eprintid: 15941 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/41 datestamp: 2022-08-04 03:25:35 lastmod: 2022-08-04 03:25:35 status_changed: 2022-08-04 03:25:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nuryati, Sri title: Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Media Presentasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Pembelajaran Kooperatif, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar abstract: Tesis ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dan Belajar Bersama berbasis media presentasi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas V MIS Pembangunan UIN Jakarta tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 peserta didik dari populasi terjangkau 219 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 3x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes penilaian skala sikap dan tes pengetahuan. Analisis terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: : (1) model pembelajaran kooperatif berbasis media presentasi tipe Investigasi Kelompok memberikan hasil belajar IPS yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis media presentasi Tipe Belajar Bersama yaitu thitung (6,618) > ttabel (1,980), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Investigasi Kelompok maupun Belajar Bersama dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS yaitu Fhitung (4,715) > Ftabel (4,045), (3) pada kategori kemandirian belajar tinggi hasil belajar IPS yang mendapat perlakuan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan perlakuan model pembelajaran Belajar Bersama yaitu thitung (8,218) > ttabel (1,980), (4) pada kategori kemandirian belajar sedang hasil belajar IPS yang mendapat perlakuan model pembelajaran Investigasi Kelompok lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan perlakuan model pembelajaran Belajar Bersama yaitu thitung (2,988) > ttabel (2,086), (5) pada kategori kemandirian belajar rendah hasil belajar IPS yang mendapat perlakuan date: 2020-02-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya. Akwara, S. W. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Retrieved from Blogspot.com website: http://slfns.blogspot.com/ Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886 Almeda, R., & Sahyar. (2017). Effect of Cooperative Learning Model type Group Investigation Assisted PhET to Students ’ Conceptual Knowledge. Journal of Research & Method in Education, 7(4), 75–80. https://doi.org/10.9790/7388- 0704037580 Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Azizah Maulida, Isni; Kuswari Suprapto, Purwati; Surahman, E. (2015). Perbedaan hasil belajar siswa yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Learning Together (LT). Pendidikan Biologi. Retrieved from https://docplayer.info/33979134- Cooperative-learning-model-group-investigation-and-learning-together-typestudents- achievement-ecosystem.html Daryanto, S. K. (2017). Pembelajaran Abad 21 (Cetakan I). Yogyakarta: Penerbit Gava Media. Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Lembaran Negara Republik Indonesia No. 78 Tahun 2003. Dimyati, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Dwirahayu, G. K., Komalasari, K., & Mulyadi, A. (2019). The Influence of Interactive Powerpoint Multimedia in Social Studies Learning on Concept Understanding of Students ` Social Mobility. 4(1), 51–56. Gea, A. A. (2003). Character Building I Relasi dengan Diri Sendiri (Edisi Revisi). Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in Schools. International Journal of Research in Education and Science, 1(2), 175. https://doi.org/10.21890/ijres.23596 Gunawan, B. (2015). Penerapan Teori Belajar Vygotsky dalam Interaksi Belajar Mengajar. Retrieved from Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/baktigunawan/550d985b8133115d22b1e4d8/penera pan-teori-belajar-vygotsky-dalam-interaksi-belajar-mengajar Gunawan, I. B. D.-D. N. (2017). Manajemen Pendidikan : Suatu Pengantar Praktik. Hamdani, D. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dengan Media Software Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Xi Ipa I Man Model Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, VIII(2), 54–63. Hermawati, Z., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Together Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 36–41. Hiba Dertyana Siregar dan Motlan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dan Pemahaman Konsep Awal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 53. Hobri, Dafik, & Hossain, A. (2018). The implementation of learning together in improving students’ mathematical performance. International Journal of Instruction, 11(2), 483–496. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11233a Jafar Ahiri, A. R. G. & L. D. (2017). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran (Cetakan 1; M. A. M. Binfas, Ed.). Jakarta: Uhamka Press. Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching & Learning (I). Bandung: Mizan Media Utama. Kamil, M. (2009). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama. Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. In Lembaran Negara Republik Indonesia No. 71 Tahun 2013. Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. In Berita Negara Republik Indonesia No. 955 Tahun 2016. Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang KI dan KD. In Berita Negara Republik Indonesia No. 1692 Tahun 2018. Larasati, N., Santosa, S., & Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dipadu Peta Konsep terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa The Influence of Cooperative Learning Model of Group Investigation Type Combined Concept Map to Student ’ s Creative Thinking S. Proceeding Biology Education Conference P-ISSN: 2528-5742, 15, 130–137. Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI : Perencanaan dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Autentik (Cetakan Pe; K. Engkus, Ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Maryanto, D. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V (II). Jakarta: Pusat Kurikulum Kemendikbud. Mediatati, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI B Pada Mata Pelajaran PKN di SMK PGRI II Salatiga. Satya Widya, 28(1), 39–54. Meier, D. (2003). The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa. Meyer, B., Haywood, N., Sachdev, D., & Faraday, S. (2008). What is independent learning and what are the benefits for students ? How is independent learning viewed by teachers ? London: Department for Children, Schools and Families Research Report, 051, 1–6. Muhlis. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–24. Mujibul H., S. (2013). Group Investigation Model of Teaching: Enhancing Learning Level. Indian Journal or Research, 3, 78–80. Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran: Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global (II). Malang: UIN-Maliki Press. Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students’ early ability. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 12(3), 689–708. Mushoddik, Utaya, S., & Budijanto. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MAN 6 Jakarta. Jurnal Geo Edukasi, 5(2), 1–10. Mustofa, Ardesta Angga Adien; Slameto; Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 6(21). Nagpal, Kavita; Priyamakhija; James, L. G. (2013). Independent learning and student development. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(2), 27–35. Nas, M., & Sulistyo, E. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal Video Di Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3). Nupiksani, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas VI SDN Rejoagung 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan FKIP Universitas Jember, 4(4), 13–24. Nurkholis, E., Miarsyah, M., & Indrayanti, R. (2018). The Influence of Self-Efficacy and Learning Independence Againts The Outcomes of The Study Material on Ecosystem Biology High School Student of Grade X. Indonesian Journal ofScience and Education, 2(1), 75. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.597 Papalia, D. E. ;e. al. (2010). Human Development (Psikologi Perkembangan) (9th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Prayekti. (2018). The Influence of Cognitive Learning Style and Learning Independence on the Students’ Learning Outcomes. Higher Education Studies, 8(2), 37. https://doi.org/10.5539/hes.v8n2p37 Riadi, M. (2012). Model Pembelajaran Group Investigation. Retrieved from Kajian Pustaka.com website: https://www.kajianpustaka.com/2012/10/modelpembelajaran- group-investigation.html Rirymardian. (2013). Metode Pembelajaran Scaffolding. Retrieved from Blog Guru Ekonomi website: https://rirymardiyan04.wordpress.com/2013/04/27/86/ Rosdijati, N. (2017). Erlangga Straight Point Series (ESPS) Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga. Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21 (Cetakan Ke). Bandung: Penerbit Alfabeta. Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Saefuddin, Asis & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif (Cetakan I). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sanjaya, Wina ; Budimanjaya, A. (2017). Paradigma Baru Mengajar (I). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sari, Elsa Sulfiana; Dewi, T. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Learning Together (LT) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(1), 52–57. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (Cetakan I). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Silviana, F. (2017). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 39–43. Spencer, L. (2019). PowerPointvs Keynote vs Google Slides: Manakah Sofware Presentasi yang Terbaik? Retrieved from https://business.tutsplus.com/id/articles/powerpoint-vs-keynote-vs-google-slideswhat- is-the-best-presentation-software--cms-26831 Suartama, I. K. (2010). Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya. Suh, H. (2011). Collaborative Learning Models and Support Technologies in the Future Classroom. International Journal for Educational Media and Technology, 5(1), 793. Retrieved from https://archive.org/details/historyofwomansu04stanuoft Suid; Syafrina, A. T. (2017). Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1(1), 70–81. Sumiati;Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Suntari, Y. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu PengetahuanSosial. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25, 7–15. Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning (Cetakan XI). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Susilana, Rudi ; Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Tahar, I. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–101. Retrieved from http://simpen.lppm.ut.ac.id/htmpublikasi/tahar.pdf Tariani, Ni Kdk; Sumantri, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 104–113. Technology, E. (2019). Pengertian G Suite For Education dan Manfaatnya. Retrieved from https://blog.eikontechnology.com/pengertian-g-suite-for-education-danmanfaatnya/ Thovids, M. (2015). Cara Membuat Presentasi Yang Menarik Dengan Google Slides – TrainingPresentasi (p. 7). p. 7. Wahab, A. A. (2012). Metode dan Model-Model Mengajar (Cetakan Ke). Bandung: Penerbit Alfabeta. Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS : Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Wirayana, I Kadek Darma Yoga Andika; Tastra, I Dewa Kade & Kusmariyatni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 12. Yanti Silvia, S. E. S. (2017). Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. (December), 1–10. Yusuf, Yusnidar; Syaiful, Endy; Hermala Anindita, T. (2013). Classroom Action Research: Using Interactive Learning Media to Improve Students’ Colligative Solution Learning Outcome. In Workshop Proceedings of the 21st International Conference on Computers in Education, ICCE 2013. Yusuf, Y. (2017). Learning Chemistry by ICT (Virtual Animation) at Maumere High School, East Nusa Tenggara. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2(1), 67. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i1.138 citation: Nuryati, Sri (2020) Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Media Presentasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15941/1/SPS_PENDAS_1709087059_SRI%20NURYATI.pdf