eprintid: 16040 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/60/40 datestamp: 2022-08-01 07:02:03 lastmod: 2022-08-01 07:02:03 status_changed: 2022-08-01 07:02:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mutiara, Lala title: Pengaruh Reputasi Perusahaan dan E-Recruitment terhadap Minat Melamar Kerja pada Fresh Graduate Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka ispublished: unpub subjects: HD28 divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini membahas mengenai bagaimana reputasi perusahaan dan E-recruitment berpengaruh terhadap minat melamar kerja pada Fresh graduate Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. Fresh graduate dalam hal mencari pekerjaan dibutuhkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dalam menentukan kemana arah minat untuk melamar pekerjaan. didalam penelitian ini faktor yang dapat mempengaruhi minat melamar kerja fresh graduate ialah reputasi perusahaan dan e-recruitment. Teori yang digunakan didalam penelitian yaitu teori Manajemen Sumber Daya Manusia yang berhubungan dengan reputasi perusahaan dan e-recruitment. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan jenis penelitiaanya deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 139 responden. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linear berganda dengan melakukan uji t dan uji F.Variabel yang diteliti adalah Reputasi Perusahaan dan E-recruitment sebagai variabel independen dan variabel dependen adalah Minat Melamar Kerja pada Fresh graduate Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA.Hasil penelitian dengan menggunakan software SPSS 20.0 menunjukan bahwa 1). Reputasi Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Melamar Kerja. 2). E-recruitment berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Melamar Kerja. 3). Reputasi Perusahaan dan E-recruitment berpengaruh secara simultan terhadap Minat Melamar Kerja. Hal ini dapat diartikan bahwa Minat Melamar Kerja Fresh graduate Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA dipengaruhi oleh reputasi perusahaan dan e-recruitment. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 31 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aryska, M., & Kasmirudin, K. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University). Atmoko, F. K. (2017). Pemakaian Rekrutmen Online di Indonesia Pada Perusahaan-Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Agora, 5(2). Billy Ronaldo Potale, V. L. (2016). Pengaruh Proses Rekrutmen dan Seleksi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Sulutgo, 453-464. Budiman, T., & Handayani, N. P. (2016). Pengaruh Recruitment Source dan Job Seeker's Perception terhadap JOb Seeker's Intention to Pursue the Job di Kompas Gramedia Group. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 64-78. Diansyah, F. E. (2017). Pengaruh kompensasi dan waktu bekerja yang ditawarkan oleh perusahaan terhadap minat melamar kerja (studi kasus keputusan masyarakat memilih bekerja sebagai driver Gojek di PT. Gojek Indonesia Semarang) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo). Fridantara, A. S. (2018). Pengaruh Daya Tarik Perusahaan dan E-recruitment terhadap Keinginan Melamar Pekerjaan pada Calon Karyawan Generasi Y: Peran Reputasi Perusahaan sebagai Variabel Mediasi (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia). Gracia, A., Chan, A., & Adinegara, R. (2018). Analisis Penerapan E-recruitment pada PT. X. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 3(1), 13-19. Herlyana, M. (2016). Pengaruh employer attractiveness dan use of social media terhadap corporate reputation, serta implikasinya terhadap intention to apply for a job, telaah pada job seeker di pt net mediatama televisi (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara). Lc, B. W. (2019). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Freshgraduate Ke Bank Syariah Dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Intervening (Doctoral Dissertation, Iain Salatiga). Nanda, K. D., & Prasetya, A. (2017). Efektifitas Penerapan Metode Rekrutmen Online (E-Recruitment)(Studi Pada PT Industri Kereta Api (INKA)–Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis, 53(1), 96-104. Perdana, I. A. (2019). Peran Persepsi Pencari Kerja terhadap CSR Perusahaan pada Organizational Attractiveness dan Minat Melamar Pekerjaan: Worker Electronic Word-of-Mouth sebagai Variabel Moderator. Permadi, K. D., & Netra, I. G. S. K. (2015). Pengaruh Reputasi, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Oleh Mahasiswa Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(10). Rahayu, T. E. (2018). Pengaruh Reputasi Perusahaan, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Minat Melamar Pekerjaan (Studi Pada Alumni Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung). Rahyuda, A. G., Sumardana, O., & Sintaasih, D. K. Pengaruh Reputasi Perusahaan, Deskripsi Pekerjaan, dan Kompensasi yang Ditawarkan Perusahaan terhadap Minat Melamar Pekerjaan. Buletin Studi Ekonomi, 44249. Ramadhan, B. (2020, Februari 16). Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Dipetik Juni 30, 2020, dari TEKNOIA: https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya. Rimadias, S., & Pratiwi, L. K. (2017). Planned Behavior pada E-recruitment sebagai Penggerak Intention to Apply for Work (Kasus Fresh graduate pada Universitas Swasta di Jakarta). Rumangkit, S., & Aditiya, M. D. (2018, August). Minat Generasi Z pada Penggunaan E-Rekrutmen. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 46-50). Simulasikredit.com. (2013). Dipetik Juni 28, 2020, dari Pengertian kebutuhan primer vs sekunder vs tersier: https://www.simulasikredit.com/pengertian-kebutuhan-primer-vs-sekunder-vs-tersier/ Sitindaon, J. R. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Word Of Mouth Terhadap Niat Menggunakan Situs Online Bukalapak (Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama). Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Sutrisno, D. E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana. Wasis, Moh. Eka (2018). Pengaruh Website Rekruitmen Terhadap Daya Tarik Pelamar Dimediasi Reputasi Perusahaan. Jakarta;UII. Wulandari, N. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa Program Magister Universitas Widyatama (Studi pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Widyatama Bandung) (Doctoral dissertation, Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung). Zahrudini, N., & Afrianty, T. W. (2020). The Impact of Electronic Recruitment towards Employer Branding through Candidate Experience (Survey on Recent Graduates of Business Administration, Faculty of Administrative Science, University of Brawijaya Batch 2013). WACANA, Jurnal Sosial dan Humaniora, 23(1). Zin, S. M., JAAFAR, N., Mat, R. C., Alias, W. N. I. W., & Ashari, E. H. M. E. H. (2016). E-recruitment technology: the effective source of recruitment. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences, 6, 84-89. citation: Mutiara, Lala (2020) Pengaruh Reputasi Perusahaan dan E-Recruitment terhadap Minat Melamar Kerja pada Fresh Graduate Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16040/1/_FEB_MNJ_1602025170_Lala%20Mutiara.pdf