eprintid: 15948 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/48 datestamp: 2022-08-04 03:25:46 lastmod: 2022-08-04 03:25:46 status_changed: 2022-08-04 03:25:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Mega Eka title: Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Penalaran dan Pemahamanan Matematis Pada Siswa Kelas V SDN Sukaraya 03 ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Penalaran, dan Pemahman Konsep Matematis abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode penelitian studi kuasi eksperimen ini dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukaraya 03 Kabupaten Bekasi. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Uji hipotesis pertama melalui uji Mann-Whitney diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,333. Dikarenakan nilai Sig. (2-tailed) = 0,333 > 0,05, dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang belajar dengan embelajaran langsung. Kedua, diketahui nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,072 > 0,05, maka H0 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ketiga, diketahui nilai Sig. (2-tailed) = 0,014 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung. Keempat, diketahui nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,042 < 0,05, maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. date: 2020-11-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Amirullah. (2015) populasi dan sampel (Pemahaman, jenis dan Teknik). Metode Penelitian Manajemen, 17(1993), 197. https://doi.org/10.1007/BF00353157 Angela. (2013). Pengaruh game online terhadap motovasi belajar siswa SDN 05 kelurahan sidomulyo kecamatan samarinda ilir. E-Journal Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Mulawarman, 1(2), hlm 532-544 Brodi, K. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classroom. New York: Springer. Bulandari, K., & Bachri, B.S. (2015). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran matematika materi bilangan sub bagian penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1 (2), hlm. 1-9. Cepsi, D. (2012). Perbedaan efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dan tipe think pairs share (TPS) dengan pendekatan penemuan terbimbing terhadap prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 mlati. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 4(2). [Online]. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/557943/604 Chotimah. (2010). Metode pembelajaran untuk penelitian tindakan kelas. Bandung: Rineka Cipta Departemen Agama RI, Al-Quran dan terjemahnya. Surabaya: Pustaka agung Harapan, 2006 Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional RI no.22 tahun 2006 tentang satuan isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas. Farida, A,H., & Nurhakiki, R. (2012). Penerapan pembelajaran kooperatif TGT dengan menggunakan permainan tic tac toe sebagai upaya peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII E SMPN 1 Sutojayan Blitar. Jurnal Universitas Negeri Malang. 1 (3), hlm 43-55 Hannesey, A., & Dionigi, R. A. (2013). Implementing cooperative learning in australian primary shools: generalist teachers’ perspectives. Issues in Educational Research, 23(1), hlm, 52-68. Hurlock, E. B. (2018). Perkembangan anak. Jilid 1. Jakarta: Erlangga Ibrahim & Hidayati, N. (2014). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa. Journal AgriSains, 5(2), hlm. 115-136. Karunia E. Lestari & Mokhamad Ridwan Yudhanegara, (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama. Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2016). Adding it up: helping children learn mathematics. Washington DC: National Academy Press. Kurniasih, Imas. (2012). UU Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusindo Mandiri. Kumandari, Erna. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT. Tersedia:http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2011/05/11.009- penerapan-Pembelajaran-Kooperatif TGT.pdf. Lie, A. (2014). Cooperative learning: mempraktikan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo. Meltzer, D.E. (2002). The relationshif between mathematis preparation and conceptual learning gains in physics: a possible hidden variable in diagnostic pretest score. American Association of Physics Teacher, 70(12). Millah, I., Parlan, & Sukarianingsih, D. (2013) pengaruh penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) terhadap prestasi belajar siswa kelas x SMA laboratorium UM pada materi hidrokarbon. Jurnal of Teacher Education, 36(2), hlm 43-55. National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Prinsiples and standards for school mathematics. Reston: NCTM. Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap kemandirian belajar dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematis peserta didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan keguruan, 1(1), hlm 43-55. Purwanto, M. N. (2018). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Rosdakarya Purwati, H. (2010). Keefektifan pembelajaranmatematika berbasis ppenerapan TGT berbantuan animas grafis pada materi pecahan kelas IV. E-Jurnal Aksioma, 1(2. [Online]. Diakses dari http://ejurnal. upgrismg.ac.id/indeks.php/aksioma/article/view/57 Rahmadiyati, N. (2012). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan pemecahan masalah matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) pada siswa kelas IV SDN Kretek Bantul. E-Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 2(2), [Online]. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/2264372. Riyanto, B. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika,5(2), hlm. 111-127. Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media. Septiana, M., Mashuri, & Agoestanto, A. (2012). Kefektifan model TGT berbantuan CD rekreatif terhadap motivasi dan hasil belajar. Unnes Journal of Mathematics Educatoin, 1 (2), hlm. 15-21. Setyowati, A., Budiyino, & Riyadi, (2013). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dan fan-n- pick pada prestasi belajar matematika ditinjau dari kecemasan pada matematika. Jurnal FKIP UNS, 1(6), hlm. 606-618. Silberman, L. (2009). Active leraning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Slavin, R.E. (2015). Cooperative learning:teori,risetdan praktik. Bandung: Nusamedia Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumarmo, U. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik. Online. Tersedia di http://id.scribd.com/doc/76353753/B erfikir-dan-Disposisi-Matematik-Utari. Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GRAHA ILMU. Trianto, (2010). Mendesain model pembelajaran inivatif-progresif. Surabaya: Kencana Prnada Media Group. Trisnawati & Wustqa, D.U. (2015). Perbandingan keefektifan quantum teaching dan TGT pada pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (2). Hlm. 297-307. Van De Walle, J. A. (2012). Matematika sekolah dasar dan menengah. (Dr. Suyono, M.Si. Terjemahan). Jakarta: Erlangga. Wijayanto, G. (2013). Peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran teams games tournament (TGT). Pada siswa kelas 3 SDN Jajartunggal III Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), hlm. 1-11 Wilujeng, S. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model teams games tournament (TGT). Journal of Elementary Education, 2 (1), hlm. 45-53. Zakaria, E., Lu Chung Chin, & Daud, Md, Y. (2010). The effect of cooperative learning on students’ mathematics achievement and attitude toward mathematics. Journal of social science, 6(2), hlm. 272-275. citation: Lestari, Mega Eka (2020) Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Penalaran dan Pemahamanan Matematis Pada Siswa Kelas V SDN Sukaraya 03. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15948/1/SPS_PENA1809087079_MEGA%20EKA%20LESTARI.pdf