TY - UNPB EP - 35 Y1 - 2019/// ID - repository16174 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16174/ AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA A1 - Soleh, Choirun N1 - Unpublished TI - Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasaan Pelanggan PT. Pln (Persero) Up3 Ciracas Jakarta Timur N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan PT. PLN (Persero) UP3 Ciracas Jakarta Timur Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Variabel yang diteliti adalah ?Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan? sebagai variabel independen dan ?Kepuasan Pelanggan? sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. PLN (Persero) UP3 Ciracas Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling aksidental. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner. Teknik pengolahan data dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20.0, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji communalities, uji total variance explained, uji component matrix, uji rotated component matrix Berdasarkan confimatory factor analysis, uji communalities X1 di atas 0,5 dengan nilai tertinggi 0,907 yaitu kualitas pelayanan, hasil uji total variance explained 73,87% dengan nilai diatas 50% maka tergolong cukup bagus, hasil uji component matrix pada kualitas pelayanan X1 terdapat di indikator fasilitas fisik dengan nilai 0,815 dan uji rotated component matrix menyatakan bahwa kualitas pelayanan X1, kepercayaan pelanggan X2 dan kepuasan pelanggan Y saling berpengaruh. M1 - bachelor ER -