eprintid: 15939 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/39 datestamp: 2022-08-04 03:33:08 lastmod: 2022-08-04 03:33:08 status_changed: 2022-08-04 03:33:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewanti, Meike Anjar title: Perbedaan Pencapaian Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematis Yang Mengikuti Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Dan Ekspositori Dalam Daring Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V Sd Negeri Cipayung ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Pendekatan RME, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran daring abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan melalui pendekatan RME dengan zoom meeting, dan pendekatan ekspositori melalui google classroom terhadap siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Cipayung, Sukmajaya Depok pada kelas V semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian Randomized Control Group Posttest Design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 48 siswa dengan teknik cluster random sampling. Treatment yang dilakukan guru pada kelas eksperimen menggunakan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) disesuaikan dengan prinsipprinsip RME melalui zoom meeting atau video conference. Sedangkan, treatment yang dilakukan guru menggunakan pendekatan Ekspositori dengan google classroom. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis serta angket. Instrumen diuji validitas dan reliabilitas menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis dilakukan dalam penelitian ini dengan uji chi square dan uji homogenitas bartlett. Setelah diberi perlakuan, kemudian dianalisis dan didapat hasil untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan berdistribusi homogen. Hasil analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur dengan taraf 1% dan didapat kesimpulan Pertama, Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan motivasi tinggi melalui pendekatan RME zoom meeting dan pendekatan ekspositori google classroom. Kedua, Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan motivasi rendah melalui pendekatan RME zoom meeting dan pendekatan ekspositori google classroom. Ketiga, Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan motivasi tinggi melalui pendekatan RME zoom meeting dan pendekatan ekspositori google classroom. Keempat, Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan motivasi rendah melalui pendekatan RME zoom meeting dan pendekatan ekspositori google classroom. Kelima, Tidak terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis terhadap siswa yang memiliki motivasi berprestasi tingkat tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tingkat rendah. date: 2020-11-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdul Aziz dan Abdusysyakir. (2006). Analisis Matematis Filsafat Al Qur’an. Malang: UIN Malang Press. Bahreisy, S. B. dan A. (n.d.). Tarjamah Al Qur’an. Bay-Humaniora. (2019). Merdeka Belajar Menuju Pendidikan Ideal. Retrieved from https://mediaindonesia.com/read/detail/278427-merdeka-belajarmenuju- pendidikan-ideal Behr. (2012). How do 13-years Olds in malaysia Compare Fractions?. Procedia Social and Behavioral Science. Journal Science, 100–105. Bryan. (2020). PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN C0RONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9). LPMP. Retrieved from https://lpmpsulawesiutara.kemdikbud.go.id/pelaksanaan-kebijakanpendidikan- dalam-masa-darurat-penyebaran-c0rona-virus-disease-covid-1-9/ diakses pada 6 Juli 2020 Pukul 22.57 Chisara, C. (2018). Implementasi Pendekatan RME dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Sesiomadika, 65–72. Depdiknas. (2007). Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Depdiknas. Dwija, I. W. (2008). Hubungan Antara Konsep Diri Motivasi Berprestasi Dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1, 628–649. Endah, N. A. (2017). Perkembangan Pemahman Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Teori Pirie-Kieren Pada Topik Pecahan. Jurnal Pendidikan, 26, 77–88. Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools: Thesis University of Twente, Enschede-With refs. CIP-GEGEVENS KONINKLIJKE BIBLIOTHEEK, DEN HAAG. University of Twente Enschede. Fauzan, A., & Yerizon. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 7–14. Hamzah B Unoi dan Satria Koni. (2016). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Haqiqi, M. I., Mariani, Scolastika., & Masrukan. (2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan. Jpe, 6(1), 21–26. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe Hasan, I. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. Hasanah, A. (2004). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah yang Menekankan pada Representasi Matematik. UPI Bandung. Herdian. (2010). Kemampuan Komunikasi Matematika (online). Retrieved from http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasimatematis/ Herman, M., Arnawa, I. M., & Ardipal, A. (2019). The Effect of Realistic Mathematic Education (RME) toward Motivation and Learning Achievement of the Fourth Grade Elementary Students, 178(ICoIE 2018), 508–511. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.109 Irdawati, A., Marlina, R., Marlina, & Murni, I. (2019). Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Enhance Mathematical Cognition of Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012140 K., N. (2012). Keterkaitan Kemampuan Matematis dengan Pendekatan Pendidikan Matematika. Makalah Seminar Matematika FKIP. Palembang: Universitas PGRI Palembang. Karso. (2015). Modul PDGK 4203 Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka. Kaya, D. (2016). Elementary Mathematics Tecahers’ Perceptions and Lived Experiences on Mathematical Communication. Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12, 1619–1629. Khuluqo, D. I. E.-. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Kline. (2020). Hakikat Matematika. Bandung: UPI. KR, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1, 26. Kusaeri, D. (2014). Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Latipah, E. D. P. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Journal Mathematics, 17, 1. Mannik Aji, S. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang Tahun PelajaranMartin, S. P. a. L. (2015). The Role of Collection in the Growth of Mathematical Understanding. Journal of Mathematic Education Research, 2, 127. Masrukan. (2008). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Meel, D. E. (2013). Models and theories of Mathematical Understanding: Comparing Pirie and Kieren’s Model of the Growth of Mathematical Understanding and APOS Theory. Journal of CBMS, 12, 133. Muchtar A. Karim, d. (2011). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Depdiknas. Muhtadi, D. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Mosharafa, 6, 7. Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2018). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.289 Murizal, A. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UP, 1, 20–21. Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (online) pada mata kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 kelas, Jurusan Administrasi Bisnis, FEB BSI. Jurnal Aksara Public, 4, 155–165. Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 13–24. Nuriadin, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2015). Enhancing Of Students’ Mathematical Reflective Thinking Ability Through Knowledge Sharing Learning Strategy In Senior High School. International Journal of Education and Research, 3(9), 255–268. Pratama, N. A. E. (2017). Perkembangan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Teori Pirie-Kieren Pada Topik Pecahan. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 77–88. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p077 Puspitasari, I. H. d. D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia. Rahmawati, E. N. (2013). Profil Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Field Trip Pada Konsep Ekosistem. Bandung: UPI. Retrieved from perpustakaan.upi.edu citation: Dewanti, Meike Anjar (2020) Perbedaan Pencapaian Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematis Yang Mengikuti Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Dan Ekspositori Dalam Daring Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V Sd Negeri Cipayung. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15939/1/SPS_PENDAS_1809087055_MEIKE%20ANJAR%20DEWANTI.pdf