eprintid: 15931 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/59/31 datestamp: 2022-08-04 03:25:00 lastmod: 2022-08-04 03:25:00 status_changed: 2022-08-04 03:25:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lani, Lani title: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika. ispublished: pub subjects: C divisions: 86122 keywords: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Pendekatan Pembelajaran Konvensional, Gaya Berpikir Divergen, Gaya Berpikir Konvergen, Hasil Belajar Matematika Siswa. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan konvergen yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional, dan interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Matematika siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan treatment by level 2 x 2. Menghitung uji normalitas distribusi masing-masing kelompok menggunakan uji Kolomogrov-Smirnov, uji hipotesis dengan uji-tsample Independent dengan bantuan program komputer software SPSS 24.0 for windows.Selain uji-tsample Independent digunakan juga Analisis Varians (ANAVA) satu jalur pada taraf signifikan  = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Duri Kepa 07 kelas V pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Uji instrumen dengan uji validitas dan realibilitas, uji validitas dengan rumus korelasi product moment dengan angka kasar untuk angket gaya berpikir didapat 12 soal yang valid dan 13 soal yang tidak valid, sedangkan untuk instrumen hasil belajar Matematika didapat 9 soal yang valid dan 1 soal yang tidak valid. Soal-soal angket dan istrumen yang sudah valid dijadikan angket dan instrumen penelitian. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar Matematika siswa : yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional, yang memiliki gaya berpikir divergen yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada pendekatan konvensional, yang memiliki gaya berpikir konvergen yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada pendekatan pembelajaran konvensional, terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Matematika. date: 2019-12-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Achdiyat, M., & Andriyani, F. 2016. Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Juni: 3 Al-Tabrany, T. I. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Ananda,N; Fauzi & Yamin, M. 2018. Gaya Berpikir Siswadalam Menyelesaikan SoalMatematika Kelas IV di MIN Peukan Bada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar KIP Unsyiah 3 (1) Januari 2018: 2. Anastasi, A &Urbina, S. 2006. Psychological Testing:Tes Psikologi Edisi 7.Terjemahan Drs. Robertus Hariono et al. Jakarta: PT Indeks. Anitah, S. 2014. Materi Pokok Strategi Pembelajaran di SD 1-12; PDGK4105/4sks/Cet 21; Ed.1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Chermahini, S. A., & Hommel, B. (2012). Creative mood swings: Divergent and convergent thinking affect mood in opposite ways. Psychological Research. June 2011. Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran. April 2018: 2. Eduan, E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Minat Belajar Matematika. Disertasi. 2018. Glynn, S. M., & Winter, L. K. (2004). Contextual Teaching and Learning of science in elementary schools. Journal of Elementary Science Education. 2004: 16. Hasibuan J.J. & Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar Cetakan ke-15. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hendriana, H.&Soemarno, U. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Revika Aditama. Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Johnson, E. B. 2014. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna.Terjemahan, Ibnu Setiawan.Bandung: Kaifa. Kementerian, K. P. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi Cetakan ke-4. Bandung: Refika Aditama. Kusdiwelirawan, A. 2017. Statistika Pendidikan. Jakarta: UHAMKA PRESS. Makulua, I.J;Toenlioe,A.J.E & Sulton. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kontekstualdan Gaya Berpikirterhadap Hasil Belajar Sosiologi. Jurnal Pendidikan 1 (10) 10 Oktober 2016: 1936. Mauke,M;Sadia,I. W;&Suastra, I.W. 2013. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA3 2013: 4-5. Nurhayati, E. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Piaw, C.Y. 2010. Building a Test to Assess Creative and Critical Thinking Simultaneously. Procedia Social and Behavioral Sciences 2(2) 15 Desember 2010: 554. Purwanto, M. N. 2014. Psikologi Pendidikan Cetakan ke-27. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ratna, M. 2015. Pengaruh Metode CTL dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 114 Palembang. Tesis. 12 Agustus 2015. Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sanjaya, W. 2015. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Cetakan ke-6. Jakarta: Kencana. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Edisi Revisi Cetakan ke-6. Jakarta: Rineka Cipta. Subail, A. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) Al-Hidayah. Tesis. November 2016. Sudjana, N. 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta. Sujanto, A. 2015. Psikologi Umum Edisi 1 Cetakan ke-18. Jakarta: Bumi Aksara. Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media. Susanto,H;Sa’dijahC; & Gipayana, M. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Guided Inquirydan Gaya Berpikirterhadap Hasil Belajar Kognitif Kelas V. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2 (9) 20 September 2017: 1204-1205. Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Wijayanti, T.& Sugiman. 2013. Keefektifan Pendekatan CTL dan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika 8 (2) Desember 2013: 218. Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group. Zulrahmat. 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar Keterampilan Elektronika dengan Mengontrol Pengetahuan Awal. Disertasi. 10 Agustus 2015. citation: Lani, Lani (2019) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15931/1/SPS_PENDAS_1709087043_LANI.pdf