-112. diunduh 7 Agustus 2017.http://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/4507/3224 Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. Sunyoto, Suyanto (2011). Analisis regresi untuk uji hipotesis, Yogyakarta: Caps WA. Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Cetakan Pertama). Yogyakarta : Graha Ilmu. Suryonaningsih, Emi, Patrcia Dhiana Paramita dan Leonardo Budi Hasiholan. (2016). Effect Of Price And Image Brand On Consumer Satisfaction With Buying Decision As Intervening. Journal Of Management. Vol. 2, No. 2. Swaid, S.I. dan R.T. Wigand. 2009. Measuring The Quality of E-Service: Scale development and initial validation. Journal of Electronic Commerce Research. 10 (1), 13-28. Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa, Bayumedia. Malang. Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi. „Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup!. Yogyakarta: Andi Offset.‟ Trisnawati, Olivia Mimin dan Syaifuddin Fahmi. (1 Februari 2017). “Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking”. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 4 (2), 174- 184. diunduh 1 Februari 2017. https://doi.org/10.31843/jmbi.v4i2.116 Widiaswara Tias, Sutopo Sutop. (2017). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Club Di Semarang)”. Diponegoro Journal Of Management, 6 (4), 1- 15. Blog Traveloka. (2017). Produk Traveloka. (Diambil pada tanggal 2 Oktober 2017), dari https://www.blog.traveloka.com/article/produk-traveloka/ Feefo. (2018). “Ulasan Traveloka”. (Diambil pada tanggal 13 Maret 2019), dari https://www.feefo.com/in- ID/reviews/traveloka?displayFeedbackType=SERVICE&timeFrame=YEAR Statista. (2019). Indonesia: number of internet users 2017-2023. (Diambil pada tanggal 22 Februari 2019), dari https://www.statista.com/statistics/25446/number-of-internet-user-inindonesia/ Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta citation: Ratri, Isnie Alita (2019) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Trinusa Travelindo. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16188/1/FEB_MNJ_1502025128_Isnie%20Alita%20Ratri.pdf