eprintid: 15947 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/47 datestamp: 2022-08-04 03:25:39 lastmod: 2022-08-04 03:25:39 status_changed: 2022-08-04 03:25:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmawati, Nunung title: Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Disposisi Matematis Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Matematika Realistik, Konsep Matematis abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa, serta mengetahui interaksi pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, berdasarkan tingkat disposisi matematis siswa (tinggi-rendah). Penerapan cluster random sampling dari 3 kelas V SDN Gandaria Utara 03 Jakarta Selatan, diperoleh kelas VA (kelas eksperimen) yang diberikan pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa, dan kelas VB (kelas kontrol) yang diberi pembelajaran ekspositori. Data yang diperoleh melalui soal pemahaman konsep matematis serta angket disposisi matematis siswa yang telah memenuhi validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil analisis data uji ANOVA dua arah dengan bantuan SPSS 24 diperoleh bahwa; (1) pengaruh pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa memberikan hasil terhadap pemahaman konsep matematis siswa lebih tinggi secara signifikan, (2) pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran matematika realistik lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran ekspositori, (3) tidak terdapat pengaruh disposisi matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD. Pembelajaran matematika harus berpusat kepada siswa dengan memanfaatkan benda konkrit yang ada dilingkungan sekitar dan disposisi matematis siswa dapat membantu siswa mengatasi rasa ketakutan dalam belajar matematika, sehingga matematika terasa yang menyenangkan dan mudah. date: 2020-08-12 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1 (2) September 2012: 192-202. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Pendidikan; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. Jakarta: Balai Pustaka. Caballero, A., Blanco, L., Guerrero, E. 2011. Problrm Solving and Emotional Education in Initial Primary Teacher Education. Eurasia Journal of Mathematics of Mathematics, Science & Technology Education. Vol 7 (4): 281-292. Dwi Putra, Harry., Nazmy Fathin Thahiram, Mentari, dkk. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 6 (2): 82-90. El Khuluqo, Ihsana. 2016. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar Fitriani, Kartika, dan Maulana. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, Vol 3 (1) 2016: 40-52. Ghani, Abd. Rahman A. 2017. Handout’s Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Uhamka. Hadi dan Radiyatul. 2014. Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2 (1): 53-61. Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik; Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika Edisi Revisi. Bandung: PT. Refika Aditama. Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Jeheman, Adrianus A., Bedilius Gunur, dan Silfanus Jelatu. 2019. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 8, Nomor 2. Mei 2019. Kusdiwelirawan, A. 2017. Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Mardiah, Fauzan, Fitria, dkk. 2020. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 4. Nomor 2. 2 April 2020. Mariani, Scolastika. 2010. Peengajaran Konsep Pecahan dan Kabataku Pecahan di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang: 119-129. Marsigit, Budiharti, dkk. 2018. Matematika Untuk Sekolah Dasar Sebuah Pendekatan Realistik Reflektif. Yogyakarta: Matematika. Nizam. _____. Ringkasan Hasil-hasil Asessmen Belajar dari UN, PISA, TIMSS dan INAP. Kemendikbud: Puspendik. Novitasari, Wiwik. 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016. ISBN 978-979- 3812-46-5: 304-313. OEDC. 2016. PISA 2015 Results in Focus. © OECD 2016 Rahayu, Ratri. 2017. Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Disposisi Matematis Dan Karakter Cinta Tanah Air. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017: (152-163) Rizkiah Pertiwi, Kiki., Zulkardi, dkk. 2017. Pembelajaran Pecahan Menggunakan Manik Susun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. Vol 2 (2): 153-166. Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sardiman, A. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Sofiyah, Siti. 2015. Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD. Jember: UNEJ. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta. Supardi. 2017. Statistik Penelitian Pendidikan; Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Tresnawati Choridah, Dedeh. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Universitas Siliwangi Bandung, Vol 2 (2) September 2013: 194-202. Ulvah, Shofia, dan Ekasatya Aldilla A. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, Vol 2 (2) November 2016. ISSN 2460-1470: 142-153. Van De Walle, John A. 2008. Edisi Keenam Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2 (Elementary and Middle School Mathematics). Virginia Commonwealth University: Penerbit Erlangga. Wahyu Purnomo, Yoppy. 2015. Pembelajaran Matematika Untuk PGSD Bagaiman Guru Mengembangkan Penalaran Proporsional Siswa. Jakarta: Penerbit Erlangga. Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu. Zarkasyi, Wahyudin., Karunia Eka Lestari, dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama. Pengaruh citation: Rahmawati, Nunung (2020) Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Disposisi Matematis Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15947/1/SPS_PENDAS_1609087041_NUNUNG%20RAHMAWATI.pdf