eprintid: 15943 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/43 datestamp: 2022-08-04 03:24:48 lastmod: 2022-08-04 03:24:48 status_changed: 2022-08-04 03:24:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kusumawati, Eni title: Pengembangan Model Project Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Abad 21 ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Project Based Learning, Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, Kreatif abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Project Based Learning (PjBL) yang efektif dalam upaya meningkatkan keterampilan abad 21, khususnya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif (4C). Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development dengan langkah-langkah ADDIE analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari masukan Litbang sekolah, Kepala Sekolah dan Tim Guru Kelas IV mengenai pengembangan model PjBL, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi pengembangan model dan perangkat PjBL, keterlaksanaan model PjBL, hasil penilaian proyek drama pada tahap satu dan dua, hasil observasi guru, penilaian antara teman dan penilaian diri sendiri terhadap keterampilan 4C. Penelitian pengembangan diuji oleh validator dan diimplementasikan dalam dua tahap PjBL dengan proyek mini drama di tahap satu dan drama besar di tahap dua. Penelitian ini menghasilkan: keterlaksanaan dan perangkat PjBL diperoleh data sangat baik; proyek mini drama tahap satu mendapat nilai baik dan tahap dua mendapat nilai sangat baik serta mendapatkan tanggapan positif dari angket audiens; hasil observasi guru, penilaian antar siswa dan penilaian diri terhadap keterampilan 4C siswa efektif meningkat dari tahap satu ke tahap dua. Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. date: 2020-02-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdulah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara Aldabbus, Shaban Dr. 2018. Project-Based Learning: Implementation & Challenges. International Journal of Education, Learning and Development, Vol.6, No.3, pp.71-79, March. Ahiri, Jafar. 2008. Teknik Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press. Ardianti, Sekar Dwi; Pratiwi, Ika Ari & Kanzunnudin, M. 2017. Implementasi Project Based Leaning (PJBL) Berpendekatan Science Eduatinment terhadap Kreativitas Peseta Didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatana Praktik.Rineka Cipta, Jakarta. _________________ 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta BNSP/Depdiknas 2010 Budiningsih, C. Asri. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta. Creswell, John W. 2014. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Daryanto & Syaiful Karim. 2017.Pembelajaran Abad 21.Gava Media. Yogyakarta. Depdikbud. 1997.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Balai Pustaka. Jakarta Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Depdiknas. Jakarta Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Muhammad. 2006. Strategi Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta. Drake M, Susan & Reid L, Joanne. Integrated Curriculum as an Effective Way to Teach 21st Century Capabilities. Asia Pacific Journal of Education Research. 2018 Vol 1 (1):31-50. Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Rajawali Pres. Jakarta Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA.Ar Ruzz Media. Yogyakata. Fathurrohman & Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Jakarta George. 2005, The George Lucas Educational Foundational. Gora (2009). Menggagas Penerapan Strategi PJBL (Project Based Learning) untuk Bidang Studi Teknik Informatika. http:// gora.wordpress.com/2009/11/13/ menggagas-penerapan-stategi-PJBL-project-based-learning.diakses 23 Maret 2013 Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recomandation. North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal vol. 5. Hamalik, Oemar. 2005.a. Proses Belajar Mengajar.Bumi Aksara. Jakarta. ______________ 2005.b. Kurikulum dan Pembelajaran.Bumi Aksara. Jakarta. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalla Indonesia. Bogor. Ibrahim, 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Indrawati dan Wanwan., Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. P4TK IPA. Yogyakarta. Jagantara, I.M.W, Adnyana, P.B & Widiyanti, NLPM. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dengan Gaya Belajar Siswa SMA. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Kemendikbud. 2013. Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning). http//www.staff.uny.ac.id Kemendikbud. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud. Jakarta. ___________ 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Kemendikbud. Jakarta. Liliweri, Alo. 2003. Komunikasi Antarpersonal. Prenada Media. Jakarta. hal 4 Majid, Abdul. 2013.Strategi Pembelajaran. Rosdakarya. Bandung. Moloeng, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992. Mishra, Rishabh Kumar. 2014. Understanding the Cultural Situatedness of Learning. Implications for Pedagogy. International Journal of Pedagogy and and Curriculum. Volume 20, Nomor 3, hal. 21-31 Mujis dan Reynold. 2008. Effective Teaching. Teori dan Aplikasi. Pustaka Belajar. Yogyakarta. Mulyana, Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Bandung.hal 69 Narti, Yuni. 2016. Thematic Learning Implementation in Elementary School (Phenomenology Studies in Pamotan SDN 01 Majangtengah Dampit Malang). International Journal of Science and Research (USR). Volume 5 Issue 11, hal 1849-1855. Nelson, Bob & Dean Spitzer, Ph.D, The 101 Rewards & Recognition Fieldbook.2000. Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta. Pithers, R.T., Critical Thinking in Education: a review. Educational Research, 2000. Rais, M. 2010. Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skill. Makalah dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. 11 Desember 2010. Rosyada, Rosada. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Prenada Media, Jakarta, 2004. Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Grup. Jakarta Santi, Triana Kartika. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Progresif. Volume 7 Nomor 21, hal. 74-83. Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta. Satori, Djam‟an & Aan Komariah, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Sholahudin, Mahfud. 1991. Metodologi Pendidikan Agama. Bina Ilmu. Surabaya Situmorang, Jamisten, 2018. Higher Order Thinking Skills. Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. MDP Media. Bandung Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta. Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Raja Gafindo Persada. Jakarta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung. ________ 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta, Bandung. ________ 2017. Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta, Bandung Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Raja GrafindoPersada. Jakarta. The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. http//www.edutopia.org.modules/PBL/whatpbl.php.2005 Thomas, J.W. 2000. A Review of Research on Problem Based Learning. California : The Autodesk Foundation. http://www.bobpearlman.org/BestPratices/PBL.Research.pdf Trianto, M.Pd, 2012. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta Trisdiono, Harli WM. 2013. Strategi Pembelajaran Abad 21.Yogyakarta. Trilling & Fadel. 2009, 21st Century Skills:Learning for Life in Our Times.San Francisco: Jossey-Bass. UU Sisdiknas 2003 Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara. Winkel, W.S. 2009, Psikologi Pengajaran. Yogyakarta, Media Abadi. Wiryanto.2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. SemarangPengantar Ilmu Komunikasi Grasindo Wrenn, Jann and Bruce. 2009. Encharcing Learning by Integrating Theory and Practice. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Vol. 21 Nomor 2, hal. 258-265. Wright, Gloria Brown, 2012. Student-Centeed Learning in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Volume 23 Nomor 3, hal 92-97. Wrigley, H.S. 2003. Knowledge in Action : The Promise of Project Based Learning, Focus and Basic. Journal vol. 2. h.3. Pengembangan citation: Kusumawati, Eni (2020) Pengembangan Model Project Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15943/1/SPS_PENDAS_1709087035_ENI%20KUSUMAWATI.pdf