eprintid: 15944 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/44 datestamp: 2022-08-04 03:25:26 lastmod: 2022-08-04 03:25:26 status_changed: 2022-08-04 03:25:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pangestu, Catur Budi title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas 5 Ditinjau dari Kecerdasan Numerik ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Numbered Head Together (NHT), Jigsaw, Kecerdasan Numerik, dan Hasil Belajar Matematika abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar Matematika pada materi perkalian dan pembagian pecahan di kelas 5 MI Pembangunan UIN Jakarta ditinjau dari kecerdasan numerik. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen yaitu dengan melakukan (treatment) dengan rancangan desain treatment by level 2 x 3. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan jigsaw dan kecerdasan numerik tinggi, sedang dan rendah. Sasaran penelitian dalam populasi ini adalah seluruh siswa kelas 5 MI Pembangunan UIN Jakarta yang beralamat di di Jl. Ibnu Taimia IV Kompleks UIN Jakarta. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan dibantu dengan menggunakan program excel dan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji hipotesis hasil belajar Matematika. Diketahui Nilai thitung sebesar 4,478, mengacu pada nilai ttabel pada rumus (α/2);(df) sama dengan (0,05/2) ; (98) adalah 2,000. Dengan demikian nilai thitung sebesar 4,478 > ttabel, 2,000 maka berdasarkan dasar pengambilan keputusan melalui perbandingan nilai thitung dengan ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti hasil belajar Matematika kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. date: 2020-11-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdulwahab, Wisnijati B. 2013. Statistika parametrik dan nonparametrik untuk penelitian. Tangerang: Pustaka Mandiri. Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak berkesulitan belajar: teori, diagnosis dan remediasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Afriza, Satria, dkk. 2016. Pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM): Pendidikan fisika 1(4) Oktober 2016: 161–163. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/825. Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama. Amir, Zubaidah & Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Astuti, Ida AK, dkk. 2013. Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik. E–jurnal program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3. 2013: 1–10. http://oldpasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view /524 Budi Pangestu, Catur dan Kadir. 2019. Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Juni 2019: 54-62. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/ Chandra, Aristo dan Team. 2018. Rekor nilai 709,5 TPA versi OTO BAPPENAS. Yogyakarta: Forum Edukasi. Fathani, A.H. 2012. Matematika hakikat dan logika. Yogyakarta: Ar–Ruzz Media. Gunur, Bedilius, dkk. 2018. Hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di pedesaan. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6(2). Desember 2018: 148–160. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/148-160. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hamdayana, Jumanta. 2017. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia. Hardianti, dkk. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dengan Kovensional Kelas XI IPA SMA NEGERI 3 Kendari. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3007. Huda, Miftahul. 2017. Model – model pengajaran dan pembelajaran: isu–isu metodis dan pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Indrawati, Farah. 2013. Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal ilmiah pendidikan mipa. 3(3). Irawan, Ari. 2014. Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Jurnal formatif. 4(1). 2014: 46–55. Isrok’atun & Rosmala, Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. Jasmine, Julia. 2019. Metode mengajar multiple intelligences: membangkitkan potensi kecerdasan siswa dalam praktik pembelajaran, bacaan guru modern agar siswa meraih kecerdasan sesuai potensi yang dimiliki. Bandung: Nuansa Cendikia Publishing and Printing. Kistian, Agus. 2018. Genta Mulia. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. 2 Juli 2018:71-82. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/download/169/157. Kurniawan, Wawan, dkk. 2017. Memahami dan Membuat Penelitian Tindakan Kelas Panduan Mudah Membuat PTK. Tangerang: PT Pustaka Mandiri. Kustawan, Dedy. 2013. Analisis Hasil Belajar, Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT. Luxima Metro Media. Muri Yusuf, A. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP Nur, M Irwan, dkk. 2016. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1). Januari 2016: 99–112. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3055 Prayekti, Hesty, dkk, 2019. The Effect of Numbered Heads Together (NHT) Model Assisted with Audio Visual Media On The Learning Outcome of Identifying Story Elements of Students Grade V. Journal of primary Education. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26485. Purnomo, Sigit dan Novita, Dian. 2018. Melatihkan kecerdasan logis matematis peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi laju reaksi kelas XI SMA Negeri 1 Krian Sidoarjo. Unesa Journal of Chemistry Education. 7(2). May 2018: 136–142. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical education/article/view/23889/0 Purwanto. 2016. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rahmasari, Lisda. 2012. Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasam terhadap kinerja karyawan. Majalah ilmiah Informatika. 3(1). Januari 2012: 1–20. http://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalahilmiah- informatika/article/view/58 Rahayu, Siti and Suningsih, Ari, 2018. The Effect of Type Model Numbered Head Together and Think Pair Share. International Journal of Trends in Mathematics education Research. http://ijtmer.com. Renol HS, Sahat, dkk, 2017. The Effect of Problem Based Learning (PBL) Model and Jigsaw Type of Cooperative Learning Model with Prezi Aid on The Students Learning Outcome. International Conference on Teacher Training and Education. http://creativecommons.org/licences/by-nc/4.0/. Rizkillah, Putra FMP dan Sondang, Meini. 2014. Perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dengan tipe Jigsaw pada mata pelajaran teknik elektronika dasar kelas X di SMK Negeri 1 JETIS Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 03(02). 2014: 129–136. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan- teknik-elektro/article/view/8143 Rusman. 2016. Model–model pembelajaran: mengembangkan profesionalisma guru. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Saefuddin, Asis dan Berdiati, Ika. 2016. Pembelajaran efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Suendarti, Mamik, 2017. The Influence of Jigsaw Learning Model on The Ability of Resolution Natural Science of Middle East Junior High School Students Indonesia. International Journal of Environmental & Science Education. citation: Pangestu, Catur Budi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas 5 Ditinjau dari Kecerdasan Numerik. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15944/1/SPS_PENDAS_1709087032_CATUR%20BUDI%20PANGESTU.pdf