eprintid: 15946 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/46 datestamp: 2022-08-04 03:24:38 lastmod: 2022-08-04 03:24:38 status_changed: 2022-08-04 03:24:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Marni, Marni title: Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Evaluasi Program Sekolah, Evaluasi program abstract: Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran terkait Program Sekolah Ramah anak meliputi implementasi, faktor-faktor pendukung, serta faktor-faktor penghambat pelaksanaan program tersebut pada jenjang sekolah dasar di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Adapun sekolah yang diteliti memiliki karakteristik sekolah dasar yang telah ditetapkan sebagai Sekolah Ramah Anak, terakreditasi A, dan memiliki guru tersertifikasi lebih dari 60 persen. Secara khusus penelitian dilakukan di SDN Kebagusan 03 dan SDN Jatipadang 05. Penelitian tesis ini menggunakan metode evaluasi kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dalam latar alamiah melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan analisis data. Penarikan kesimpulan penelitian dilakukan atas dasar keterandalan pada hasil temuan penelitian. Hasil penelitian ini menginformasikan hal-hal sebagai berikut, yaitu; (1) dari segi implementasi: (a) Konteks: Program SRA didukung oleh berbagai peraturan baik ditingkat pusat maupun daerah; Implementasi Program SRA dilakukan berdasarkan SK Dinas Pendidikan, namun belum tersosialisasikan, SRA yang terbentuk berada pada tahapan menuju ‘Mau’, belum sepenuhnya mencapai tahapan tersebut; Visi, misi, dan tujuan sekolah sesuai dengan Program SRA; (b) Input: Tata tertib belum sepenuhnya sesuai dengan Program SRA; Pemahaman terkait Program SRA masih beragam; Pendidik dan tenaga kependidikan belum mendapatkan Pelatihan KHA; Sarana prasarana belum memenuhi ketentuan unsur kebersihan, kesehatan, dan keselamatan; (c) Proses: Kegiatan pembiasaan bersesuaian dengan Program SRA; KBM yang dilaksanakan cukup menyenangkan dan terbebas dari diksriminasi; (d) Produk: Pelaksanaan Program SRA dirasakan cukup baik oleh orang tua dan peserta didik. (2) Faktor pendorong dalam mengimplementasikan Program SRA antara lain komitmen kepala sekolah, peran guru, siswa, partisipasi orang tua murid, sarana prasarana, dan lingkungan sekitar sekolah; dan (3) Faktor penghambat dalam mengimplementasikan SRA antara lain sarana prasarana yang kurang memadai, sikap dan perilaku siswa, kurangnya dukungan sebagian orang tua, kurangnya pemahaman guru tentang konsep Program Sekolah Ramah Anak, dan kurangnya komitmen pimpinan dikarenakan hanya menerbitkan SK penetapan namun belum ada sosialisasi, monitoring dan evaluasi secara merata. date: 2020-02-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Buku Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. 2019. Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2019. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Barbara M. Newman and Philip R. Newman. 2012. Development Through Life A Psychosocial Approach. USA: Wadsworth Cengage Learning. Diane E. Papalia dan Ruth Duskin Feldman. 2015. Menyelami Perkembangan Manusia Edisi 12 Buku I. Jakarta: Salemba Humanika. Donald R. Cruickshank, Deborah Bainer Jenkins, dan Kim K. Metcalf. 2014. Perilaku Mengajar Buku I. Jakarta: Salemba Humanika. Eko Putro Widoyoko. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Farida Yusuf Tayibnafis. 2018. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. John W. Santrock. 2012. Perkembangan Masa Hidup Jilid I. Jakarta: Erlangga. John W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Indonesia Educational Statistics 2016/2017 in Brief. Jakarta: Kemdikbud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Seri Pendidikan Orang Tua: Disiplin Positif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Indonesia Educational Statistics 2015/2016 in Brief. Jakarta: Kemdikbud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Indonesia Educational Statistics 2016/2017 in Brief. Jakarta: Kemdikbud. Lexy J. Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mami Hajaroh, dkk. 2017. Analis Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kawasan Pesisir Wisata. Yogyakarta: Penerbit Andi. Rusydi Ananda dan Tien Rafida. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing. Rusdiana, 2017. Manajemen Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia. S. Nasution. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito. Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Tim Penyusun Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. 2013. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Wirawan. 2016. Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pres. W. Lawrence Neuman. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks. Jurnal Hellya Agustina. Dukungan Perilaku Positif oleh Guru untuk Mengurangi Perilaku Mengabaikan Tugas pada Siswa SMA Negeri 3 Banjarmasin. Studia Insania 1(1) April 2013. Ihwan Mahmudi. 2011. CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib 6(1), Juni 2011. Kristanto, Ismatul Khasanah, dan Mila Karmila. 2011. Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (SRA) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal Pendidikan PAUDIA 1(1). Mare Leino. 2011. The Child Friendly School: An Idea Versus Reality. Problems of Education in the 21st Century. Volume 29. Muhammad Nadheem Anwar, Mushtaq Ahmad Malik, dan Asma Khizar. 2016. A Success Story of Child Friendly School Program: The Comparative Analysis. Gomal University Journal of Research, Special Issue IV, December. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbasis Joyful Learning terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Untung Surapati Denpasar Timur. Mimbar PGSD Undiksha, 2013. Ratnasari Diah Utami, Mulat Kurnianingsih Dwi Saputri, dan Farida Nur Kartikasari. 2017. Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak Pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar. The 5TH Urecol Proceeding. 18 Februari. Saniatu Nisail Jannah dan Usep Tatang Sontani. 2018. Sarana dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3 (1) Januari 2018. Solehan. 2018. Konsepsi Panca Dharma Ki Hadjar Dewantara Ditinjau dari Sutu Pandang Pendiidkan Islam. Ta’dib XV (01), Juni 2010. Yuni Martha Nainggolan, Adelina Hasyim, dan M. Mona Adha. 2012. Pengaruh Sikap Kasih Sayang Guru Terhadap Perilaku Siswa Berbudi Pekerti Luhur dan Hasil Belajar Siswa di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Penelitian Ahmad Syafi’i. 2017. Upaya Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2016-2017. Kadek Cahya Utami. 2016. Integrasi Teori/Model Kenyamanan (Kolcaba) Pada Ruang Perawatan Risiko Tinggi. M. In’amul Wafi. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Belajar terhadap Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMAN 11 Semarang. Ranti Eka Utari. 2016. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tempuran Kabupaten Magelang. Ria Trimaya. 2017. Perlindungan Anak dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an. Risal Septiyan Dwi Cahyono. 2017. Peran Guru dalam Penerapan SRA di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Peraturan Perundang-undangan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2017 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/Mts), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 12 Tahun 2015 tentang Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan: pasal 1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah: pasal 2. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1974 Nomor 1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Lembaran Negara Tahun 1950 Nomor 550. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 1998 tentang Hak Asasi Manusia. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1998 Nomor 181, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3789. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 109. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. citation: Marni, Marni (2020) Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15946/1/SPS_PENDAS_1709087008_MARNI.pdf