eprintid: 15949 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/49 datestamp: 2022-08-04 03:24:30 lastmod: 2022-08-04 03:24:30 status_changed: 2022-08-04 03:24:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Verdawati, Eva title: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Berbasis Hots Kelas VI Sdn Lubang Buaya Jakarta Timur ispublished: pub subjects: C keywords: Status Sosial ekonomi, Minat belajar, hasil Belajar abstract: Tesis ini bertujuan untuk untuk mendapatkan informasi seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua peserta didik dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar Matematika berbasis HOTS pada siswa kelas VI SD di Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Kotamadya Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey kausal dengan teknik analisis jalur. Variabel dalam penelitian terdiri dari dua variable bebas yaitu status sosial ekonomi orang tua siswa sebagai variabel (X1), minat beajar Matematika siswa sebagai variabel (X2), dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar Matematika siswa berbasis HOTS sebagai variabel (X3). Penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan status ekonomi orang tua terhadap hasil belajar matematika berbasis HOTS di Sekolah Negeri se Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.Status ekonomi orang tua siswa tidak menjadi faktor yang terlalu berpengaruh dalam suatu proses belajar, karena kadang-kadang ada orang tua siswa yang memiliki keadaan ekonomi yang berlebih membuat orang tua siswa tidak mempunyai waktu di rumah bahkan untuk memperhatikan hasil belajar anaknya. Status ekonomi orang tua siswa yang kekurangan, tidak jarang orang tua siswa yang berusaha meluangkan waktu di tengah kesibukanya mencari nafkah untuk memperhatikan anak-anaknya dan memperhatikan belajar anak-anaknya. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika berbasis HOTS di Sekolah Negeri se Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Makin baik minat belajar siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar matematika berbasis HOTS, demikian juga sebaliknya semakin buruk minat belajar maka akan membawa dampak pada rendahnya hasil belajar matematika. Karena itu siswa harus dapat membangkitkan minat belajar dan semangat belajar perlu ditingkatkan agar kelak dapat menikmati jerih payah yang telah dilakukan. Selain itu, siswa dalam mendapatkan nilai yang tinggi harus berusaha sesuai dengan kemampuannya sendiri. Tidak terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan status ekonomi orang tua terhadap minat belajar di Sekolah Negeri se Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Status ekonomi orang tua yang rendah justru meningkatkan minat siswa dalam belajar karena siswa tidak ingin membebani orang tua yang telah membiayai pendidikannya dengan sungguh-sungguh. Sedangkan status ekonomi orang tua yang tinggi umumnya mereka bekerja secara profesional sehingga mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengawasi belajar anaknya. Sehingga minat belajar anak berkurang karena minimnya pendampingan dari orang tua. date: 2021-02-18 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas. Awal Nur. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Basrowi. 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor. Galia Indonesia Cipta. Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta. Djaali. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara. Djaali. 2007. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Eggen, Paul D., dan Kauchak, Donald P., 1996. Strategi For Teacher, Teaching Conten and Thinking Skill. Allyn dan Bocon. Boston. Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung. PT Refika Aditama. Hakim, T. 2001. Belajar Secara Efektif. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM. H.M. Sukardi, 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara KRH. Hadjid, 2018. Pelajaran Kiai Haji Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah Ibrahim, 2008, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Rineka Cipta. Khasanah Umi & Istiningrum Andian Ari. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Smkn 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012 Dengan Motivasi Belajar Sebagai Pemoderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No.2, Hal.95- 113. Lie, Anita, 2002. Cooperative Learning: MemperaktikkanCooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta. Ma’ruf, A.H et.al. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 No. 3 Nurdin. 2006. Pengaruh Variabel -Variabel Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI-IPA SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, (online), No.63 (http: //isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/ 12630609.pdf, Diakses tanggal 17 ebruari 2015) Nurdin, et al. 2002. Faktor-faktor Afeksi yang mempengaruhi Hasil Belajar Matematika siswa SMU Negeri di Kota Makassar. Laporan Penelitian. Makassar: Lembaga Penelitian UNM Makassar. Purwasi, L.A & Fitiyana, N. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbantuan Lkpd Berbasis Hots. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3 No. 2. Rangkuti, Annisa fitri & Anggaraeni, Filia Dina. 2005. Hubungan Persepsi tentang Kompetensi Profesional guru Matematika dengan motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Psikologia, (online), Vol 1 No. 2 (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/15712/1/psides2005-% 20%284%29.pdf, Diakses tanggal 17 Februari 2015). Siagian. R. E. F. 2008. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Formatif. 2(2), 122-131. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfa Beta Sugihartono, dkk. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sunarto, Kamanto.2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta. Universitas Indonesia Wisnijati Basuki Abdullah, 2017. Statistika Parametrik dan Non Parametrik Untuk Penelitian. Tangerang: Pustaka Mandiri Suharman. 2005. Psikologi Kognitif (edisi revisi). Surabaya : Srikandi) Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta. Thobroni Muhammad & Mustafa Arif. 2012. Belajar & Pembelajaran. Jokjakarta: penerbit Ar-Ruzz Media. Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta. citation: Verdawati, Eva (2021) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Berbasis Hots Kelas VI Sdn Lubang Buaya Jakarta Timur. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15949/1/SPS_PENDAS1809087047_EVA%20WEDAWATI.pdf