eprintid: 16037 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/60/37 datestamp: 2022-08-01 06:50:13 lastmod: 2022-08-01 06:50:13 status_changed: 2022-08-01 06:50:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Laras, Maudy Tri title: Pengaruh Penetapan Harga Diskon Hari Belanja Online Nasional dan Web Quality 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen ispublished: unpub subjects: HG divisions: Manajemen abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diskon hari belanja online nasional dan web quality 4.0 terhadap keputusan pembelian e-commerce Tokopedia. Dalam penelitian ini digunakan metode survei, yaitu untuk menjelaskan pengaruh antar variabel independen harga diskon hari belanja online nasional dan web quality 4.0 terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Manajemen angkatan 2016 yang berjumlah 253 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 155 orang, dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini diolah dengan perangkat lunak IBM SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga diskon hari belanja online nasional berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 4,484 > ttabel 1.975 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H1 diterima. Variabel web quality 4.0 berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 8,403 > ttabel 1.975 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga H2 diterima. Hasil uji F menunjukan bahwa nilai Fhitung 96,334 > Ftabel 3.06 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga harga diskon hari belanja online nasional dan web quality 4.0 secara silmutan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, maka H3 diterima. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa Adjusted R Square sebesar 0,553. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen adalah 55,3% sedangkan 44,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public pages: 44 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: FEB thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adhitya. (2019). Fenomena Harbolnas, Melalui Harga, Produk, Kemudahan, Keamanan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating Di Komplek Johor Indah Permai II Medan. Alfysyahrin. (2019). Pengaruh Ease Of Use, Trust Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Pada Tokopedia Oleh Masyarakat Kota Pekanbaru. Skripsi. Bungin. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Pertama. Depok: Rajawali Pers. Chotimah. (2019). Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Mobile Shopee. IKIP Muhammadiyah Maumere. Devi. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Skripsi. Dharmamesta. (2016). Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat. Jakarta: EKMA4216. Epriani. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Mizanstore.com Terhadap Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Dan E-S Qual. Skripsi. Experience, H. (2020, januari Senin). Hari Belanja Online Nasional. Diambil kembali dari Hari Belanja Online Nasional: harbolnas.idea.or.id Ghozali. (2013). Kuantitatif dan Kualitatif. Semarang: Yoga Pratama. Harahap, & Amanah. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol 9, No. 2, 2018, ISSN: 2301-8313. Hermiyanti, & Wardi. (2018). A Literature Review On The Influence Of Promotion, Price, and Brand Image to Purchase Decision. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 64. Ibrahim. (2016). Analisis Implementasi Manajemen Kualitas Dari Kinerja Operasional Pada Industri Ekstratif Di Sulawesi Utara. Jurnal EMBA Vo.4 No.2, 859-869. Indriyani, & Helling. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website, Kepercayaan, Promosi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Vol. 5, No. 1, Januari 2018,, 56-68. Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga. Kurniawan, Kusumawati, & Priambada. (2018). Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Pada Website E-commerce. Landaoe, & Sari. (2018). Analisis Kualitas Website E-commerce Pada Website Shopee.co.id Di Indonesia Dengan Menggunkan Metode Webqual 4.0. e-Proceeding of Management : Vol.5, No.3 Dsember 2018, 2988. Lee, & Chen-Yu. (2018). Effects Of Price Discount On Consumers' Perceptions Of Savings, Quality, and Value For Apparel Products: Mediating Effect Of Price Discount Affect. Lee and Chen-Yu Fash Text (2018) 5:13. Leody. (2020, Februari Selasa). Gruda Cyber Indonesia. Diambil kembali dari Garuda Cyber Indonesia: https://garudacyber.co.id Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media. Manik, Salamah, & Susanti. (2017). Pengaruh Metode Wequal 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negri Sriwijaya. Jurnal Elektro Telekomunikasi. Maqhfiroh, & Prihandono. (2019). The Role Of Time Availability In Moderating Hedonic Shopping Motivation Toward Impluse Buying Of Consumer At Harbolnas Event. Management Analysis Journal 8 (2) (2019). Nanda. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Pengalaman Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Skripsi. Nugroho, & Sari. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website Tokopedia Terhadap Kepuasa Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. e-Proceeding of Management : Vol.3, No.3 December 2016 , 2930. Nwokah, & Walker. (2017). Website Quality and Online Shopping of E-tail Store in Nigeria. Journal of Service Science and Management, 2017, 497-517. Putri. (2019). Pengaruh Program Diskon Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Tak Terencana Melalui Emosi Belanja Pada Website Matahari.com. Skripsi. Putri, & Rohman. (2018). The Role of Hedonic Motivation, Reference Group, and Discount Given on Harbolnas toward Online Impluse Buying Behavior: A Case Study in Malang. Rachmatunnisa. (2020, Januri Sabtu). detikinet. Diambil kembali dari detikinet: https://inet.detik.com/ Rahmawan, & Hanifa. (2016). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Diskon Harbolnas Dan Web Quality 4.0 Lazada.co.id Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding SNaPP2016 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Ratih. (2016). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Belanja Online. Skripsi. Sari, & Wibowo. (2017). Analisis Kualitas Website Udata.id Telkom Digital Service Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performace Analysis. e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2 Agustus 2017. Soewadji. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media. Sudjamika. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.com. AGORA Vol. 5, No. 1, (2017). Tama. (2018). Perlindungan Konsumen Atas Pemenuhan Hak Informasi Iklan Diskon Hari Belanja Online Nasional Di Situs Jual Beli Online. Skripsi. Tokopedia, P. (2020, Januari senin). Tokopedia. Diambil kembali dari Tokopedia: https://www.tokopedia.com/ Warhamni. (2019). Pengaruh Promosi, Harga,Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Skripsi. Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis Edisi Kesatu. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Widyatama. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Inovasi Keputusan Pembelian Produk Seblak Basah Instan Mommyindo. Skripsi. Zaifi. (2019). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Tokopedia. Skripsi. Zhang. (2016). Agent-based Modeling of Consumer Purchase Decision-making Process considering Quality of Web. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 20. citation: Laras, Maudy Tri (2020) Pengaruh Penetapan Harga Diskon Hari Belanja Online Nasional dan Web Quality 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16037/1/_FEB_MNJ_1602025145_Maudy%20Tri%20Laras.pdf