eprintid: 16055 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/60/55 datestamp: 2022-08-01 07:33:13 lastmod: 2022-08-01 07:33:13 status_changed: 2022-08-01 07:33:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ismail, Yogo title: Pengaruh Kompetensi, Pelayanan Prima dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Aston Rasuna Hotel Jakarta ispublished: unpub subjects: HD28 divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kompetensi, Pelayanan Prima dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Dalam penelitian ini digunakan metode survei. Variabel yang digunakan yaitu Kompetensi, Pelayanan Prima dan Budaya Organisasi sebagai variabel independen dan variabel Kinerja Karyawan sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Aston Rasuna Hotel Jakarta, yang berjumlah 67 orang. Teknik dalam pemilihan sampel dilakukan dengan sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel yang berjumlah 67 orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, pengujian hipotesis uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), analisis koefisien korelasi parsial dan koefisien korelasi berganda. Hasil Analisis Statistik Deskriptif yaitu variabel Kinerja Karyawan (Y) mendapati hasil rata-rata (mean) sebesar 60,69 dengan standar deviasi sebesar 4,710. Variabel Kompetensi (X1) mendapati hasil rata-rata (mean) sebesar 45,90 dengan standar deviasi sebesar 4,440. Variabel Pelayanan Prima (X2) mendapati hasil rata-rata (mean) sebesar 49,41 dengan standar deviasi sebesar 5,496.Variabel Budaya Organisasi (X3) mendapati hasil rata-rata (mean) sebesar 55,92 dengan standar deviasi sebesar 7,086. Hasil model regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Y = 0,883 + 0,357X1 + 0,340X2 + 0,141X3. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan residual berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak ada autokorelasi dan tidak terjadi masalah multikolinearitas, sehingga dapat diinterpretasikan model regresi mempunyai sifat BLUE (Best Linier Unbiased Estimator). Nilai Adjusted R2 sebesar 0,665 artinya variabel independen Kompetensi, Pelayanan Prima dan Budaya Organisasi mampu mempengaruhi variabel dependen Kinerja Karyawan sebesar 66,5% sedangkan sisanya 33,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 39,374 > F 0.05 (3;55) = 2,77, maka dapat diinterpretasikan bahwa Kompetensi, Pelayanan Prima dan Budaya Organisasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hasil uji statistik t yaitu variabel Kompetensi (X1) menunjukkan t hitung sebesar 4,820 > 2,004, maka Kompetensi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Selanjutnya nilai t hitung dari variabel Pelayanan Prima (X2) menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,371 > 2,004, maka Pelayanan Prima secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Serta nilai t hitung dari variabel Budaya Organisasi (X3) menunjukkan nilai sebesar 2,136 > 2,004, maka Budaya Organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Nilai koefisien korelasi parsial variabel Kompetensi (X1) dengan Kinerja Karyawan sebesar 0,602 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan terdapat hubungan Positif, Kuat dan Signifikan. Nilai koefisien korelasi parsial variabel Pelayanan Prima (X2) dengan variabel Kinerja Karyawan sebesar 0,622 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan terdapat hubungan Positif, Kuat dan Signifikan. Nilai koefisien korelasi parsial variabel Budaya Organisasi (X3) dengan variabel Kinerja Karyawansebesar 0,643 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan terdapat hubungan Positif, Kuat dan Signifikan. Analisis koefisen korelasi berganda diketahui bahwa nilai (R) = 0,826 berarti ketiga variabel yaitu Kompetensi, Pelayanan Prima dan Budaya Organisasi secara bersama-sama mempunyai tingkat hubungan yang Sangat Kuat (berada pada interval 0,80 - 1,000) dan Positif terhadap Kinerja Karyawan. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public pages: 37 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Admadjati, Arista, (2018). Layanan Prima dalam Praktik Saat Ini. Yogyakarta: Deepublish. Arikunto, Suharsimi, (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bintoro dan Daryanto, (2017). Manajemen Penelitian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media. Fattah, Hussein, (2017). Kepuasan Kerja & Kinerja Pegawai (Budaya Organisasi, Perilaku Pemimpin, dan Efikasi Diri). Yogyakarta: Elmatera. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Haryono, Budi, (2016). How to Win Customer Through Customer Service with Heart. Yogyakarta: Andi. Kasmir, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Mahsun, Mohamad, (2016). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Pertama. Cet. Ke-6. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Mangkunegara, Anwar Prabu, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan ke-11. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyadi, Deddy, (2018). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan : Konsep dan Aplikasi Administrasi, Manajemen dan Organisasi Modern. Bandung: Alfabeta. Mulyasa, (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Prayitno, Duwi, (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom. Rangkuti, Freddy, (2017). CUSTOMER CARE EXCELLENCE (Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Rismawati dan Mattalata, (2018). Evaluasi Kinerja (Penilaian Kinerja atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan). Makassar : Celebes Media Perkasa. Robbins, S.P., dan Judge, (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat. Sudarmanto, (2015). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi, Cetakan ke-3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutrisno, Edy, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke-8. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sutrisno, Edy, (2016). Budaya Organisasi, Cetakan ke-4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Tim Penyusun Buku Pedoman Penyusunan Skripsi, (2014). Pedoman Penyusuan Skripsi. Jakarta: Uhamka Press. Tjiptono, Fandy, (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit ANDI. Tobari, (2015). Membangun Budaya Organisasi Pada Instansi Pemerintahan. Yogyakarta: Deepublish. Uha, Ismail Nawawi, (2017). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Wibowo, (2016). Manajemen Kinerja, Edisi ke-5. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Afandi, Pandi, dan Bambang Supeno, (2016). The Influence of Competence, Organization Culture and Work Environment to Teacher’s Performance As Well As Its Implication on Grad Competence of State Senior Islam Schoolson Padang City. International Journal of Business and Management. ISSN 1833-3850, E-ISSN 1833-8119 Vol. 11, No. 5: 283-295. Al-Adwan, Abood S. A. dan Al-Tarawneh Samar S., (2017). “The Impact of Electronic Banking Service Quality in Enhancing Performance (A Study on Jordanian Commercial Banks).” International Journal of Human Resource Studies, Macrothink Institute. Vol. 7, No. 3, ISSN: 2162-3058. DOI: 10.5296/ijhrs.v7i3.11344. Arifin, H. Muhammad, (2015). The Influence of Competence, Motivation, and Organization Culture to High School Teacher Job Satisfaction and Performance. International Education Studies. Publish by Canadian Center of Science and Education. Vol. 8, No. 1: 2015. ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039. Awino, Beatrice A., Charles O. O., Beatrice E. A., (2018). Effect of Service Quality Management on Performance of Vernacular Radio Broadcasting Firms in Western Kenya. European Scientific Journal, Vol.14, No. 25, ISSN: 1857-7881, E-ISSN: 1857-7431. Faridha Islamiah, Raisa, (2017). Pengaruh Pelayanan Prima, Komunikasi dan Pengetahuan Produk terhadap Kinerja Karyawan PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya (Digital Library). Hakim, Adnan, (2015). Effect of Organizational Culture, Organizational Commitment to Performance: Studi in Hospital of District South Konawe of Southeast Sulawesi. The International Journal of Engineering and Science (IJES). Vol. 4 Issue 5 PP. (33-41). EISSN : 2319-1813 ISSN : 2319-1805. Mukhtar, Afiah, B. Moding, B. Latief, (2018). The Influence of Competence, Organizational Culture and Work Stress on Job Satisfaction and Performance of Sharia Bank Employees in Makassar. Quest Journals. Journal of Research in Humanities and Social Science. Vol. 6 Issue 5 (58-64) ISSN (Online) : 2321-9467. Nair, Girish, (2016). “Impact of Service Quality on Business Performance in Hospitality Industries: An Empirical Study.” Journal of Tourism, Hospitality and Sports. An International Peer-reviewed Journal. Vol. 17, ISSN: 2312-5187, E-ISSN: 2312-5179. Rina dan Aditya Halim Perdana Kusuma, (2017). Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Kota Makassar. Jurnal Riset Edisi XIX UNIBOS Makassar. Vol. 3, No. 008. Sabuhari, Rahmat dan Ruslan Kamis, (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Karakteristik Kompetensi, Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Layanan Publik Pegawai pada Kantor P.T. Pos Indonesia (Persero) di Kota Ternate. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol. 6, No. 1, (137s-156). Setiawati, Lulu, Budiman C., Lena E., (2017). The Effect of Organizational Service Orientation, Strategic Leadership and Strategic Competence on The Organizational Performance of Private University. International Journal of Advanced Research (IJAR). ISSN : 2320-5407 DOI: 10. 21474/IJAR01/3370. Singh, Kuldip, (2016). Influence of Internal Service Quality on Job Performance: A Case Study of Royal Police Department. 6th International Research Symposium in Service Management (IRSSM). Procedia-Social and Behavioral Sciences 224 (28-34). ISSN:1877-0428. DOI:10.1016/j,sbspro.2016.05.396. Sriekaningsih, Ana, dan Djoko Setyadi, (2015). The Effect of Competence, Motivation and Cultural Organization towards Organizational Commitment and Performance on State University Lecturers in East Kalimantan Indonesia. European Journal of Business and Management. ISSN 2222-1905 (Paper), ISSN 2222-2839 (Online) Vol.7, No.17: 208-219. Sujarwo, Edi, Cicih Ratnasih, Akhmad Sodikin (2018). The Effect of Organizational Culture and Environmental Work on Employee Performance Through Organization Commitment PT. Ciwangi Berlian Motor. International Journal of Business and Applied Science (IJBSS). VOL. 4, ISSUE : 5. E-ISSN : 2469-6501. Summual, Tinneke E. M., (2015). Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai di Universitas Manado. Jurnal Mimbar. Online ISSN: 2303-2499 Vol. 31: 71-80. Suryana H., Achmad, (2016). The Effect of Competency, Motivation and Organizational Culture on The Employee Performance at The Jayakarta Hotel, Bandung, Indonesia. Journal of Business on Hospitality and Tourism. Vol. 02 Issue 1, 136-146. ISSN 2527-9092. Syahrum, Andi, Ida Aju Brahmasari, dan Riyadi Nugroho, (2016). Effect of Competence, Organizational Culture and Climate of Organization to the Organizational Commitment, Job Satisfaction and the Performance of Employees in the Scope of Makassar City Government. International Journal of Business and Management Invention. ISSN (Online): 2319 – 8028, ISSN (Print): 2319 – 801X Vol. 5 Issue 4: 52-64. Tejo, Guntur Aryo, dan Machasin, (2015). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Personil Bid. Humas Polda Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol. 7 No. 3: 437-454. Wasiman, (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Sistem Imbalan terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel di Kota Batam dengan Komitmen Organisasi sebagai variabel perantara. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Vol. 6, No. 3, (305-313), ISSN : 2337-3997, EISSN : 2613-9774. Widodo, Djoko Setyo, (2017). The Influence of Leadership, Competence, and Organizational Culture on Organizational Performance of the BorderRegion mediated by trust. Australian Journal of Basic and Applied Sciences. ISSN: 1991-8178 EISSN: 2309-8414 Pages: 1-9. Yamali, Fakhrul Rozi, (2018). Effect of Compensation, Competencies and Organizational Culture on Organizational Comitment its Implication Experts Performance of Construction Services Company in Jambi Province. International Journal of Advances in Management and Economics (IJAME). Vol. 7 Issue 2 (29-42). ISSN : 2278-3369. Bisnis.Com (13 November 2018). 2019, Perhotelan Indonesia Butuh Tambahan 50.000 Kamar Baru. diunduh 4 April 2019. https://surabaya.bisnis.com/read/20181113/12/859296/2019-perhotelan-indonesia-butuh-tambahan-50.000-kamar-baru citation: Ismail, Yogo (2019) Pengaruh Kompetensi, Pelayanan Prima dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Aston Rasuna Hotel Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16055/1/FEB_MNJ_1302015205_YOGO%20ISMAIL.pdf